Antirayap Alami dari Tanaman Indonesia

By | November 18, 2014

Aktifitas pengendalian rayap yang selama ini sudah banyak dilakukan adalah dengan menggunakan obat anti rayap yang mengandung bahan kimia. Proses pembasmiannya pun selalu fokus pada perlakuan material kayu. Dampaknya, proses pembasmian rayap tersebut kadang akan mengorbankan serangga lain dan juga merugikan manusia. Para peneliti dari Balai Litbang Biomaterial LIPI, saat ini sedang mengembangkan bahan antirayap alami yang pada dasarnya ramah lingkungan ketika digunakan untuk proses cara pengendalian rayap. Bahan tersebut dapat membasmi rayap saja dan tidak akan membasmi jenis serangga lain. Selama ini orang-orang biasanya mecegah serang rayap dengan melakukan pengawetan kayu, namun sekarang serangganya yang dapat dikendalikan.

Jenis antirayap yang selektif sangatlah diperlukan agar dampak negatif terhadap lingkungan dari proses pengendalian rayap dapat dimimalisir. Selain itu, terdapat beberapa jenis rayap saja yang bisa merusak bangunan dan kayu. Jenis rayap yang bisa merusak bangunan diantaranya adalah C. curvignatus, Coptotermes gestroi, Schedorhitotermes javanicus, Microtermes spp, Macrotermes gilvus dan Cryptotermes cynocephalus. Di Indonesia, beberapa spesies rayap yang sering menyerang bangunan adalah C curvignathus dan Coptotermes gestroi yang tergolong ke dalam kategori spesies paling ganas.

Dalam proses pengembangan bahan antirayap yang selektif, para peneliti mengeksplorasi keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Berbagai jenis tanaman dan jamur sudah masuk ke dalam objek yang diteliti. Eksplorasi dari para peneliti tersebut menunjukkan bahwa alam di Indonesia menyimpan banyak sekali bahan antirayap alami dan sangat efektif untuk proses pengendalian rayap. Terdapat 5 jenis tanaman yang ampuh mengendalikan rayap yakni Bintaro, Kecubung, Nimba dan Tembakau. Bahan aktif pembasmi rayap yang terkandung dalam tanaman-tanaman tersebut adalah Azadirachtin, Eugenol, Certerin dan Nikotin. Bahan-bahan aktif tersebut mampu merusak lambung dan kulit rayap. Bahan antirayap alami ini sangat potensial untuk diproduksi secara massal. Terlebih lagi karena bahan-bahan alami tersebut sudah tersedia secara melimpah di alam Indonesia. Nantinya juga sangat memungkinkan untuk memproduksi pestisida alami dalam bentuk spray untuk proses pengendalian rayap secara efektif dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *