Penyebab Retak Pada Dinding

By | June 5, 2018

Penyebab Retak Pada Dinding – Apakah Anda pernah mengalami tembok atau dinding rumah Anda retak padahal rumah tersebut baru saja selesai dibangun dan ingin segera ditempati.

Penyebab Retak Pada Dinding

Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman dan nyatanya hal ini merupakan hal yang sering terjadi pada berbagai pembangunan. Hal ini sering terjadi pada pembangunan rumah baru maupun renovasi rumah yang lama.

Lantas hal apa saja yang dapat menjadi penyebab retak pada dinding rumah Anda, berikut adalah beberapa penyebab tersebut :

1. Kegagalan atau kerusakan struktur

Perhitungan struktur rumah yang salah atau rusaknya struktur rumah menjadi penyebab dinding rumah retak dan beban berlebihan pada beton penyangga juga dapat menyebabkan hal tersebut. Selain itu kejadian alam seperti gempa bumi maupun benturan dapat mengakibatkan retaknya pasangan bata yang melekat pada struktur. Retaknya pasangan bata ini akan berlanjut pada retaknya plester yang menutupinya.

2. Pasangan dinding

Batu bata dan perekat yang memiliki kualitas kurang baik juga dapat menyebabkan lepas atau pecahnya pasangan bata yang akan berakibat langsung pada retaknya plester dan acian dinding yang menutupi pasangan tersebut.

3. Plester dan Acian

Pengerjaan asian saat plester yang kurang sempurna atau belum kering sempurna juga menjadi penyebab dinding retak. Acian yang belum kering sempurna atau belum selesai proses penyusutannya akan membuatnya mudah retak. Selain itu penggunaan bahan untuk acian dan salah penggunaan semen juga dapat mengakibatkan hal tersebut.

4. Perbedaan bahan

Pertemuan bahan yang berbeda pada plester dan acian semisal pada pertemuan antara struktur beton dengan pasangan bata, pasangan bata dengan kayu, atau plesteran dengan pipa listrik atau pipa air di dalam dinding juga menjadi hal yang akan berakibat pada retaknya dinding. Bahan lain seperti kayu dan plastik merupakan jenis bahan yang tidak bisa direkatkan dengan sempurna oleh semen, selain itu gerakan pada elemen tersebut juga mengakibatkan dinding retak.

Tentu setelah kita tahu hal – hal yang dapat menyebabkan retak pada dinding kita juga harus mengetahui cara untuk memperbaikinya. Berikut cara memperbaiki maupun mencegah dinding retak :

1. Selidiki penyebab

Selidiki dahulu penyebab maupun sumber keretakan, apakah keretakan tersebur bersumber dari kegagalan struktur. Kegagalan struktur ini dapat berasal dari keretakan atau lengkung pada elemen struktur, khususnya kolom dan balok, retak pada pasangan bata, atau hanya pada acian atau plesteran. Perhatikan juga elemen lain seperti pipa PVC atau kolom kayu yang mungkin dapat menyebabkan hal tersebut.

2. Perkuatan struktur

Jika retak pada dinding diakibatkan karena kegagalan struktur maka yang dapat Anda lakukan adalah memperkuat ulang struktur tersebut yang dapat berupa penebalan atau penambahan struktur. Bila yang terjadi justru keretakan bertambah parah maka konsultasikan hal tersebut pada ahlinya. Biasanya beton yang menjadi struktur rumah akan diuji kekuatannya menggunakan Alat uji NDT untuk memastikan kekuatannya. Bila dirasa tidak dapat diperbaiki maka tembok atau dinding akan dibongkar dan dikerjakan ulang.

3. Bongkar pasangan, plester dan aci ulang

Kedalaman dinding yang retak juga akan mempengaruhi perbaikan yang dilakukan dan apabila pasangan bata yang mengalami keretakan maka Anda sebaiknya membongkar sebagian dinding dan mengganti pasangan bata yang rusak. Sebelum memplester dan mengaci ulang pasangan bata tersebut pastikan pasangan bata sudah kering sempurna. Dan bila retak terjadi akibat tidak homogennya plesteran dengan pipa maka lapisi pipa dengan kawat ayam sebelum melakukan pemlesteran dan pengacian ulang.

4. Menambal Retak

Apabila retak yang terjadi hanya sebatas acian atau disebut retak rambut dapat diatasi dengan cara kupas cat sampai lapisan acian, lebarkan lubang retak dengan mengetrik acian sepanjang retakan. Setelah itu isi lubang dengan acian sebagai contohnya lem putih dan setelah kering sempurna, ulang pengecatan dinding sesuai aturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *