Tips Kredit Mobil Bekas Biar Tak Salah Pilih

By | January 28, 2018

Sekarang ini, memiliki mobil tidak semata-mata hanya karena gengsi. Mobil adalah salah satu kebutuhan penting dalam keluarga. Dengan adanya mobil, Anda dan keluarga akan memiliki mobilitas yang makin fleksibel. Untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam memiliki mobil, Anda bisa membeli mobil secara kredit. Tak selalu mobil baru, mobil bekas kini juga dijual secara kredit. Harga mobil bekas yang relatif lebih murah membuat jumlah cicilan per bulan juga makin murah. Nah, sebelum membeli mobil bekas secara kredit, simak dulu tips kredit mobil bekas berikut ini. Jangan sampai Anda menyesal karena melewatkan pembahasan penting ini. Tips-tips ini akan dijelaskan dalam poin-poin berikut.

kredit-mobil-bekas-di-bank-bsm

  1. Perhatikan Mesin Mobil

Ketika membeli mobil bekas, sangat penting memperhatikan kondisi mesin mobil. Pastikan mesin mobil original dan masih bisa berfungsi dengan baik. Jangan pernah membeli mobil dengan kondisi mesin yang sudah rusak. Nanti Anda bisa menyesal.

  1. Jangan terburu-buru saat test drive

Penting sekali melakukan test drive saat membeli mobil bekas. Dengan begitu, Anda bisa merasaka apakah performa mesin masih baik atau tidak. Pada saat test drive, pastikan Anda tidak terburu-buru. Manfaatkan proses test drive ini untuk lebih memperhatikan suara, getaran, dan juga asal knalpot. Jika tidak ditemui masalah apa pun, itu berarti mobil bekas tersebut masih dalam kondisi yang baik,

  1. Bawa Mekanik

Untuk Anda yang tidak begitu mengerti masalah mesin, tidak ada salahnya membawa mekanik ke showroom. Dengan membawa mekanik atau teman yang lebih paham mesin, mereka akan memberikan masukan tentang kelayakan mobil. Anda jadi punya pertimbangan apakah akan membeli mobil bekas tersebut atau tidak.

  1. Periksa Catatan Service

Mobil bekas pasti punya catatan service. Jika pemilik melakukan perawatan yang baik, maka akan ada catatan service rutin tiap bulannya. Ketika membeli mobil bekas, apalagi secara kredit, tips kredit mobil bekas yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan mobil berkualitas.

  1. Jangan Lupa Hitung Cicilan

Sama seperti ketika kredit mobil baru, membeli mobil bekas secara kredit juga mempunya periode cicilan tertentu. Besaran nominal cicilan per bulan dipengaruhi oleh harga mobil, suku bunga, jumlah DP, dan periode cicilan. Jika Anda mampu memberikan DP tinggi, maka cicilannya pun makin rendah dan cepat selesai. Silahkan hitung jumlah cicilan dan konsultasikan dengan finance penyedia kredit.

  1. Lakukan Perbandingan

Ada banyak sekali pihak penyedia kredit mobil di Indonesia, yaitu pihak dealer, bank, dan perusahaan leasing. Sebelum memilih salah satu partner penyedia kredit, silahkan lakukan perbandingan. Buat tabel kelebihan dan kekurangan masing-masing penyedia kredit. Dengan begitu, Anda bisa memilih salah satu pihak yang menurut Anda paling menguntungkan. Untuk proses ini, Anda harus mempunyai banyak referensi terkait leasing, kredit dari dealer, dan kredit dari bank. Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengumpulkan informasi. Jangan ragu juga untuk bertanya langsung ke pihak terkait.

Demikian adalah 6 poin penting yang harus Anda perhatikan ketika membeli mobil bekas. Karena mobil yang Anda beli bukanlah mobil baru, Anda dituntut untuk lebih jeli dan teliti dalam memilih. Jangan asal supaya tidak menyesal. Tips jual beli mobil bekas yang dijelaskan di sini diharapkan bisa memberikan informasi sekaligus bahan pertimbangan sebelum membeli mobil bekas. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *