Teknik Penggunaan dan Perawatan Lantai Kayu

By | April 24, 2014

 

Ruangan anda bakal kelihatan etnik, jikalau anda menggunakan lantai kayu. Suasana hangat dan sejuk sanggup anda dapatkan secara bersamaan dengan adanya lantai kayu. Musim kemarau dapat terasa dingin, bahkan musim hujan dapat terasa hangat karena ciri-ciri alamiah kayu itu sendiri. Dengan beragam motif lantai kayu yang ada, anda tak bakal kesukaran menyesuaikannya dengan furnitur yang ada di rumah anda. Sesudah kita utarakan berbagai macam keunggulan lantai kayu, kita harus juga membicarakan kelemahannya. Lawan utama kayu ialah rayap, apalagi pergantian cuaca yang terus menerus juga mampu mengakibatkan kayu jadi rapuh. Bila pada akhirnya anda menggunakan lantai kayu, jangan lupa untuk memberi perhatian lebih pada jenis kayu dan kiat perawatannya. Bila dipelihara dengan baik, tentulah lantai kayu anda bakal tetap memukau, dan tahan lama hingga waktu yang lama.

Gunakan jenis kayu dengan sifat-sifat tertentu

Hanya sebagian jenis kayu bisa digunakan untuk bahan interior rumah. Jenis kayu yang bisa digunakan untuk material rumah mestilah kayu yang resistan dengan pergantian cuaca dan rayap, seperti jenis kayu jati, damar laut, eboni, bangkirai, merbau. Harus diingat-ingat bahwa material rumah dari kayu harus menggunakan kayu yang rendah kandungan air, lantaran kayu yang kandungan airnya banyak mudah susut, retak, ataupun memuai.

Besar dan bentuk ruangan wajib menjadi acuan pertimbangan

Pertama kali yang wajib dilakukan ialah mengetahui ukuran tempat yang bakal menggunakan lantai kayu. Bidang lantai yang besar memerlukan struktur lantai yang kuat pula. Yang harus dilakukan selanjutnya, jika kayu yang digunakan berkarakter lunak, alangkah baik jika dasarnya dilapisi material lain terlebih dahulu, agar air dari permukaan tanah tak terserap oleh parket kayu. Bila menggunakan bahan kayu yang keras seperti jati, cobalah untuk menggunakan paku ataupun lem khusus. Buatlah format ruangan menjadi acuan pertimbangan anda ketika memasang lantai kayu biar gampang mengatur furnitur-furnitur dan menjaga keserasian ruangan. Bila format ruang melebar, akan lebih baik parket kayu disusun secara horisontal, sebaliknya, jika format ruang memanjang, bakal lebih tepat jika parket kayu disusun vertikal. Selanjutnya, kerapian pemasangan lantai kayu pun wajib untuk diperhatikan. Akibat negatif dari lantai tidak rata ialah lantai parket bakal menjadi mudah rusak dan tak nyaman ketika dilewati.

Perawatan rutin itu penting

Anda wajib memberikan perawatan khusus sehingga lantai kayu yang anda miliki tetap indah. Jangan memakai lap basah ataupun cairan pembersih pada saat mengelap lantai kayu, gunakan saja sapu dari material yang lembut ataupun penyedot debu, lantaran kayu sangat mudah menghisap cairan, yang dapat mengakibatkan kayu lembab dan tak awet lagi. Lantai parket yang ketumpahan cairan wajib lekas dilap, karena lantai kayu cuma mampu menahan cairan di bidang paling atas saja. Selain itu, jika anda akan memindahkan furnitur-furnitur, alangkah baik jika dengan diangkat dan tidak boleh digeser, karena bakal mengakibatkan lantai kayu tergores. Pori-pori lantai kayu wajib tetap lembab walaupun faktanya musuh utama kayu ialah air, dengan demikian setiap 12 minggu sekali gosoklah lantai kayu anda dengan cairan pelembab khusus sehingga tetap terpelihara humiditasnya. Untuk merakit parket-parket kayu, pada umumnya setiap parket kayu dilengkapi dengan kaitan telah dilapisi formalin. Rayap tak senang dengan formalin, inilah tujuan kaitan lantai kayu disalut dengan formalin. Meskipun sudah mendapatkan penangkal formalin, sebaiknya suntikan anti rayap tetap disuntikkan sekurang-kurangnya 36 bulan sekali.

Ketika pemasangan lantai, pertolongan tukang yang ahli benar-benar diperlukan

Waspadalah karena banyak sekali tukang yang memasang lantai kayu dengan serampangan. Ini mengakibatkan lantai kayu menjadi kurang indah dipandang. Ketelitian dan sense of art perlu diperhitungkan dengan seksama dalam pemasangannya. Tukang perlu memperhitungkan beraneka macam segi, harmonisasi motif serat, gradasi warna, dan susunan panjang parket kayu penting untuk jadi acuan pertimbangan. Keindahan lantai kayu bakal kelihatan jika dikerjakan oleh tukang yang terlatih di bidangnya. Kita siap membantu anda memasang lantai kayu dengan tujuan keindahan interior rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *