Batu Flower Garden

By | September 7, 2020

Jika Anda datang ke alamat Oro-Oro Ombo Kehutanan, Batu, Kota Batu, Jawa Timur maka Anda akan mendapatkan tempat wisata tersohor yaitu Batu Flower Garden. Lokasi taman bunga ini berada di lereng pegunungan yang membuat suasana sejuk dan menyenangkan untuk piknik bersama keluarga. Tempat wisata ini memang menjadi daya tarik kota Batu. Selain karena tempatnya yang asyik juga karena ada ratusan jenis bunga yang ditanam di tempat ini.

Nah, seperti di lansir dari situs Plesir.net, yuk kita cek dulu info lengkapnya

Batu Flower Garden

Batu Flower Garden

Rute dan Lokasi Batu Flower Garden

Untuk bisa mencapai tempat ini, maka Anda dapat berkendara dengan kendaraan roda dua dari arah alun-alun kota Batu. Tempat ini berjarak sekitar 4,5 km dari alun-alun. Memang Anda disarankan untuk menggunakan sepeda motor sebab akses jalan yang masih sempit. Setiba di lokasi, Anda juga masih harus berjalan naik sejauh 1,5 km untuk bisa menikmati pemandangan di taman bunga. Seperti yang sudah dibahas di atas, taman ini berada di Desa Oro-oro Ombo. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menggunakan peta digital maupun bertanya kepada penduduk sekitar. Untuk menemukan tempat ini cukup mudah, apalagi taman bunga ini merupakan daerah wisata dekat air terjun Coban Rais dan Jatim Park 2.

Tiket Masuk Batu Flower Garden

Sebenarnya harga untuk masuk ke Batu Flower Garden relatif terjangkau, yaitu 25ribu per orangnya. Tiket tersebut sudah termasuk gratis biaya 2 spot foto yaitu Love dan Flower. Hanya saja harga tersebut adalah harga untuk tiket tanpa membawa kamera, alias jika ingin berfoto Anda harus menggunakan kamera pengelola. Jika Anda masuk dengan membawa kamera sendiri, maka Anda dikenakan biaya tambahan yaitu 15ribu untuk kamera DSLR dan 10ribu untuk action camera.

Sedangkan bagi Anda yang membawa drone ke tempat ini, juga akan dikenakan biaya sebesar 75ribu. Selain itu, sebelum masuk ke kawasan ini, yaitu saat masuk kawasan perhutani, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar 10ribu. Untuk menikmati wisata bunga di tempat ini selebihnya adalah gratis, asalkan Anda tidak menggunakan wahana apapun dan tidak berfoto di spot yang ada. Sebab untuk bisa mengakses tempat dan wahana tersebut, Anda akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya bervariasi. Contohnya untuk menggunakan ayunan, Anda harus membayar sebesar 10ribu, ATV sebesar 65ribu, Gantole sebesar 50 ribu dan masih banyak lainnya.

Ada perbedaan jam operasional di hari biasa dan akhir pekan atau hari libur. Untuk hari biasa, taman bunga ini buka pada pukul 8 pagi hingga 4 sore. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur, maka Anda bisa datang mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Fasilitas di Batu Flower Garden

Sebagai tempat wisata yang terintegrasi, maka taman bunga ini memiliki fasilitas umum yang mudah didapatkan dan diakses. Sebut saja toilet umum, mushola, warung, lahan parkir, gazebo, tempat duduk dan masih banyak yang lainnya. Namun jika Anda datang di saat jam sibuk, yaitu mulai pukul 1 siang hingga 3 sore, maka Anda harus rela untuk mengantri.  Berwisata ke taman bunga Batu ini memang seperti datang ke arena permainan. Di sini Anda bisa menikmati beragam wahana permainan yang mengasyikkan.

Anda bisa bersantai di ayunan ekstrem yang berada di ketinggian sambil berfoto ria, atau menikmati hammock yang lagi-lagi juga berada di ketinggian. Ada pula wahana sky bike, yaitu melintasi seutas tali dari ujung ke ujung menggunakan sepeda. Tapi tenang saja, semua wahana di tempat ini selalu mengutamakan keselamatan. Selain dapat berfoto ria di berbagai spot menarik, Anda juga dapat menikmati pemandangan di atas bukit yang mempesona.

Untuk bisa mengakses semua itu, ada biaya yang dikenakan. Biaya tersebut mulai dari 10ribu hingga 70ribuan saja. Jika Anda datang ke tempat ini ketika berlangsung Batu Night Festival, Anda masih bisa mengakses tempat ini. Namun tentu saja tidak akan seindah ketika pagi hari sebab bunga-bunga cantik tersebut tertutup oleh gelap malam dan kadang juga kabut.

Batu Flower Garden merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda penyuka konten. Sebab setiap spot di tempat ini memang layak untuk diunggah ke media sosial Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *