Cara Budidaya Ikan Hias yang Mudah Untuk Pemula

By | February 21, 2021

Bak ibarat primadona, ikan hias menjadi ikan buruan karena memiliki rona cantik cocok untuk pajangan di rumah. Bisa dibilang peminat atau pencari ikan ini sangat banyak, dengan beragam pilihan ikan hias. Bahkan nih, diantara mereka ada yang menjadikan merawat ikan hias sebagai hobi loh.

Menarik sih, apalagi kalau hobi itu bisa dikembangkan menjadi budidaya. Dijamin deh, hobi yang dilakukan sangat mengasyikan, sebab bisa menjadi penghasilan. Tapi untuk menjalankan hobi budidaya ikan hias tidak segampang menjadikan ikan tersebut pajangan loh ya. Termausk memilih benih unggul dari tempat yang jual benih dan bibit ikan.

Tahapan Cara budidaya ikan hias

Ada beberapa pengetahuan yang perlu diketahui supaya budidaya ini bisa berkembang dan tidak merugikan. Dan untuk mengetahui seperti apa cara budidaya ikan hias ini, langsung saja kita ketahui di bawah ini.

Persiapan Tempat Tinggal Ikan Hias

Tak jauh berbeda dengan pemilihan kolam ikan lain. Tempat budidaya ikan hias juga bisa dilakukan di wadah seperti akuarium, kolam semen, atau kolam terpal. Hanya saja di sini ada perbedaan mengenai kualitas air yang digunakan.

Pasalnya ikan hias merupakan ikan yang tidak tahan dengan kondisi kolam keruh. Dengan begitu, pastikan kalau air selalu jernih dan tidak mengundang penyakit dari penumpukan pakan atau kotoran. Dan selain itu, jangan lupa untuk menepatkan Aerator supaya kebutuhan oksigen si ikan terpenuhi.

Perawatan Ikan Hias

Dan untuk selanjutnya, setelah pemilihan tempat budidaya kini lanjutkan untuk mengetahui perawatan dari ikan hias tersebut. Tapi sebelum itu, tentukan terlebih dahulu ikan hias yang mau dibudidayakan. Sebab beda ikan hias yang dipilih beda juga cara perawatannya.

Dan oleh karena itu, misalkan ikan yang dipilih ikan mas, maka perawatan yang digunakan berbeda. Mulai dari pakan hingga berbagai kebutuhan lain, pemilihannya harus menyesuaikan habitat asli mereka.

Sedangkan untuk ikan mas sendiri, pakan yang bisa digunakan ada dua tipe yaitu alami dan buatan. Kalau alami, kita dapat memberinya cacing, ulat daun pisang, atau sekam padi. Sedangkan pakan buatan bisa berupa dedak, pelet, serta tepung ikan yang bisa Anda beli dari toko bibit ikan terdekat.

Dan untuk perawatan ikan hias, baik itu ikan mas, ikan cupang, dan lainnya. Kalian wajib memperhatikan kebersihan kolam (tempat dan air) supaya tidak ada pencemaran yang membuat ikan mati. Untuk tambahannya, supaya ikan bisa cepat bertelur maka cara instannya bisa dengan menyuntik ikan tersebut. Penyuntikan ini bertujuan untuk merangsang ikan supaya lebih cepat memasuki masa kawin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *