Buku Belajar Islam Untuk Pemula

Islam adalah agama semua Nabi dan Rasul. Islam adalah salah satu agama yang diridhai dan sekaligus di terima di sisi Allah. Islam adalah agama yang menjadikan pemeluknya tidak akan rugi di dunia dan akhirat. Seluruh manusia diseru masuk ke dalamnya. Kata Nabi, “Aslim Taslam” masuk Islamlah, maka anda akan selamat. Kepada orang yang sudah masuk Islam, Allah menyeru mereka agar masuk Islam secara keseluruhan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah anda ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah anda turut beberapa langkah syaitan. Sesungguhnya syaiton itu musuh yang nyata bagimu.” (Surat al-Baqarah: 208)

Menjadi muslim yang baik adalah harapan tiap manusia beriman. Untuk mewujudkannya, tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Karena ajaran Islam merupakan ajaran yang mudah dipelajari dan diamalkan oleh siapa saja, Secara global, islam diklasifikasikan jadi dua, yaitu segi praktis (amaly) dan segi teoritis (nadhary).

Ajaran Islam praktis adalah ajaran Islam yang dikerjakan didalam kehidupan sehari-hari. Porsinya pasti lebih banyak, layaknya bersuci, berwudhu, shalat, puasa, dan ibadah-ibadah lainnya. Sedangkan yang dimaksud ajaran Islam teoritis adalah ajaran yang bersifat khazanah intelektual keislaman secara umum yang meliputi beraneka disiplin  ilmu. Bukan artinya tidak harus diamalkan, tapi porsinya lebih sedikit dan sebagian lagi memang ada yang jadi bekal didalam kehidupan sehari-hari.

Buku Referensi ini merupakan saran basic dan inti mengenai ajaran Islam baik yang bersifat praktis maupun teoritis. Bagian pertama menyatakan masalah akidah yang merupakan pokok dari keislaman seseorang, dan anggota ke dua menguraikan masalah ibadah yang  jadi amalan harian tiap tiap muslim. Bagian selanjutnya merupakan penyempurna dari anggota sebelumnya, yaitu bab berkenaan akhlak, mu’amalah, dan do’a sehari-hari.

Tulisan ini datang untuk menunjang siapa saja yang dambakan studi Islam, terlebih bagi para mualaf, pemula, dan orang-orang awam. Agar mudah dipahami, maka isi buku ini kita kemas secara praktis dan lengkap serta didukung oleh tabel dan ilustrasi.

Akidah dan tauhid adalah istilah yang tidak asing bagi umat Islam. Cakupan akidah lebih luas daripada tauhid. Sebab, tauhid merupakan salah satu anggota dari pembahasan akidah, yaitu pada tema rukun iman pertama atau iman kepada Allah.

Siapa saja yang ingin memahami Islam yang benar, harus mempelajari akidah yang benar, yaitu akidah yang benar, yaitu akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, Ini sebagaimana sabda Nabi, “Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang tetap membela kebenaran, mereka senantiasa unggul, yang menghina dan menentang mereka tidak akan mampu membahayakan mereka hingga datang keputusan Allah, sedang mereka tetap  dalam keadaan yang demikian.” (HR. al-Bukhari).