6 Kelebihan Desain Grafis Agar Materi Mudah Dipahami Audiens

By | May 23, 2020

Di era digital kebutuhan akan desain grafis semakin meningkat, karena bentuk visualnya digemari publik. Beberapa bidang membutuhkan desain grafis untuk transfer informasi, agar mudah dipahami masyarakat. Contohnya dalam bidang pendidikan, kehadiran desain grafis bisa dijadikan media ajar yang menyenangkan. Berkat kelebihan desain grafis tersebut, tidak heran bila seni grafis mendapat perhatian di dunia teknologi.

Dalam beberapa artikel yang diterbitkan musafirdigital.com, bisa dirangkum setidaknya ada 6 kelebihan desain grafis agar materi mudah difahami audien.

Kemudahan untuk Menyampaikan Pesan

  1. Menarik Perhatian

Perangkat powerpoint memudahkan seseorang untuk melakukan presentasi, berbasis screen project. Si presentator telah merangkum banyak materi, kemudian diaplikasikan dalam bentuk slide powerpoint. Namun ada satu hal yang kurang menyenangkan bagi audiens, yaitu puluhan slide dengan narasi panjang. Siapapun yang melihat slide tersebut sekilas pasti malas untuk membacanya.

Berangkat dari kondisi tersebut anda bisa menerapkan desain grafis, dalam bentuk template powerpoint. Menampilkan materi dengan visual gambar dana animasi, yang sekiranya menarik perhatian audiens. Perlu anda tahu slide penuh dengan tulisan cenderung membosankan. Berbeda kasus jika mengaplikasikan desain grafis dalam slide presentasi, dengan materi yang lebih padat. Kelebihan desain grafis ini membuat materi mudah dipahami.

  1. Media Transfer yang Baik

Menerapkan desain grafis dalam slide powerpoint sama halnya mempermudah pemahaman. Kehadiran desain grafis sudah dianggap sebagai media transer yang baik, untuk menyampaikan pesan. Menariknya informasi yang ditampilkan dalam bentuk visual gambar dan animasi. Sehingga bisa menjadi perhatian utama audiens dan mengalihkan fokus sepenuhnya ke presentator. Audiens pun bisa menangkap materi dengan baik, dan memahami poin pentingnya.

  1. Menyampaikan Pesan

Meskipun desain grafis dalam bentuk slide powerpoint terbilang cukup simple, namun sangat informatif. Kepadatan materi yang disampaikan tidak membuatnya kehilangan poin penting. Justru pesan yang disampaikan terkesan lebih tersirat, tanpa meggunakan bahasa yang sarkas. Bahasa yang digunakan cenderung halus dan mudah diterima oleh audiens. Selama ini powerpoint dianggap sebagai media transfer pesan yang baik, dan menjadi salah satu kelebihan desain grafis.

  1. Alat Komunikasi

Desain grafis merupakan alat komunikasi secara tidak langsung, antara presentator dengan audiens. Sehingga menciptakan frekuensi yang serupa, dan saling memahami maksud materi. Bisa dibilang presentator menyampaikan materi yang berkesan untuk audiens, diamana audiens bisa mengingat dalam waktu yang lama. Bentuk komunikasi verbal ini akan menampilkan gambar dan animasi, yang bisa tersimpan dalam memori cukup lama.

  1. Mengembangkan Imajinasi

Desain grafis membantu pola pikir lebih dinamis, dan bergerak menuju perubahan. Lewat gambar dan animasi maka daya imajinasi seseorang ikut berkembang. Sehingga membuat otak berpikir lebih kreatif, dan menciptakan hal-hal baru. Ketika daya imajinasi semakin berkembang, maka akan mengasah ingatan yang panjang. Kelebihan desain grafis akan menciptakan memori yang berlangsung lama, selain itu mengasah kecepatan berpikir.

  1. Lebih Kreatif

Desain grafis memainkan gambar dan animasi yang didesain menyenangkan, agar menarik perhatian audiens. Maka dari itu membutuhkan daya kreativitas tinggi untuk mengolahnya lebih simple. Tujuannya agar diterima oleh masyarakat dan pesan dapat tersampaikan, secara tidak langsung. Orang lebih menerima bentuk visual dibandingkan tulisan, yang menurut beberapa orang membosankan. Si creator pun dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya.

Menerapkan desain grafis dalam penyampaiaan materi, cenderung lebih mudah diterima oleh masyarakat. Pasalnya gambar dan animasi gerak memiliki daya tarik, yang memikat perhatian publik. Tampilan yang menyenangkan membuat para audiens lebih terpesona, dibandingkan tulisan yang monoton. Pada saat presentasi berlangsung fokus audiens sepenuhnya tertuju pada si presentator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *