Dipertimbangkan Jadi Ibukota Negara, Ini Alasan Anda Harus Cari Rumah Dijual di Samarinda

rumah dijual di samarinda

photo: langitkaltim.com

Ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini dalam beberapa tahun belakangan ramai diperbincangkan terkait rencana pemerintah untuk menjadikannya ibukota negara yang baru.

Samarinda dan Balikpapan dinilai oleh pemerintah memiliki banyak keunggulan untuk menjadi salah satu alternatif ibukota yang baru.

Salah satunya adalah dari segi infrastruktur yang memadai dimana di provinsi ini terdapat dua bandara, termasuk bandara internasional, pelabuhan dan jalan tol. Dan keberadaan infrastruktur ini dianggap bisa lebih menghemat biaya jika ibukota pindah ke sini.

Ditambah lagi banyaknya tersedia lahan yang membuatnya lebih mudah dirancang atau didesain agar makin memenuhi kelayakan sebagai sebuah ibukota negara.

Tapi tntu saja hal ini belum cukup, karena perlu juga dipertimbangkan aspek lain seperti sosiologis dan sosiopolitik, termasuk aspek lingkungan, ketersediaan air dan antisipasi bencana.

Oya, kriteria lainnya yang membuat Samarinda juga diperhitungkan adalah karena posisinya yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan dan jasa. Hal ini sesuai dengan yang di negara-negara maju.

Tentu semuanya perlu kajian mendalam lagi, sebelum akhirnya sebuah keputusan ditetapkan. Jika kajian ini selesai dan sudah mendapatkan hasil akhir, barulah pemerintah akan mengumumkannya pada masyarakat.

Namun, terlepas jadi atau tidaknya Kalimantan Timur, termasuk Samarinda, jadi ibukota negara, beberapa hal yang membuatnya layak diperhitungkan saja sudah menjadi gambaran bahwa kawasan ini terbilang ideal bukan?

Lebih jelasnya, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk tinggal di kota ini atau sedang mencari rumah dijual di Samarinda, maka jangan sampai lewatkan uraian berikut ya….

Samarinda dihuni oleh sekitar 800 ribu jiwa lebih, dengan masyarakat yang heterogen karena sebagian besar adalah pendatang yang memiliki agama, suku, budaya berbeda-beda.

Suku Banjar adalah masyarakat yang secara jumlah cukup dominan di Samarinda. Selain itu ada pula Suku Jawa, Bugis dan Dayak.

Yang patut ditiru adalah keberagaman ini tak membuat Samarinda jadi rawan konflik karena perbedaan-perbedaan yang ada.

Justru yang menarik, lahir kebiasaan-kebiasaan yang khas dari Samarinda. Misalnya saja penggunaan bahasa yang beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, tapi juga banyak yang menggunakan Bahasa Banjar dan Kutai.

Bicara keunikan, tidak hanya masyarakatnya saja, kondisi geografis kotanya pun terbilang unik, karena kawasannya terbagi dua oleh Sungai Mahakam.

Tapi ini justru memberi pemandangan kota yang unik dan tentu saja indah. Bahkan ini bisa dibilang telah jadi ikon Kota Samarinda.

Sungai Mahakam sendiri juga jadi tempat yang menyenangkan bagi warga kota untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana yang teduh di pinggir sungai.

Kalau ingin menghabiskan waktu santai di tempat lain bisa juga kunjungi Taman Cerdas.

Di sini Anda bisa mengajak anak, karena selain suasananya nyaman dan sejuk, anak-anak bisa belajar sambil bermain.

Atau ajak anak-anak ke Kebun Raya Samarinda, dimana tak hanya bisa melihat aneka satwa tapi bisa coba kegiatan seru seperti bermain sepeda air dan go kart.

Tak hanya sungai dan taman, Samarinda juga punya bangunan ikonik yang bisa jadi destinasi menarik juga lho…

Namanya Islamic Centre, yang tak lain merupakan sebuah masjid tapi memiliki desain yang menarik. Masjid ini memiliki 7 menara yang aksesnya terbuka untuk siapapun.

Bagian atas menara ini jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya Kota Samarinda dengan bentangan Sungai Mahakam.

Sebagai ibukota provinsi, tentu saja Samarinda tidak hanya punya destinasi menarik. Tapi seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa kota ini memiliki infrastruktur yang memadai dan ditambah memiliki fasilitas yang lengkap.

Misalnya ada pusat kesehatan seperti RS Abdul Wahab Sjahranie, RS Samarinda Medika Citra, RS Hermina dan RS Siloam.

Lalu ada pula sejumlah pusat pendidikan baik negeri maupun swasta, dan tak ketinggalan sejumlah pusat perbelanjaan yakni Samarinda Central Plaza, Mall Plaza Mulia, Mall Samarinda Square dan masih banyak lagi.

Yang menarik, di Samarinda juga terdapat beberapa stadion olahraga seperti Stadion Utama Kaltim Palaran yang jadi salah satu stadion termegah di Indonesia dengan kapasitas 60.000 orang.

Sementara yang cukup populer adalah Stadion Sempaja, karena terbuka untuk umum, sehingga siapa saja bisa berolahraga di sini. Termasuk bisa dijadikan tempat berkumpul dan duduk santai dengan teman-teman juga.

Untuk akses, Samarinda khususnya bisa diakses melalui darat. Dan di kota ini terdapat sejumlah terminal antara lain adalah Terminal Sungai Kunjang dan Terminal Lempake

Dan agar memudahkan aktivitas warga, tersedia pula Jembatan Mahakam yang menghubungkan Samarinda Kota dengan Samarinda Seberang.

Sebagai kawasan yang dinilai layak dipertimbangkan menjadi ibukota negara, Samarinda bisa dibilang memiliki potensi yang besar.

Maka tak heran, jika pelaku properti nantinya akan melirik kawasan ini untuk proyek pembangunan yang lebih besar lagi.

Dan jika itu terjadi tentu saja akan membuat nilai properti di sini akan melesat. Jadi tak ada salahnya jika dari sekarang Anda mulai mencari informasi rumah dijual di Samarinda.

Tentunya tak perlu langsung ke sana. Karena saat ini sudah ada situs properti yang bisa Anda akses dengan mudah via online. Salah satu yang menarik adalah www.99.co/id.

contoh rumah dijual di samarinda

Sebagai gambaran, beberapa contoh rumah dijual di Samarinda yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya adalah sebuah unit rumah minimalis modern di kawasan Sungai Kunjang.

Rumah yang berada di The Cluster Boulevard ini ditawarkan senilai Rp 327 juta dengan luas 39m2 dan tanahnya 90m2, serta terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Spesifikasi bangunannya adalah pondasi batu gunung, dinding batu batu plester aci, rangka plafond dan rangka atap dari baja ringan, kusen aluminium, lantai keramik, serta didukung daya listrik 1300W.

Kemudian ada pula pilihan rumah dijual di Samarinda yang lebih murah yakni Rp 247 juta lengkap dengan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Rumah di Bukit Benanga kawasan Lempake ini terbilang menarik dengan suguhan pemandangan Bendungan Lempake, ditambah lokasinya juga strategis yakni dekat ke instansi pemerintah, pusat perbelanjaan dan universitas.

Untuk ukurannya sendiri, rumah ini memiliki luas sekitar 36m2.

Tapi kalau Anda ingin mencari rumah dijual di Samarinda dengan ukuran yang lebih luas, bisa coba di kawasan Loa Bakung.

Rumah ini memilki luas 60m2 di atas tanah seluas 135m2 dan berada di komplek perumahan Jakarta Regency Cluster Freesia.

Hunian nyaman ini ditawarkan senilai Rp 485 juta dalam kondisi semi furnished, dan terdiri dari 3 kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan carport.

Ternyata banyak hunian yang murah ya?

Untuk mendapatkan informasi rumah dijual di Samarinda lainnya, langsung saja cek di 99.co Indonesia ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*