7 Jurusan Kuliah Ini Ternyata Memiliki Peluang Karir Terbuka

By | September 23, 2019

Sumber: pinterest.com

Memilih jurusan kuliah tentunya perlu kematangan yang tepat, biasanya seseorang lebih memilih jurusan yang memiliki peluang pekerjaan yang banyak dibutuhkan di masa depan, baik itu di perusahaan maupun di organisasi internasional. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk masa depan yang lebih cerah

Apalagi kuliah di salah satu kampus favorit adalah impian banyak orang. Untuk ke jenjang bangku kuliah tentunya perlu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Namun, masih banyak siswa-siswi yang sudah melewatkan Ujian Nasional tetapi masih bingung untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat serta peluang kerja yang menjanjikan di masa depan. 

Biasanya sebagian orang lebih memilih jurusan-jurusan yang sudah populer seperti Ekonomi, Teknik Industri dan Kedokteran. Perlu kamu ketahui, sebenarnya masih banyak lho jurusan-jurusan yang bisa memberikan masa depan lebih menjanjikan lagi. Berikut ini ada beberapa jurusan yang bisa kamu pertimbangkan. 

  1. Jurusan Sastra Inggris

Sumber: pinterest.com

Jurusan sastra inggris merupakan salah satu jurusan yang sangat jarang diminati, padahal  jurusan yang satu ini menjanjikan banyak pekerjaan untuk di masa depan. Apalagi industri pariwisata saat ini sedang naik daun. Hal ini tentunya membuat seseorang lulusan sastra Inggris memiliki peluang kerja yang begitu besar.

Tak hanya itu, para lulusan sastra inggris pun bisa dilirik oleh perusahaan luar untuk dipekerjakan sebagai salah satu penulis atau editor penerjemah dengan gaji yang cukup menarik. Sastra Inggris juga memiliki peluang besar dalam bisnis di bidang ekspor dan impor. Nah selain itu,  kamu juga bisa bekerja di kedutaan luar negeri yang mengutamakan berbagai macam jurusan kuliah lainnya. Menarik bukan?

  1. Jurusan Teknik Informatika

Sumber: pinterest.com

Jurusan komputer atau teknik informatika ini menjadi salah satu jurusan yang paling menjanjikan. Pasalnya, semakin majunya teknologi yang semakin canggih sekarang ini, banyak perusahaan  yang mengalihkan pekerjaan nya menjadi berbasis komputer.

Peluang kerja yang dimilikinya juga masih sangat luas dan besar untuk dimasa depan, begitu pula dengan penghasilan dan pencapaian yang akan didapat. Jika kamu masih bingung kenapa jurusan teknik informatika ini menjadi jurusan yang paling menjanjikan, karena jika dipikir secara logika sebuah informasi itu pastinya akan menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting untuk sehari-hari.

Apalagi sekarang ini semua kebutuhan bisa di cari di internet melalui komputer, maka tak heran jika banyak masyarakat yang sudah menggunakan system komputer untuk menunjang berbagai macam kepentingan, seperti kepentingan bisnis dan kepentingan pekerjaan lainnya.

  1. Jurusan Teknik Kimia

Sumber: pinterest.com

Jurusan teknik kimia yang satu  ini memiliki peminat yang terbilang sedikit, padahal jurusan ini memiliki banyak peluang kerja yang cukup menjanjikan. Teknik kimia ini mempelajari berbagai hal pemrosesan dari senyawa-senyawa kimia yang menghasilkan produk dari yang mentah menjadi produk jadi.

Penawaran gaji yang bisa didapatkannya juga cukup menarik, dari sejumlah pabrik-pabrik pengolahan proses industri yang memproses kimia seperti pengolahan industri gas, minyak bumi, makanan, obat-obatan dan masih banyak lagi.

  1. Jurusan Psikologi

Sumber: pinterest.com

Jika berbicara mengenai psikologi, sebenarnya  jurusan psikologi itu bukan hanya berkaitan dengan menyembuhkan orang-orang yang memiliki gangguan jiwa saja. Namun, jurusan psikologi ini juga memiliki prospek yang sangat luas dan besar. Pasalnya, seorang ahli psikologis juga bisa menjadi seorang konselor psikologis, terapis, dan psikologi industri di bidang konsultan untuk perusahaan.

Nah, buat kamu yang berminat untuk kuliah di jurusan psikologi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan perkembangan karir kamu kedepannya, karena saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang akan membutuhkan ahli di bidang psikologi ini. Gaji seorang psikologis juga terbilang cukup tinggi, apalagi jika ditambah dengan membuka sebuah layanan konsultasi pribadi sendiri.

  1. Jurusan Ilmu Hukum

Sumber: pinterest.com

 

Banyak yang menganggap bahwa mahasiswa yang mengambil jurusan hukum itu hobi mengkritik, kaku, dan senang berdebat. Perlu kalian tahu, bahwa menurut survey Higher Education Statistic Agency di Inggris, jurusan ilmu hukum merupakan salah satu jurusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan  setelah lulus.

Bahkan di Indonesia sendiri, lulusan hukum ini paling dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan hukum, semacam legal officer. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai perkembangan karir kamu kedepannya, karena banyak lapangan pekerjaan di masa depan yang bisa kamu dapatkan.

  1. Jurusan Teknik Sipil

Sumber: pinterest.com

Jurusan kuliah yang satu ini merupakan jurusan yang membahas mengenai perancangan, pembangunan, dan pemeliharaan suatu bangunan maupun fasilitas umum. Pasti diantara kalian masih bertanya-tanya kan mengenai perbedaan teknik sipil dan teknik arsitektur yang memiliki pekerjaan hampir mirip.

Perlu kamu ketahui, bahwa teknik sipil itu lebih mengerjakan suatu bangunan yang sudah dirancang khusus oleh seorang arsitektur. Jadi jurusan arsitektur itu hanya bekerja untuk merancang suatu bangunan agar menjadi bangunan yang lebih efektif, cantik, indah, dan lebih menarik lagi tentunya.

Nah, semakin banyak nya pembangunan seperti gedung fasilitas dan infrastruktur yang dilakukan, maka semakin banyak lowongan pekerjaan untuk para lulusan teknik sipil yang akan ada di masa depan.

  1. Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Sumber: pinterest.com

Jurusan teknik perminyakan dan pertambangan ini termasuk salah satu jurusan yang kurang diminati dan jarang diketahui oleh masyarakat luas. Sedikit informasi, bahwa jurusan teknik perminyakan dan pertambangan ini tidak semua universitas di Indonesia menyelenggarakan fakultas tersebut.

Jurusan ini bekerja untuk mengelola sumber daya alam yang ada di beberapa daerah yang memiliki pertambangan minyak dan gas. Bahkan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh semua Negara di dunia, termasuk Indonesia. Gaji yang didapatkan untuk jurusan ini juga cukup tinggi dan sangat menjanjikan di masa depan.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *