PEMBAGAIAN KASTA DALAM KOLONI RAYAP

By | January 24, 2015

Dengan cara biologis, sebagian ahli berasumsi suatu koloni rayap juga sebagai supra-organisma yang bermakna bahwa koloni tersebut dikira juga sebagai makhluk hidup. Disamping itu, individu2 rayap didalam suatu koloni hanya adalah sisi dr anggota tubuh supra-organisma. Bila dibandingkan rayap prajurit serta rayap pekerja dlm satu koloni umumnya tak terus. Koloni yang tengah tumbuh subur memiliki jumlah rayap pekerja yang sangatlah banyak serta dgn jumlah rayap prajurit yang sedikit. Suatu koloni yang tengah alami banyak masalah dari semut, jadi bakal membuat semakin banyak rayap prajurit untuk menjaga sarang. Dlm suatu koloni ada kasta2 rayap yang wujudnya berlainan seperti di jabarkan di bawah ini.

Kasta Reproduktif
Kasta ini terbagi dalam individu seksual atau rayap betina yang bakal dibuahi oleh raja serta lalu bertelur. Dlm satu kali sistem perkawinan, rayap betina dapat menghasikan hingga beberapa ribu telur. Diluar itu, rayap betina bakal menaruh sperma dlm kantong spesial hingga tak membutuhkan kopulasi dengan cara berkali-kali. Apabila koloni rayap masih tetap muda, umumnya kasta reproduktif bakal mempunyai ukuran yang besar. Ratu serta raja adalah individu pertama yang membangun koloni serta pasangan ini dimaksud reprodukif primer. Bila pasangan ini mati, jadi koloni bakal membuat raja serta ratu baru tetapi dengan ukuran abdomen yg tidak besar seperti ratu asli. Raja serta ratu baru ini dimaksud reproduktif suplementer (neoten). Jadi umpamanya kita sudah membunuh raja atau ratu dengan obat anti rayap, jadi tak menanggung bahwa koloni rayap bakal segera punah. Dgn matinya ratu bahkan juga disangka dapat terbentuk beberapa puluh neoten yang bakal menukar pekerjaan ratu untuk bertelur. Bila setiap saat berlangsung bencana yang mengakibatkan sarang terpecah-pecah, jadi setiap pecahan sarang itu dapat membuat koloni yang baru.

Kasta Prajurit
Kasta ini terbagi dalam rayap yang mempunyai bentuk badan kekar untuk menjaga koloni dari serangan musuh. Rayap prajurit umumnya jalan hilir mudik diantara rayap pekerja yang tengah mencari serta mengangkut makanan. Bila ada masalah, jadi rayap prajurit bakal keluarkan nada spesifik juga sebagai tanda untuk prajurit2 lain untuk selekasnya menghamipri sumber masalah serta lalu berupaya mengatasinya. Apabila lubang2 kembara diganggu oleh semut, jadi rayap prajurit bakal bertempur melawan semut-semut pengganggu itu walau mereka biasanya senantiasa kalah. Rayap prajurit dilengkapi dengan rahang (mandible) berupa gunting untuk menjepit musuhnya. Gigitan rayap prajurit akan tidak gampang lepas walau rayap prajurit pada akhirnya bakal mati sesudah menyerang serta menggigit musuh. Mandibel bertipe gunting ini biasanya ada pada famili Termitidae. Rayap prajurit type Cryptotermes memiliki bentuk kepala yang mirip kepala bulldog. Pekerjaan rayap ini yaitu menyumbat seluruhnya lubang dalam sarang yang setiap saat dapat disusupi oleh musuh atau semut. Type rayap dari Termitidae seperti Odontotermes, Microtermes, Macrotermes serta Hospitalitermes mempunyai prajurit dua bentuk (dimorf) yakni prajurit besar serta prajurit kecil.

Kasta Pekerja
Kasta ini umumnya adalah populasi paling besar dalam suatu koloni rayap. Pekerjaan rayap pekerja yaitu mencari makanan, mengangkut makanan ke sarang, bikin terowongan atau lubang kembara, menyuapi rayap reproduktif serta prajurit dan bersihkan telur-telur. Diluar itu, kasta ini bertugas untuk membunuh serta mengonsumsi rayap-rayap yant antig telah tak produktif lagi disebabkan sakit, telah tua atau malas baik dari kasta reproduktif, kasta prajurit maupun kasta pekerja sendiri. Dari kenyataan ini, beberapa ahli rayap berasumsi bahwa kasta pekerjalah yang sesungguhnya jadi raja yang mengatur serta memerintah semua ketentuan dalam suatu sarang atau koloni. Karakter kanibal bakal nampak terlebih saat situasi susah seperti kekurangan air ato makanan. Kanibalisme ini berperan untuk menjaga konservasi serta efisiensi daya dan mengatur keseimbangan kehidupan koloni rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *