fungsi hard disk

Hard disk adalah salah satu komponen perangkat keras pada komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus menjadi sistem untuk membaca file dalam komputer. Dilansir dari Zanoor.com, komponen Harddisk dibuat dengan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik.

Dengan sifat komponen yang permanen, Harddisk terbagi ke dalam dua jenis yang berbeda, yaitu internal dan eksternal. Pembagian jenis ini didasarkan pada fungsi dan kegunaannya. Bicara soal fungsi, sebenarnya apa saja sih kegunaan dari Harddisk?

Fungsi Hard Disk

1.     Media Penyimpanan Utama

Pada dasarnya, sifat permanen pada Harddisk membuat komponen ini mampu menyimpan data-data dengan aman tanpa takut akan adanya resiko rusak ataupun hilang. Tidak mengherankan jika kemudian Harddisk digunakan sebagai media penyimpanan utama di dalam perangkat komputer.

2.     Menjadi Logika Dalam Komputer

Harddisk memiliki banyak folder dan subfolder yang dibagi sesuai dengan kategorinya. Secara sederhana, komponen ini berjalan secara logika di dalam sebuah komputer. Maksudnya adalah folder-folder yang ada di dalam Harddisk saling berkaitan dan bergantung satu sama lain. Terkadang, data yang tersimpan pada suatu folder akan berguna untuk menggerakkan data dalam folder lainnya.

3.     Sebagai Media Back Up

Fungsi Harddisk lainnya adalah menjadi media back up. Pada beberapa kasus, hanya menyimpan sebuah file pada Harddisk internal memiliki resiko terjadinya file corrupt, hilang, dan risiko lainnya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah Harddisk eksternal yang dapat membackup data-data penting dan rahasia yang dimiliki. Dengan demikian, keamanan dari file tersebut pun akan terjamin.

4.     Penyimpanan Piranti Lunak

Menilik dari poin pertama di atas, Harddisk yang memiliki fungsi sebagai memori penyimpanan utama, memiliki peranan yang sangat krusial dalam menginstall suatu aplikasi. Pasalnya, setiap aplikasi yang akan diinstall di perangkat komputer, secara otomatis akan tersimpan pada media Harddisk.

5.     Media Penyimpanan Data OS

Faktanya, Harddisk juga memiliki peranan yang penting terkait dengan data OS yang ada di dalam laptop atau komputer. OS di dalam komputer tersebut bisa beroperasi karena adanya memori penyimpanan didalamnya, yakni Harddisk itu sendiri.

Karena memiliki manfaat dan kegunaan yang kompleks, tak mengherankan jika kemudian banyak orang yang mempercayakan perangkat penyimpanannya pada Harddisk.