Tips Hemat Ketika Perjalanan Bisnis Atau Dinas Ke Luar Kota

Perjalanan bisnis maupun dinas merupakan kegiatan yang menyenangkan, dimana anda bisa bekerja sambil berlibur ke luar kota. Walaupun perjalanan bisnis maupun dinas mewajibkan anda untuk menyelesaikan pekerjaaan, tapi tidak ada salahnya bila anda juga menghemat anggaran perjalanan bisnis atau dinas anda.

Tujuan berhemat adalah, agar anda mendapat nilai yang bagus dari atasan. Sehingga anda akan terus dipercaya oleh perusahaan untuk melakukan perjalanan bisnis atau dinas. Daripada anda menghabiskan semua dana perjalanan dinas, atau bahkan boros hanya membuat penilaian anda akan buruk.

Berbeda bila anda melakukan perjalanan bisnis untuk keperluan usaha anda sendiri, dimana berhemat ketika perjalanan bisnis adalah langkah yang wajib untuk anda lakukan. Dan berikut beberapa tips, untuk berhemat ketika melakukan perjalanan bisnis atau tugas dinas ke luar kota.

1# Memilih Apartemen Murah Dengan Sewa Harian

Untuk pilihan tempat tinggal ketika berada diluar kota, anda bisa mencari sewa apartemen harian yang harganya relatif lebih murah ketimbang anda memilih hotel. Memang dari segi pelayanan sangat kurang nyaman, dimana menyewa apartemen sama seperti menyewa sebuah rumah kontrakan. Tapi anda harus lihat sisi ekonomiya, karena sewa apartemen harian lebih murah dan flexsibel daripada hotel.

2# Menghemat Anggaran Konsumsi

Ketika perjalanan dinas ataupun bisnis, untuk urusan konsumsi lebih baik anda memilih makanan yang murah dan praktis saja. Contohnya seperti makanan catering, atau makanan prasmanan. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mencari kesempatan karena anggaran biaya dibayarkan oleh prusahaan atau instansi. Tapi memilih menghemat anggaran konsumsi memiliki nilai lebih yang bisa anda peroleh.

3# Gunakan Anggaran Dana Bisnis Untuk Hal Yang Utama Saja

Jangan gunakan anggaran dana perjalanan dinas atau bisnis untuk hal-hal yang tidak perlu. Contohnya membeli barang untuk keperluan pribadi, membeli barang yang tidak diperlukan, atau menggunakan anggaran untuk masuk ke tempat-tempat tertentu yang tujuannya memanfaatkan uang perjalanan yang diberikan.

4# Gunakan Transport Sistem Kontrak

Agar lebih murah, sebelum anda melakukan perjalanan bisnis di suatu kota. Alangkah lebih baiknya bila anda mencari supir taxi yang bisa dibayar dengan sistem kontrak. Atau hitungannya perhari, contohnya bila anda melakukan perjalanan selama 3 hari. Maka sistem pembayaran transport selama 3 hari penuh, dan tidak ada biaya-biaya lainnya. Dengan begitu, anggaran bisa jauh lebih hemat.

5# Jangan Mencampur Dana Perjalanan Dengan Dana Peribadi

Tidak mudah mengelola uang perjalanan dinas atau bisnis, karena sering sekali tercampur dengan uang pribadi. Untuk itu bila anda memang memegang uang perjalanan. Maka lebih baik menyiapkan dompet atau tas khusus untuk menyimpan dana perjalanan tersebut. Yang tujuannya adalah, agar tidak tercampur-campur dan bisa di kelola dengan baik dan hemat tentunya.

Kesimpulan Dari Tips Perjalanan Bisnis

Setelah anda mengetahui beberapa point yang saya buat, agar anda bisa hemat dalam mengelola anggaran perjalanan bisnis maupun dinas. Harapannya adalah, anda bisa lebih bersabar dan tidak perlu boros dalam mengeluarkan uang. Gunakan anggaran tersebut untuk hal-hal yang berguna seperti mencari sewa apartemen bulanan yang murah bila memang anda melakukan perjalanan yang lama.

Kemudian penghematan lainnya adalah, lebih memilih makanan yang murah tapi sehat. Lalu membeli sesuatu yang memang diperlukan untuk kebutuhan pekerjaan anda selama di luar kota. Demikian tulisan ini dibuat, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang melakukan perjalanan dinas keluar kota. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*