Protista itu Adalah ??? By: sari kartika

 

HELLO TEMAN SOSMED,

HEMMMM HAY MANTEMAN HAYUK BELAJAR BERSAMA

KLIK DISINI

Apakah temen-temen tau apa itu Protista ???

Protista ialah suatu mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan atau funggus.

Apakah temen-temen tau protista juga  pernah mempunyai kerajaan, tetapi sekarang sudah tidak dipertahankan lagi.

Dari sudut pandangan taksonomi, pengelompokan ini ditinggalkan karena bersifat parafiletik. Organisme dalam protista ini tidak memiliki kesamaaan, kecuali pengelompokan yang mudah baik yang bersel satu pun yang bersel banyak tanpa memiliki jaringan. Ruang lingkup protista  yaitu hampir di semua  lingkungan yang mengandung air.

Nah temen-temen perlu mengetahui bahwa ada 3 klasifikasi kingdom protista yaitu:

  1.   Menyerupai Hewan (Protozoa)

    Nah apakah temen-temen sudah mengetahui tentang protozoa. nih protozoa adalah….

    Kingdom Protista yang meyerupai hewan disebut dengan protozoa. Protozoa adalah organisme yang bersel pada saat berukuran mikroskopis. Protista menyerupai hewan ini berkembangbiak dengan seksual dan asseksual. Selain berkembangbiak hewan ini juga dapat bergerak aktif. Berdasarkan alat gerak yan dimilikinya filum protozoa digolongkan menjadi empat kelas, yaitu RhizopodA (kaki semu), Ciliata (bulu getar), Flagellata (bulu cambuk), sporozoa (tidak memiliki alat gerak khusus).

    2.      Menyerupai Tumbuhan (Algae)

     

     

     

    Nah Algae yaitu Kingdom Protista yang menyerupai tumbuhan merupakan kelompok Protista fotosintetik. Algae ini tersusun dari satu sel atau berkoloni yang membentuk tubuh multiseluler. Selain itu juga memiliki klirifil seperti tumbuhan pada umumnya. Kelompok algae digolongkan menjadi empat kelas berdasarkan pigmen dominan yang dimilikinya, yaitu Cholophyta (alga hijau), Chrysophyta (alga emas), Phaeophyta (alga coklat), Rhodophyta (alga merah).

    3.      Menyerupai jamur

    Nah sedangkan yang menyerupai jamur yaitu Ada dua jenis jamur Protista yaitu jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota) tetapi bukan jamur sejati. Jamur jenis ini hanya menyerupai berbentuk jamur yang sporangia atau filamen yang menyerupai hifa. Berwarna kuning, putih dan berlendir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *