8 Tingkatan Surga dan Kriteria Penghuninya

Allah menciptakan surga sebagai salah satu bentuk kasih sayang beliau kepada hambanya yang beriman dan bertakwa semasa hidupnya di dunia. Kehidupan di surga berbeda dengan kehidupan di dunia. Hidup di dunia hanyalah sementara saja tetapi hidup di surga adalah kehidupan yang abadi. Allah akan memasukkan hambanya yang taat melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya ke dalam surga. Terdapat 8 tingkatan surga yang masing-masing memiliki nama sendiri. Setiap surga memiliki kriteria penghuninya.

Nama Tingkatan Surga dan Penghuninya

Surga Firdaus

Surga firdaus adalah surga tertinggi diantara surga lainnya. Adapun kriteria bagi manusia yang akan menjadi penghuni surga firdaus.

Pertama, orang yang melaksanakan salat dengan khusyuk. Dan juga bagi mereka yang selalu mengerjakan salat atau memelihara salat.

Kedua, orang yang selalu menghindari perbuatan atau perkataan yang tidak ada manfaatnya.

Ketiga, orang yang mengeluarkan zakat. Zakat hukumnya wajib dan termasuk rukun Islam yang ke-4.

Keempat, orang yang selalu menjaga auratnya dari orang lain selain istri atau budaknya.

Kelima, kriteria terakhir dari penghuni surga tertinggi ini yaitu orang yang menjaga dari orang lain.

Itulah kriteria dari penghuni surga firdaus. Allah akan memasukkan golongan orang-orang tersebut ke surga yang paling tinggi dan mereka kekal di dalamnya.

Surga Adn

Tingkatan surga yang kedua yaitu surga ‘Adn. Di surga Adn dan terdapat sungai yang mengalir dan penghuninya bisa mendapatkan apapun yang mereka minta di surga ini.Tapi ada beberapa kriteria penghuni yang bisa atau di dimasukkan oleh Allah agar bisa menjadi penghuni surga Adn.

Kriteria penghuni surga Adn adalah hamba Allah yang bertakwa kepadaNya. Surga Adn adalah balasan bagi orang-orang yang bertakwa. Orang yang bertakwa yaitu orang yang wafatnya dalam keadaan beriman dan husnul khotimah. Ia diwafatkan oleh malaikat dengan dipersilakan untuk masuk ke surga Adn. Mereka diwafatkan oleh malaikat tersebut dimasukkan ke surga Adn atas apa yang mereka perbuat di dunia, yaitu taqwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Surga Na’im

Berikut ini adalah orang-orang yang dimasukkan ke dalam surga na’im.

Pertama, orang yang bertakwa. Allah menyediakan surga bagi mereka yang bertakwa kepadaNya. Surga-surga Allah memiliki kenikmatan yang tidak ada batasannya. Dan salah satu jenis surga yaitu surga na’im.

Kedua orang-orang shalih, yaitu orang-orang yang yang selalu mengerjakan amalan-amalan soleh. Orang beriman juga disebut sebagai orang yang shalih karena mereka taat beribadah karena Allah. Allah menyediakan surga naim bagi mereka yang beriman serta mengerjakan amalan shalih.

Surga Ma’wa

Selanjutnya ada surga ma’wa. Surga ini disediakan oleh Allah bagi hambanya yang selalu mengerjakan amal-amal sholeh. Allah memberikan surga pada mereka sebagai balasan dari apa yang telah mereka perbuat selama di dunia. Surga ma’wa juga menjadi kediaman abadi bagi para orang-orang yang bisa menahan nafsu.

Surga Darussalam

Tingkatan surga selanjutnya yaitu surga Darussalam. Allah menyediakan tempat penuh kedamaian yaitu surga bagi mereka yang beriman kepada-Nya.

Surga Darul Muqamah

Surga merupakan tempat dimana bangunnya tidak akan pernah merasa letih atau lesu. Surga darul muqamah merupakan surga yang penuh kenikmatan dan penghuninya akan tinggal abadi di dalamnya.

Surga Al Maqamul Amin

Surga Al Maqamul Amin merupakan jenis tingkatan surga yang akan ditempati oleh orang-orang bertaqwa. Orang-orang bertakwa akan ditempatkan di tempat yang aman yaitu surga.

Surga Khuldi

Salah satu dari macam tingkatan surga yang terakhir yaitu surga khuldi. Surga jenis ini merupakan balasan bagi Allah bagi hambanya yang selalu bertakwa dan beramal saleh.

Jadi itulah beberapa tingkatan surga yang harus anda ketahui. Semoga bisa memotivasi kita semua untuk selalu meningkatkan ketakwaan dan berbuat amal sholih. Tulisan artikel mengambil referensi dari website Hidayatuna.com 

This entry was posted in Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *