AC yang Tidak Dingin, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

By | May 13, 2018

 

blogpost

Tentunya anda pernah mengalami ketika menyalakan ac ternyata tidak merasakan udara yang dingin. Ada beberapa penyebab yang membuat ac menjadi tidak atau kurang dingin. Tentunya ada beberapa penyebab yang membuat ac menjadi tidak dingin. Keluhan-keluhan tersebut bisa diatasi tentunya dengan menyimak artikel berikut. Beberapa masalah umum yang membuat ac menjadi tidak dingin akan diungkap semuanya dengan jelas sehingga anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Selain itu, cara menggunakan ac murah yang tidak tepat pun juga bisa membuat ac tidak dingin, maka dari itu anda harus benar-benar memastikan memberikan perawatan berkala pada ac supaya terhindar dari segala kerusakan.

Berikut ini yang menjadi penyebab ac kurang dingin ketika dinyalakan. Sekaligus diulas mengenai cara mengatasi dari masalah-masalah tersebut.

  1. Kotor

AC yang terlalu kotor, sudah pasti akan membuat kurang dingin, sekalipun ac inverter kualitas terbaik. Hal ini disebabkan sirkulasi udara yang tak lancar karena banyaknya debu yang menempel. Debu bisa menghalangi hembusan angin yang dihasilkan oleh motor fan. Untuk itu, bagi pengguna ac harus melakukan perawatan minimal 3 bulan sekali. Supaya ac tidak kotor, maka perlu diatasi dengan mencuci ac secara berkala dan ketika melakukan pencucian filter setidaknya minimal 2 minggu sekali.

  1. Berkurangnya gas freon

AC yang kekurangan gas freon akan membuat ac menjadi tidak dingin. Tekanan ideal untuk ac 1.5 pk adalah 70psi (satuan ukuran pada manipool). Maka dari itu, harus selalu dilakukan pengecekan tekanan freon ac untuk memastikan bahwa gas freon tidak berkurang. Apabila gas freon selalu berkurang secara signifikan hal itu menandakan adanya kebocoran pada instalasinya.

  1. Kipas ac yang tidak berputar

Satu gejala yang membuat ac tidak dingin yakni dilihat dari putaran kipasnya. Kipas yang biasanya terhenti pada bagian indoor dan juga outdoor. Kipas ac ini tentunya harus bekerja supaya proses pendinginan menjadi maksimal. Sebagian dari ac akan memberikan tanda seperti lampu indikator yang berkedip atau ac yang secara otomatis akan mati ketika kipas tidak berputar. Untuk mengatasi kipas yang tidak berputar ini anda bisa menggantinya dengan motor fan yang baru jika ada indikasi rusak atau putarannya lemah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *