Aqiqah Diganti dengan Membeli Daging Apakah Diperbolehkan?

By | September 5, 2020

Untuk hal tersebut tidaklah benar, karna menurut istilah sendiri arti aqiqah adalah memotong dan secara bahasa aqiqah merupakan penyembelihan hewan (kambing/domba) sebagai ungkapan syukur atas kelahiran anak.

Aqiqah merupakan perayaan kelahiran anak dalam tradisi Islam. Dalam aqiqah dilaksanaakan pemotongan/menyembelih kambing atau domba sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. Aqiqah dilaksanakan hari ke-7, ke-14, atau ke-21 kelahiran anak. Untuk anak laki-laki dalam melaksanakan aqiqah wajib menyembelih 2 ekor kambing sementara untuk anak perempuan wajib menyembelih 1 ekor saja.

Sebagaimana telah disebutkan dalam sebuah hadits sebagai berikut.

“Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhabbi, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada (setiap) anak laki-laki (yang lahir) harus diakikahi, maka sembelihlah (akikah) untuknya dan hilangkan gangguan darinya.” (HR. Bukhari no. 5472).

Pernah disampaikan oleh Ulama yang duduk di Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyag wal Ifta’ Kerajaan Saudi Arabia saat ditanya

Apakah boleh penyembelihan hewan aqiqah diganti dengan membeli beberapa kilogram daging atau hanya boleh dilakukan dengan penyembelihan?

Dan beliau menjawab TIDAK BOLEH. Aqiqah harus dilaksanakan dengan melakukan penyembelihan hewan ternak kambing/domba 2 untuk anak laki-laki dan 1 ekor untuk anak perempuan.(Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, pertanyaan kesepuluh no. 8052, 11/440. Yang menandatangani fatwa ini: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz selaku ketua, Syaikh ‘Abdurrozaq ‘Afifi selaku wakil ketua, Syaikh ‘Abdullah bin Qu’ud selakuk anggota).

Nah, lebih amannya jka kita tidak ingin kerepotan, kita bisa menggunakan jasa layanan Aqiqah. Salah satunya adalah Dapuraqiqah.net.  Karena, selain hukumnya diperbolehkan, kita bisa lebih hemat dan praktis dalam menyiapkan aqiqah untuk putra-putri kita. Dapuraqiqah merupakan layanan aqiqah Bandung dan sekitarnya yang sudah terbukti dan memiliki banyak pelanggan karena higienis dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *