Yuk Intip Peluang Usaha Menjanjikan dari Budidaya Ikan Gurame

By | June 22, 2020

Budidaya ikan gurame dapat dibilang seperti tidak ada matinya. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan konsumsi dan pangan akan ikan satu ini masih terbilang cukup tinggi. Sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan.

 

Hal Yang Perlu Anda Persiapkan Untuk Memulai Bisnis Ikan Gurame

Untuk anda yang tertarik menjalankannya, maka anda pun bisa mengintip ulasannya berikut ini.

  1. Mempersiapkan Modal Dan Usaha

Modal merupakan hal awal yang perlu anda siapkan ketika ingin memulai bisnis budidaya ikan gurame ini. Untuk itu, anda pun harus menghemat pengeluaran dan hanya membeli peralatan yang memang sangat dibutuhkan. Selain itu, anda pun juga perlu untuk menentukan target konsumen yang akan membeli budidaya ikan gurame anda.

Beberapa peralatan pun akan dibutuhkan ketika anda memulai usaha ini, mulai dari pompa air, penyewaan tempat, kolam ikan, jaring dan wadah serta peralatan panen, pembersih kolam dan juga terpal. Utamanya mencari tempat yang jual bibit dan benih ikan murah yang berkualitas.

Bagi anda yang belum mampu untuk menanganinya sendiri maka anda pun juga akan membutuhkan karyawan yang bertugas untuk membantu anda di dalam usaha budidaya anda.

  1. Perlunya Analisa SWOT

Ketika anda mulai untuk menjalankan bisnis budidaya ikan gurame anda, maka anda pun perlu menganalisis dari kekuatannya. Seperti usaha anda ini akan sangat laku untuk konsumen yang memiliki warung dan restoran. Selain itu, ibu rumah tangga pun juga akan membeli ikan ini sebagai konsumsi di rumah. Sedangkan untuk kelemahannya adalah ketika anda memelihara ikan ini, maka terkadang ikan akan mati tanpa sebab sehingga hal ini akan menjadi kelemahan anda.

Untuk peluang usaha budidaya ikan ini, maka anda pun akan dapat memasarkan usaha ini dengan sangat mudah. Sehingga hal ini nantinya akan dapat dengan mudah untuk dikenal masyarakat. Selain itu, ancaman yang bisa anda dapatkan ketika memulai usaha budidaya ikan gurame ini adalah nantinya anda pun akan menemukan banyak pesaing yang akan menjual ikan dengan jenis yang sama.

Dengan memahami hal yang perlu anda persiapkan dan juga analisis mengenai kelemahan, kelebihan, peluang dan ancaman maka akan membuat anda memiliki gambaran tentang usaha satu ini. Sehingga ketika anda telah mengerti apa saja yang perlu dilakukan, maka anda pun nantinya akan siap untuk memulai membuka usaha budidaya ikan gurame yang menjanjikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *