Ketika masa Surat Tanda Nomor Kendaraan telah habis masanya maka harus segera untuk dilakukan perpanjangan. Dalam perpanjangan STNK juga diperlukan beberapa syarat perpanjangan STNK lewat biro jasa yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat Perpanjang STNK Lewat Biro Jasa

Syarat-Syarat Perpanjangan STNK Lewat Biro Jasa

Untuk dapat melakukan perpanjangan STNK, terdapat syarat-syarat wajib yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Semua itu sebagai bukti identitas pemiliki kendaraan yang tertera pada surat tersebut. Berikut adalah beberapa syarat-syaratnya.

  1. Membawa Kartu Tanda Penduduk

Syarat perpanjangan STNK lewat biro jasa yang pertama adalah membawa kartu tanda penduduk. Ini sebagai identitas atau tanda bukti pribadi. Karena pada saat pembayaran tagihan biaya untuk perpanjangan tersebut, pemilih harus menyetujuinya dan menyerahkan KTP asli.

Jika Anda telah menyerahkan kartu tanda penduduk asli kepada petugas, maka selanjutnya adalah memberikan beberapa syarat-syarat dokumen yang lainnya. Kemudian menyerahkannya secara bersamaan kepada petugas layanan di kantor samsat masing-masing.

  1. Menyerahkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

Syarat berikutnya yakni memberikan atau menyerahkan Buku Pemilik Kendaraan Bemotor sebagai tanda bukti kepemilikan alat transportasi pribadi tersebut. Penyerahan ini dilakukan bersamaan dengan berkas-berkas lain yang dibutuhkan.

Setelah selesai memberikan dokumen BPKB kepada petugas, selanjutnya Anda harus menyerahkan satu berkas penting lagi yang sangat diperlukan untuk melakukan perpanjangan ini. Perpanjangan STNK ini selesai dalam satu 24 jam di jasa perpanjang STNK.

  1. Memberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan

Selanjutnya adalah menyerahkan berkas STNK untuk bisa melakukan perpanjangan di kantor samsat daerah masing-masing. Setelah selesai memberikan semua dokumen dari nomor satu sampai tiga ini, langkah selanjutnya adalah membiarkan petugas biro jasa melakukan pekerjaannya.

Biasanya lama waktu penyelesaian dan pencetakan ulang STNK yang baru adalah sekitar sehari semalam saja. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan kembali dokumen penting dari kendaraan pribadi tersebut. Semua berkas akan diserahkan lagi kepada pemiliknya setelah proses telah selesai.

Demikian penjelasan tentang syarat perpanjangan STNK lewat biro jasa. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap lagi dengan mengunjungi laman samsat daerah setempat. Di sana semua orang bisa mendapatkan semua hal yang diperlukannya melalui cara mudah dan praktis.