Definisi Peer counseling

peer counseling menurut Mappiare yaitu menunjukkan pada teman sebaya dalam suatu situasi konseling kelompok yang saling membantu dan mendukung satu sama lain, menunjuk pula pada orang-orang dalam kelompok usia sama, khususnya remaja, yang saling membantu sesame teman sebaya, atau saling mengonseling satu-sama lain, setelah mereka mendapatkan sejumlah pelatihan konseling. Berasosiasi dengan B. Varenhorst.

Konseling teman sebaya menurut Ifdil adalah program bimbingan yang berusaha untuk mempengaruhi tingkah laku konsli. Konseling teman sebaya dilakukan karena beberapa alasan, yaitu:
1. Tidak cukupnya waktu bagi konselor untuk membantu semua remaja yang bermasalah
2. Adanya siswa-siswa yang enggan membawa permasalahan mereka kepada konselor sekolah dengan berbagai alasan
3. Beban konselor sangat berat untuk menangani kasus-kasus yang parah yang membutuhkan waktu yang panjang, sehingga sedikit waktu membantu siswa bermasalah lainnya.

Program konseling teman sebaya mempunyai alasan-alasan yang rasional, terstuktur, aktifitasnya khas atau spesifik, personal yang melakukannya juga khusus dan diorganisir secara terus menerus. Program ini merupakan usaha mempengaruhi (memperbaiki tingkah laku yang dimiliki oleh siswa), yaitu tingkah laku yang dapat membedakan antara tingkah laku yang pantas dengan tidak pantas, dan menggunakan tingkah laku yang pantas menjadi identitas pribadi yang diharapkan, serta menemukan berbagai cara pemecahkan masalah, dan memberikan pengalaman yang memberikan motifasi mengikuti pelatihan untuk pengembangan diri mereka sebagai orang dewasa yang matang dan bertanggung jawab.

GET THE POWERPOINT ABOUT PEER COUNSELING. JUST CLICK HERE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>