Manfaat Buah Jeruk

By | March 9, 2018

Manfaat Buah Jeruk – Siapa yang tidak mengenal jeruk, salah satu buah favorit warga di seluruh dunia taupun bahkan di Indonesia sendiri karena harganya yang terjangkau dan rasanya manis serta agak kecut untuk beberapa jenis jeruk tertentu.

manfaat-buah-jeruk

Jeruk sendiri merupakan sebuah tanaman yang mempunyai bentuk bulat terkadang lonjong yang mempunyai warna hijau jika belum matang dan akan berubah menjadi kuning apabila sudah matang pada beberapa jenis tertentu seperti jeruk bali jika sudah berwarna hijau tua tandanya sudah matang dan siap untuk dipetik.

Jeruk mempunyai beberapa jenis serta komoditasnya dan banyak sekali tanaman jeruk yang berada di Indonesia, karena Indonesia merupakan wilayah yang subur dengan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di dalamnya, sehingga tidak heran jika jumlahnya sangat banyak.

Diantaranya banyaknya jeruk, adapula bentuk – bentuk jeruk mulai dari yang ukurannya kecil seperti jeruk lemon serta jeruk yang berukuran besar yaitu jeruk bali yang biasanya digunakan untuk beberapa campuran baik minuman maupun jenis lainnya.

Kandungan yang paling dominan terdapat pada jeruk adalah vitamin C, yang dimana fungsinya bisa untuk mencegah sariawan serta penyakit lainnya seperti yang sering dialami oleh orang – orang kebanyakan yaitu kelelahan akibat kurangnya vitamin C pada tubuh.

Selain manfaat itu, juga masih banyak sekali manfaat yang terdapat pada jeruk. Dan jeruk sendiri selain rasanya yang manis, juuga mempunyai rasa yang masam serta bervariasi apalagi bila digunakan untuk membuat jus yang ditambahkan dengan air dingin akan terasa lebih sejuk.

Diantara manfaat jeruk adalah menurunkan resiko terkena penyakit stroke yang sangat berbahaya, kemudian ada pula manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga tidak cepat untuk merasa marah jika ada orang yang menjelek – jelekan.

Dapat mencegah terjadinya kanker, menjaga kesehatan pada jantung, mencegah kerusakan kulit, baik dikonsumsi sehingga pencernaan akan semakin baik pula. Dan yang lainnya diantaranya menjaga sistem imun supaya tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Dan masih banyak manfaat jeruk yang lainnya, dan memilihnya pun tidak asalan kita  harus benar – benar teliti untuk mendapatkan varietas dari jeruk yang baik serta bebas dari kuman. Dengan menggunakan alat pengukur warna kita bisa melihat jeruk mana yang baik serta jeruk mana yang tidak layak konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *