5 Trik Singkat Agar Android Tetap Cepat Meski Tidak di Root

By | October 9, 2017

Banyak orang bilang hanya smartphone Android flagship yang bisa berjalan cepat. Smartphone Android yang kelas mengah lambat karena spesifikasinya rendah. Padahal jika dipikir, tidak juga. Anda bisa memaksimalkan ponsel pintar berspesifikasi biasa-biasa saja agar bisa beroperasi dengan lancar.

Jika Anda menggunakan spesifikasi smartphone biasa namun ingin smartphone Anda berjalan cepat, 5 tips sederhana di bawah ini bisa Anda coba. Anda bisa melakukannya meski ponsel anda  tidak di root.

android

Menggunakan Launcher Pihak Ketiga

Seperti kita ketahui dengan sebagian besar smartphone Android yang dilengkapi dengan launcher buatan distributor. Biasanya, launcher yang diproduksi oleh distributor sangat berat bila digunakan dalam spesifikasi smartphone yang rendah.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play. Ditambah lagi, ada banyak launcher ringan dan telah dioptimalkan untuk digunakan dengan RAM kecil.

Matikan Sinkronisasi

Sama seperti OS sebelah, android juga memiliki fungsi sinkron. Dengan fitur ini, beberapa aplikasi bisa menarik data dari server. Seperti DropBox yang membackup foto Anda secara otomatis. Google Drive juga, dan banyak lagi.

Jika beberapa aplikasi berjalan bersamaan dan melakukan sinkronisasi, ini akan menyebabkan beban pada kinerja smartphone Anda. Karena itu, tentunya fitur ini merupakan pilihan tepat bagi smartphone Anda untuk menghindari lag  atau kelambatan.

Nonaktifkan animasi

Melihat efek animasi yang keren saat menggunakan smartphone itu menyenangkan. Namun jika spesifikasi smartphone Anda biasa-biasa saja semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka akan lebih lambat. Jika Anda tidak membutuhkannya, nonaktifkan animasi di smartphone Android Anda.

Hapus aplikasi

Ya, hapus saja aplikasi yang tidak digunakan sama sekali. Ini adalah salah satu cara terbaik. Dilansir dari Arjunasoft.com Selain untuk membebaskan ruang penyimpanan Anda, smartphone juga akan sedikit lebih cepat.

Bersihkan Home Screen

Di Android, Anda bisa menambahkan widget di layar awal. Wiget-widget itu bisa jadi tampilan smartphone Anda, jadi lebih keren. Tapi, tahukah anda jika terlalu banyak widget yang bisa mengurangi performa smartphone anda?

Jika tidak terlalu banyak, hapus saja widget dari layar awal. Menjaga kebersihan layar awal akan membantu agar kinerja Android Anda tetap cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *