Bagaimana Memilih Asuransi untuk Mobil yang Baik?

By | January 15, 2018

Apakah mobil perlu diasuransikan? Jawabannya tentu saja, ya. Karena saat ini fenomena kecelakaan baik tunggal ataupun yang melibatkan lebih dari 1 kendaraan sudah kerap terjadi. Selain kecelakaan, musibah seperti tanah longsor dan banjir memang bisa membuat para pemilik mobil semakin penuh pikiran. Tidak mudah untuk membeli sebuah mobil, sehingga sangat disayangkan jika ada suatu hal yang menyebabkan benda tersebut rusak sebelum seharusnya. Lalu, bagaimana memilih asuransi untuk mobil yang baik? Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membandingkan. Tentu cukup sulit bagi para pemilik mobil untuk bisa meneliti satu persatu fitur melalui customer service atau datang langsung ke kantornya.

asuransi

Bagaimana memilih asuransi untuk mobil yang baik melalui perbandingan? Akan lebih efektif jika proses menganalisis plus minus masing – masing asuransi yang dilakukan lebih menitikberatkan cara online daripada offline. Ada banyak poin yang bisa ditentukan sebagai pembanding, misalnya saja harga. Harga asuransi yang murah tentunya bisa menjadi salah satu pertimbangan. Namun demikian, tidak hanya harga saja yang harus diperhatikan saat memilih jenis asuransi kendaraan. Ada beberapa kualifikasi lain yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon klien. Misalnya saja, apa jenis jaminan yang diberikan. Macam – macam jaminan misalnya TLO. Selain itu ada juga jenis jaminan all risk atau semua resiko sehingga pertanggungannya bersifat komprehensif terhadap kerugian secara total.

Bagaimana memilih asuransi untuk mobil yang baik melalui jenis kendaraan? Maka yang dilihat adalah apakah asuransi tersebut mampu mengakomodasi kendaraan roda empat atau yang memiliki roda lebih dari empat misalnya kendaraan berat. Karena mobil ada beberapa jenis maka perlu dipahami betul bagaimana cara mendapatkan kendaraan serta pertanggungannya. Hal ini akan mempengaruhi nominal premi. Masih dalam pertimbangan jenis kendaraan, jika dilihat dari sifatnya maka pilihan mobil antara lain digunakan sebagai kendaraan pribadi, kendaraan dinas, atau kendaraan komersial sesuai surat – surat dan jenis platnya. Untuk tarif preminya, setiap asuransi wajib memberikan nominal seragam sesuai dengan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Bagaimana memilih asuransi untuk mobil yang baik dari segi persyaratan? Berikut tipsnya dari modalkita.com. Pertama, sebaiknya pilih perusahaan yang memberikan ketentuan serta aturan tegas terhadap setiap klien sehingga bisa dianalisis bahwa SOP nya jelas serta berdasar dan tidak lentur. Untuk hal – hal yang berkaitan dengan aturan tentu tidak bisa lentur dan lebih baik pilih asuransi yang tertib. Adapun secara umum pemohon asuransi harus berusia minimal 17 tahun karena dibutuhkan dokumen penting seperti SIM dan STNK sesuai kendaraan yang diasuransikan. Selain itu, kendaraan yang diasuransikan juga tidak boleh terjebak masalah hukum apapun. Untuk itu, diperlukan kelengkapan dokumen berupa fotokopi atau scan dari KTP, SIM dan STNK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *