DEFINISI TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI, SOSIAL,BELAJAR, DAN KARIR

DEFINISI TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI, SOSIAL,BELAJAR, DAN KARIR

 

  1. Pengertian BK Pribadi

Bimbingan dan konseling pribadi merupakan proses bantuan untuk memfasilitasi siswa agar memiliki pemahaman tentang karakteristik dirinya, kemampuan mengembangkan potensi dirinya, dan memeahkan masalah-masalah yang dialaminya (Yusuf, 2009: 53).

Menurut Sukardi (2007: 54) bimbingan pribadi membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri, serta sehat jasman dan rohani.

Bimbingan dan konseling pribadi menyangkut pengembangan (a) komitmen hidup beragama, (b) pemahaman sifat dan kemampuan diri, (c) bakat dan minat, (d) konsep diri, dan (e) kemampuan mengatasi masalah-masalah pribadi (stress, frustasi, dan konflik pribadi) (Yusuf, 2009: 53).

 

  1. Pengertian BK Sosial

BK sosial adalah Proses bantuan untuk memfasilitasi siswaagar mampu mengembangkan pemahaman dan keterampilan berinteraksi sosial, serta memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapinya

Bimbingan dan konseling sosial Meliputi Pengembangan :

  1. Pemahaman tentang keragaman suku dan budaya.
  2. Sikap-sikap sosial ( empati dll )
  3. Kemampuan berhubungan sosial secara   positif.

 

  1. Pengertian BK Belajar

Menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkunganya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Menurut para ahli:

Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.

Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

Demikian beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa BK belajar atau akademik adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan secara face to face maupun melalui media tertentu oleh konselor yang bertujuan agar siswa didik memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif. Memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat,emiliki keterampilan belajar yang efektif. Memiliki keterampilan untuk menetapkan tujuan dan perencanaan belajar/pendidikan. Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian. Memiliki keterampilan membaca buku.

BK belajar merujuk kepada aspek belajar peserta didik di bidang belajar. ini agar kita para konselor dapat memberikan layanan yang sesuai dengan aspek belajar baik itu masalah dalam belajar, motivasi belajar atau lainnya.

 

  1. Pengertian BK Karir

 

  1. Winkel (2005:114)

Bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan /profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapanan pekerjaan yang dimasuki. Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi.

 

 

PUSTAKA

http://bimbingankonselingmeibundanyabagus.blogspot.com/2013/06/bk-sosial.html

http://liberty-aries.blogspot.com/2012/10/bimbingan-dan-konseling-belajar-bk_1456.htmlhttp://riezkaratna73.blogspot.com/2013/04/definisi-karier-dan-bimbingan-dan.html

https://arihdyacaesar.wordpress.com/2012/01/17/pengertian-bimbingan-dan-konseling-pribadi/

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *