SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Hai hai selamat datang, kali ini kita akan belajar sistem gerak pada manusia. Sistem gerak pada manusia dibagi menjadi dua yaitu sistem gerak yang bersifat pasif yang di sering disebut sebagai tulang rangka, sedangkan sistem gerak yang bersifat aktif yaitu berupa otot.. oke itu sedikit pengantar dari admin,, untuk lebih jelasnya ayo baca artikel dibawah ya……..

SEBELUM ITU AYO KITA LIHAT VIDEO SISTEM GERAK BERIKUT UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN KALIAN

Sistem gerak adalah gabungan dari beberapa organ yang berfungsi untuk menggerakkan organ tubuh. Sistem gerak ada yang bersifat pasif dan ada yang bersifat aktif. 

  • Tulang rangka merupakan salah satu sistem gerak yang bersifat pasif yang terdiri dari tulang tengkorak, tulang alat gerak atas, tulang alat gerak bawah, tulang pipi, tulang belikat, dan tulang lainnya.
  • Otot merupakan sistem gerak yang bersifat aktif, otot dibagi menjadi 3 yaitu otot polos, otaot lurik, otot jantung. Otot Polos berbentuk gelendong, intinya satu ditengah, bekerja secara tidak sadar, tidak mudah lelah (involunter), biasanya terdapat pada organ intestinum dll. Otot Lurik biasanya berbentuk lurik, terdapat garis Anisotrop, dan garis Isotrop, intinya banyak di tepi, bekerja secara sadar, mudah lelah, biasanya terdapat pada sistem rangka. Otot Jantung biasanya berbetuk silinder, dengan inti satu di tepi, bekerja secara tidak sadar, tidak mudah lelah, hanya terdapat pada organ jantung. 

Referensi:

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196805091994031-KUSNADI/BUKU_SAKU_BIOLOGI_SMA%2CKUSNADI_dkk/Kelas_XI/4._S.Gerak/bab_4_gerak_pada_hewan.pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *