PROTISTA

PENGERTIAN PROTISTA

Protista adalah habitat yang menjadi eukariotik sehingga protista merupakan habitat sederhana yang dapat diatur di satu sel sehingga dapat dibuat di kelompokan di dalam kerajaan itu sendiri. Namun ada juga yang multiseluler akan tetapi masih sangat sederhana dibandingkan dengan lainnya.

 

 

Klasifikasi Raya Protista

kerajaan diklasifikasi menjadi 3 macam 

1. Menyerupai Hewan (Protozoa)

Protozoa adalah habitat yang bersel pada saat dikumpulkan mikroskopis. Perlindungan hewan ini berkembang dengan seks dan aseksual. Selain berkembangbiak hewan ini juga dapat bergerak aktif. protista mirip hewan atau protozoa memiliki empat kelas, yaitu RhizopodA (kaki semu), Ciliata (bulu getar), Flagellata (bulu cambuk), sporozoa (tidak memiliki alat gerak khusus).

flagellata

sporozoa

rhizopoda

 

 

2. Menyerupai Tumbuhan (Alga)

Kerajaan Protista yang mewakili tumbuhan mewakili kelompok Protista fotosintetik. Alga ini tersusun dari satu sel atau berkoloni yang membentuk tubuh multiseluler. Selain itu memiliki klirifil seperti tanaman pada umumnya. ganggang digolongkan menjadi empat kelas berdasarkan pigmen dominan yang dimilikinya, yaitu Cholophyta (alga hijau), Chrysophyta (alga emas), Phaeophyta (alga coklat), Rhodophyta (alga merah)

alga emas

alga hijau

alga coklat

alga merah

 

 

3. Menyerupai jamur

Ada dua jenis jamur Protista yaitu jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota) tetapi bukan jamur sejati. Jamur jenis ini hanya berbentuk jamur yang berbentuk sporangia atau filamen yang membentuk hifa. Berwarna kuning, putih dan berlendir.

jamur air

 

jamur lendir

 

 

 

 

 

klik disini

YouTube Embed: No video/playlist ID has been supplied

https://www.youtube.com/watch?v=-zsdYOgTbOk [/ youtube]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *