Tips Bisnis Rumah Sewa Di Kota Besar Agar Sukses

Punya rumah maupun tanah yang nganggur, jangan disia-siakan. Bahkan sekarang, kamar kosong saja sudah di sewakan. Apalagi bila rumah kosong maupun tanah kosong, lebih baik anda manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Biasanya memang, kebanyakan orang malas mengurus sebuah rumah kosong atau lahan kosong. Karena selain pendapatannya rata-rata sudah cukup, dan merasa sulit mencari penyewa rumah atau lahan. Sehingga rumah kosong dan lahan kosong ini hanya menjadi aset yang tidak produktif.

Dan pertanyaannya adalah :

Bagiamana cara agar sebuah aset menjadi lebih produktif, dan menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan?

Jawabannya adalah, mau tidak mau anda sebagai pemilik aset harus berbenah dan meluangkan waktu untuk mengurus rumah atau lahan kosong tersebut agar bisa disewakan dan menghasilkan pendapatan sampingan. Dan berikut beberapa tips yang saya himpun untuk teman-teman mahasiswa, agar bisa mengelola aset rumah kosong maupun tanah kosong.

1# Mulai Membersihkan Rumah Dan Meratakan Lahan Kosong

Apabila anda memiliki sebuah rumah kosong, entah rumah warisan maupun rumah bekas keluarga. Apabila anda serius ingin membuat rumah sewaan. Maka anda harus mulai membersihkan rumah, lalu di cat ulang agar terlihat baru lagi. Anda bisa mengeluarkan modal untuk membersihkan rumah dan mengecet dengan membayar upah orang untuk pengecatan dan kebersihan rumah.

Apabila anda memiliki tanah, anda bisa membersihkan dan meratakan tanah kosong yang anda miliki agar nantinya bisa di manfaatkan lahan tersebut oleh orang yang mau menyewa tanah. Cukup anda membayar upah pekerja untuk meratakan tanah dan juga membersihkan lahan.

2# Membuat Kontrak Sewa Yang Tidak Merugikan Penyewa

Ketika rumah kosong maupun tanah kosong sudah dibersihkan dan bisa dijadikan aset produktif. Kini saatnya anda menyusun sebuah kontrak sewa yang tidak merugikan anda maupun pihak penyewa. Contohnya, harga sewa yang anda berikan cukup murah, tapi untuk fasilitas air maupun listrik pihak penyewa yang menanggung sendiri.

Sedangkan untuk tanah kosong, anda bisa mengajukan kerja sama. Contohnya, pihak penyewa boleh membangun sesuatu di atas tanah kosong anda. Entah rumah atau tempat usaha, lalu biaya dari pembuatan rumah maupun tempat usaha akan dikurangi biaya sewa yang semestinya pihak penyewa membayar.

Contohnya, harga sewa tanah setahun harusnya Rp 10.000.000,-. karena terdapat bangunan yang dbangun oleh penyewa untuk usaha senilai Rp 60.000.000,-. maka pihak penyewa tidak mebayar sewa selama 6 tahun kedepan atas penggantian biaya pembangunan tempat usaha . Tapi setelah 6 tahun baru pihak penyewa membayar sewa tahunan secara normal.

3# Menggunakan Teknologi Untuk Mempromosikan Rumah Dan Tanah Yang Mau di Sewakan

Pada zaman sekarang dimana merupakan eranya social media, mulai dari bisnis online hingga mencari rumah kontrakan. Semua bisa anda temukan melalui social media maupun di internet. Jadi anda tidak perlu lagi memasang spanduk maupun tulisan papan, bertuliskan ” rumah disewakan”. Karena selain menambah biaya serta tidak efektif lagi.

Cukup anda promosikan di sebuah situs seperti situs sewa rumah di internet, anda sudah bisa mempromosikan rumah sewa anda tanpa harus menunggu lama. Selain itu anda juga bisa mempromosikan lewat social media seperti facebook maupun instagram.

Agar lebih menarik, foto rumah sewa maupun tanah kosong yang mau di sewakan bisa menggunakan drone. Agar rumah sewa maupun tanah kosong, dapat dilihat lokasinya dengan mudah serta bisa mengetahui kondisi lingkungannya seperti apa.

Demikian, artikel ini dibuat untuk anda semua. Semoga bermanfaat, terutama bagi yang memiliki rumah kosong maupun tanah kosong manfaatkan sebaik-baiknya aset anda tersebut. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*