5 Kesalahan Sepele Yang Bisa Merugikan Perusahaan Anda

By | January 11, 2018

Kelalaian kecil yang sering dianggap sepele bisa jadi malapetaka ketika berkaitan tantang bagaimana sebuah perusahaan mengatur para karyawannya. Mulai dari menganggap remeh sistem absensi sehingga dapat berujung pada tidak tepatnya waktu penggajian hingga membeberkan informasi personal karyawan dengan orang lain yang tidak berkepentingan merupakan permasalahan yang paling sering ditemui.

blogpost

Berikut saya jelaskan 5 kesalahan yang danggap sepele, namun mampu berdampak buruk bagi perusahaan Anda:

  1. Menganggap remeh sistem absensi

Sistem absensi termasuk salah satu hal yang paling diremehkan, bahkan ada juga yang masih menggunakan sistem absensi konvensional menggunakan pencatatan manual. Padahal sekarang sudah ada mesin absensi modern yang menggunakan sistem sidik jari untuk mencegah terjadinya manipulasi data absensi, yang mana sangat rawan terjadi apabila perusahaan masih menggunakan sistem absensi manual.

  1. Telat membayarkan gaji karyawan

Poin kedua ini merupakan implikasi penggunaan sistem absensi manual. Karena memerlukan ketelitian ekstra, proses rekap absensi pun menjadi lebih lama sehingga bisa dipastikan pembayaran gaji karyawan bisa terlambat. Untuk itu ada baiknya perusahaan mulai beralih ke sistem absensi sidik jari yang sekaligus memiliki software penggajian dalam satu mesin. Hal ini dapat memudahkan perusahaan dalam merekap data absensi sekaligus perhitungan gaji karyawan dalam satu langkah praktis.

  1. Lalai menghitung waktu lembur dan cuti

Sebagai karyawan tentu mengharapkan perusahaan membayar mereka dengan fair dan transparan. Namun masih banyak ditemui kondisi dimana para karyawan mendapat perhitungan lembur dan cuti yang jauh dari kesepakatan awal. Hal ini merupakan isu krusial yang wajib diperhatikan oleh perusahaan karena kalau tidak karyawan dapat hilang kepercayaan terhadap perusahaan yang berujung pada tingkat pengunduran diri yang tinggi.

Perhitungan lembur dan cuti berkaitan erat dengan manajemen sistem absensi karena berdasarkan rekap absensi inilah perhitungan dapat dilakukan. Untuk itu, memiliki sistem absensi yang baik dan transparan merupakan hal yang penting. Sebagai opsi, perusahan Anda dapat memanfaatkan solusi sistem absensi berupa mesin dan software absensi yang mudah, solutif dan komprehensif dari Fingerspot.

  1. Tidak punya S.O.P atau Standard Operating Procedure

Tujuan pembuatan Standard Operating Procedure atau lebih dikenal dengan S.O.P adalah agar karyawan mampu melakukan pekerjaannya sesuai standar operasional perusahaan yang baku. Standar operasional yang baku ini akan membantu karyawan menjalankan fungsi dan tugasnya dengan lancar serta mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggung jawabnya. Tanpa hal ini, perusahaan akan kesulitan mengontrol karyawannya sehingga dapat berujung pada sistem kerja yang kacau karena tidak memiliki konsistensi dan kualitas yang terjaga akibat karyawan yang bekerja secara sembarangan.

  1. Membeberkan informasi personal karyawan

Tidak ada seorangpun yang senang informasi pribadinya disebarluaskan tanpa sepengetahuannya. Terlebih lagi bila hal ini terjadi di lingkungan kantor. Data sensitif seperti tanggal lahir, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja merupakan salah satu contoh informasi personal yang seharusnya tidak dibeberkan kepada sesama rekan kerja kecuali pada atasan.

Demikianlah penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai kesalahan sepele yang dapat berakibat fatal bagi perusahaan. Semoga setelah ini perusahaan Anda dapat menghindari kesalahan tersebut, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *