Ini Dia Cara Diet Sehat dan Alami Agar Cepat Kurus

By | January 26, 2018

diet

rd.com

Mau mulai diet dan hidup sehat di tahun 2018? We’re here to help you! Sebelum kita mulai lebih jauh, perlu dimengerti bahwa menurunkan berat badan tidak dapat dilakukan secara instan. Sejumlah ahli mengatakan bahwa lebih baik menurunkan berat badan secara bertahap. Kenapa? Faktanya, penurunan berat badan secara instan atau terlalu cepat akan memengaruhi kesehatan otot, tulang, dan air di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian dari Academy of Nutrition and Dietics, angka terbaik dalam penurunan berat badan adalah 0,5-1 kg per minggu. Selain itu, hindari juga pil diet yang menjanjikan hasil instan. Nah, bagi kamu yan tertarik dengan metode diet sehat, ikuti beberapa tips di bawah ini, ya!

  1. Jangan Lupa untuk Sarapan
    Menjalankan program diet bukan berarti harus melewatkan sarapan. Sebaliknya, sarapan dapat membantumu menurunkan berat badan dan menjadi faktor penentu kesuksesan diet sepanjang hari. Jika perut terisi di pagi hari, kamu akan dengan mudah menghindari kegiatan ngemil. Namun, pastikan menu sarapanmu sehat, seperti smoothie bowl, ubi jalar, atau telur.
  2. Buatlah Jurnal Diet
    Ini merupakan faktor utama penentu kesuksesan diet. Nah, cara paling mudah untuk mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh adalah dengan memiliki jurnal diet. Lucky for us, di zaman yang modern ini sudah ada begitu banyak pilihan aplikasi jurnal yang bisa kamu download. Dalam jurnal diet, kamu bisa melacak tanggal, waktu, dan jumlah kalori yang dikonsumsi.

 

  1. Cari Tahu Dorongan yang Memicu Kamu untuk Makan
    Tentu saja manusia butuh makan dan minum untuk bertahan hidup. Namun, nggak sedikit juga dari kita yang menyantap makanan untuk alasan lain. Sebagai contoh, dalam beberapa kasus menunjukkan beberapa orang memilih untuk makan ketika sedang banyak pikiran atau stres. Itu sebabnya, nggak sedikit juga dari manusia yang mengalami masalah dengan kelebihan berat badan.

    Kenali tubuhmu dan cari tahu apa yang mendorong kamu untuk makan dengan porsi lebih dari yang seharusnya. Setelah itu, ganti pola hidup tersebut dengan sesuatu yang lebih sehat, seperti jogging.

  2. Hindari Konsumsi Gula dan Pemanis Buatan
    Cara diet yang paling efisien dan sehat adalah menghindari konsumsi gula secara berlebihan. Selain gula, kamu juga perlu mewaspadai pemanis buatan yang biasanya terdapat di dalam kue atau minuman kaleng. Ingat, makanan manis mengandung nutrisi yang rendah dan kalori yang cukup tinggi. Jadi, mulai sekarang coba untuk hindari makanan manis ya!
  3. Kenali Protein dan Karbohidrat Baik
    Selain menghindari gula, kamu juga perlu mengenal jenis protein dan karbohidrat yang baik, salah satunya adalah asparagus dan beras merah. Keduanya tergolong dalam jenis karbo yang mengandung glycemic index cukup rendah. Hindari juga nasi putih saat menjalankan program diet karena kandungan gula yang dimilikinya cukup tinggi.

    Selain karbohidrat, kamu juga perlu memerhatikan asupan protein yang kamu makan. Contohnya, hindari memasak daging ayam dengan minyak yang berlebih. Sebagai alternatif, kamu bisa merebus daging dan menyajikannya dengan cara yang tepat sehingga dapat menjadi sumber otot yang sehat.

 

  1. Melakukan Olahraga Secara Teratur
    Last but not least, kamu perlu melakukan olahraga  secara teratur. Seperti yang kita ketahui, salah satu aturan utama saat diet adalah “kurangi konsumsi kalori dan bakar lebih banyak kalori”. Itu sebabnya, penting untuk kamu mengimbangi diet dengan olahraga.

    Kalau kamu nggak punya waktu untuk pergi ke gym, cobalah untuk melakukan gerakan sederhana di rumah, seperti yoga di kamar atau buat mini studio untuk fitness di ruangan tempat tinggalmu.

Itu dia cara diet sehat yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai sekarang, hindari mengkonsumsi pil yang diklaim dapat menguruskan tubuh. Ingat, tubuh ideal tidak bisa didapatkan secara instan. Terapkan pola hidup yang sehat dan kebiasaan-kebiasaan baik untuk membantumu mewujudkan tubuh yang kurus di tahun 2018!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *