Hewan Yang Bisa Memprediksi Bencana

By | July 31, 2018

Hewan Yang Bisa Memprediksi Bencana – Pada beberapa wilayah yang dilanda bencana alam ada dugaan tentang anehnya perilaku hewan yang ada di sekitarnya sebelum terjadinya bencana alam tersebut.Hal ini menimbulkan presepsi bahwa ada beberapa hewan yang dapat memprediksi datangnya bencana. Bahkan hewan – hewan tersebut dapat memprediksi dengan akurat layaknya satelit atau alat seperti weather station (alat ukur cuaca).

Hewan Yang Bisa Memprediksi Bencana

Berdasarkan hal tersebut muncul dugaan pula bahwa sebelum bencana alam terjadi akan didahului dengan anehnya perilaku hewan yang ada di sekitar daerah tersebut. Hal ini juga terjadi pada tsunami yang terjadi tahun 2004 maupun badai yang sering terjadi di Jepang.

Bencana alam seperti gempa bumi, longsor, badai adalah contoh bencana alam yang terjadi secara mendadak, namun ada hewan yang mempunyai kemampuan unik untuk bisa merasakan datangnya bencana tersebut. Bahkan hal ini juga sudah diteliti oleh para ilmuwan dan hasilnya mereka mendapatkan fakta menarik. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa hewan yang bisa memprediksi bencana alam :

1. Anjing

Anjing termasuk salah satu hewan yang banyak dipelihara manusia, anjing juga dikenal memiliki indera penciuman yang tajam dan mempunyai beberapa kemampuan khusus hingga banyak digunakan oleh petugas keamanan seperti polisi. Penciumannya yang tajam sering digunakan untuk mendeteksi suatu hal atau melacak sesuatu. Anjing juga dikenal sebagai hewan yang setia terhadap pemiliknya.

Dalam kepolisian penciuman anjing yang tajam sering kali digunakan untuk melacak barang seperti bom, narkoba, pelaku kejahatan, barang bukti hingga korban bencana alam. Selain itu anjing ternyata juga memiliki sensitifitas yang baik untuk merasakan tanda – tanda datangnya bencana alam, hal inilah yang masih terus diteliti oleh para ilmuan.

2. Kucing

Selain anjing, kucing juga merupakan hewan yang banyak dipelihara di rumah oleh manusia. Sifatnya yang gemas dan jinak menjadikan hewan ini juga sangat akrab dengan manusia. Ternyata kucing juga merupakan hewan yang dapat merasakan tanda – tanda akan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi. Bahkan kucing akan merasa gelisah dan berubah sikapnya dalam beberapa hari sebelum gempa bumi itu terjadi.

3. Lebah madu

Selain anjing dan kucing, ternyata lebah madu juga mempunyai naluri unik dalam memprediksi cuaca khususnya bila akan terjadi hujan deras. Bila lebah tiba – tiba pulang ke sarangnya secara beramai – ramai pada siang hari maka itu pertanda akan segera terjadinya hujan deras.

Bahkan di Nanjing, China para ilmuwan pernah memantau perilaku hewan menggunakan kamera selama beberapa waktu, dan memang hewan akan stress sesaat sebelum bencana datang. Hal yang sama juga terjadi di Peru sebelum gempa pada tahun 2011, hewan yang ada di sekitarnya menunjukkan perilaku yang aneh sebelum terjadi gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *