Apa itu Jasa forwarder ?

By | February 18, 2021

Jika kita berkeinginan untuk membeli barang dari China, baik itu dari Alibaba, 1688, atau situr marketplace china lainnya, maka kita akan memerlukan bantuan jasa forwarder untuk mengirim barang ke Indonesia.

Apa itu jasa forwarder ?

Jasa forwarder adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang antar negara, yang bersifat terpadu, dalam artian termasuk pengurusan hal hal yang terkait dengan kepabeanan. Jadi dengan menggunakan jasa forwarder ini, kita tidak perlu repot mengurus pajak, izin impor, pergudangan, dan lain lain.

Dimana kita bisa mencari jasa forwarder tersebut ? Tentu kita mencarinya di Indonesia. Jika kita ingin mengirim barang dari China, maka kita mencari perusahaan forwarder yang melayani jalur pengiriman dari China ke Indonesia.

Adapun skema forwarder secara singkat bisa dijelaskan sebagai berikut :

  1. Barang kita beli dan kita kirim ke Gudang forwarder yang ada di China ( Guangzhou, Yiwu, dll )
  2. Pihak forwarder akan menerima dan mengirimkan barang ke Pelabuhan tujuan di Indonesia ( Jakarta, semarang, Surabaya )
  3. Lalu mengurus hal hal yang terkait dengan kepabeanan, seperti izin impor, pajak, dll
  4. Selanjutnya mereka akan mengirimkan barang ke alamat kita sebagai pembelinya.

Berapa lama proses pengiriman menggunakan skema forwarder ?. Jika kita menggunakan jasa forwarder udara, maka lamanya bervariasi sekitar 1-2 Mingguan. Sedangkan jika menggunakan skema forwarder laut, akan memakan waktu sekitar 5-6 Mingguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *