Cara Memilih Besi Beton Berkualitas

By | March 12, 2018

Cara Memilih Besi Beton Berkualitas – Besi beton merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan oleh kita yang bekerja pada sebuah kontruksi bangunan, baik itu bangunan rumah ataupun bangunan seperti gedung – gedung pencakar langit yang sangat membutuhkan sebuah besi beton untuk membuatnya.

cara-memilih-besi-beton-berkualitas

Besin beton sendiri merupakan sebuah lempengan besi yang digunakan untuk proses pembuatan rangka sebuah bangunan ataupun sebuah rangka kontruksi lainnya seperti jembatan, jalanan dan lain sebagainya yang memerlukan bahan – bahan seperti besi beton tersebut.

Pengertian lainnya dari besi beton sendiri merupakan sebuah lempengan baja yang disebut dengan billet. Langkah yang biasanya digunakan untuk memilih besi beton yang berkualitas diantaranya adalah dengan melihat dari merek besi tersebut.

Merek – merek tersebut diantaranya adalah besi beton krakatau steel, yang biasanya disingkat dengan istilah besi beton KS. kemudian ada lagi yang namanya besi beton master steel yang juga disingkat dengan namanya besi beton MS.

Dan yang terakhir adalah jenis dari cakratunggal steel, yang biasanya disingkat dengan istilah besi beton CK. Ketiga besi beton tersebut merupakan produk unggulan dari beberapa jenis besi beton yang ada di Indonesia, sehingga kita juga harus memperrhatikan beberapa aspek lagi guna memilih besi beton yang berkualitas.

 1. Mengenal Jenis Beton

Besi beton sendiri mempunyai setidaknya ada 3 jenis yaitu dengan ukuran kecil, sedang hingga besar, atau dalam istilah lainnya adalah besi full, besi gemuk serta besi kurus. Besi yang sering digunakan untuk proses pembuatan bangunan adalah besi full.

2. Kekerasan Besi Beton

Selain itu besi beton yang berkualitas juga mempunyai tingkat kekerasan yang sangat baik, dan untuk mengukurnya bisa menggunakan alat yang bernama hardness tester, yang dimana fungsinya adalah untuk mengukur kekerasan dari besi beton tersebut.

3. Kualitas

Dengan mengetahui kualitas dari besi beton tersebut, tentunya kita akan tahu mana yang baik mana pula yang tidak baik untuk dijadikan sebuah bahan bangunan yang lainnya. Sehingga pada saat memilihnya pun kita  bisa lebih teliti lagi dan tidak tertipu besi beton yang palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *