Cara Belajar Wifi dan Meningkatkan Kecepatannya

Cara Belajar Wifi dan Meningkatkan Kecepatannya  – Pilih Tempat yang Bagus untuk Perute Anda. Tidak semua tempat sama-sama cocok untuk router Anda. Untuk mulai dengan, Anda ingin menghindari menempatkan router Anda dekat dengan benda-benda logam dan peralatan yang memancarkan gelombang elektromagnetik.

Belajar Wifi

Belajar Wifi

Menurut informasi terkini idealnya dalam belajar wifi, Anda juga ingin menjaga jarak yang aman dari kabel listrik. Untuk menutupi area dengan sinyal WiFi yang rata, Anda harus meletakkan router WiFi Anda secara kasar di tengah. Anda dapat sedikit meningkatkan sinyal nirkabel Anda dengan meninggikan router di atas lantai.

Selalu Perbarui Router Anda

Anda harus mendengar tentang meningkatnya jumlah serangan malware skala besar yang menelan biaya bisnis dan individu miliaran setiap tahun. Banyak dari serangan ini tidak akan mungkin terjadi jika semua router terus diperbarui. Setelah malware menginfeksi router, ia dapat mencuri bandwidth dan menyebar sendiri di seluruh jaringan ke perangkat lain.

Dapatkan Antena yang Lebih Kuat

Sebagian besar router WiFi dilengkapi dengan antena kecil dan lemah. Bukannya produsen ingin menghemat setiap sen yang mereka bisa, tetapi antena WiFi yang kuat cenderung sangat besar. Dibandingkan dengan antena yang datang dengan router Anda, yang mungkin hanya beberapa inci tinggi dan memiliki gain sekitar 4 dB, antena 10-dB dapat berada di mana saja antara 10 hingga 15 inci. Akan tetapi ini tidak mudah, maka dari itu dengan belajar wifi dengan benar. Maka anda bisa memiliki antena wifi yang kuat akan jaringannya.

Beralih ke Saluran WiFi yang Berbeda

Sama seperti jalur di jalan raya, ada beberapa saluran WiFi di mana router WiFi dapat disiarkan. Meskipun sebagian besar negara memiliki enam saluran yang tidak tumpang tindih (1, 6, 11, dan 14), banyak pengguna meninggalkan router mereka pada saluran default, yang biasanya berupa Saluran 1 atau Saluran 6.

Bagaomana Cara Belajar Wifi dan Meningkatkan Kecepatannya?

Hal ini menghasilkan kemacetan lalu lintas WiFi karena terlalu banyak paket yang mencoba mengemudi di jalur yang sama. Solusinya sederhana: cari tahu saluran mana yang paling sedikit ditempati dan beralihlah ke sana. Ini dapat dilakukan dengan bantuan NetSpot, alat analisis dan pengawasan WiFi yang profesional dan mudah digunakan .

Kontrol Aplikasi dan Klien Bandwidth-Lapar

Dibutuhkan hanya satu aplikasi yang membutuhkan bandwidth atau klien untuk membuat kecepatan unduh dan unggah mencapai perayapan untuk semua orang di jaringan WiFi yang sama. Untungnya, router modern mendukung layanan seperti QoS (Quality of Service), yang memungkinkan pengguna untuk memprioritaskan aplikasi tertentu daripada yang lain.

Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Teknologi nirkabel terbaru, IEEE 802.11ac, menawarkan kecepatan unduh dan unggah yang unggul serta jangkauan yang ditingkatkan dibandingkan dengan teknologi WiFi yang lebih lama, seperti IEEE 802.11b, g, dan lainnya. Untuk memanfaatkan teknologi WiFi terbaru untuk meningkatkan WiFi di rumah, Anda harus memastikan bahwa router rumah dan perangkat Anda yang mendukung WiFi, seperti smartphone dan laptop, mendukungnya.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Bentuk Tubuh Sehat dan Sempurna

Beralih ke 5 GHz

Frekuensi nirkabel 5 GHz menyediakan kecepatan data yang lebih cepat pada jarak yang lebih pendek dan biasanya jauh lebih sibuk daripada frekuensi nirkabel 2,4 GHz. Jika router Anda mendukungnya, pertimbangkan untuk beralih ke itu untuk meningkatkan kecepatan jarak pendek instan.

Jangan Lupa Reboot

Saran TI yang tak lekang oleh waktu, dalam belajar wifi “Jika tidak berhasil, coba nyalakan dan matikan”, juga berlaku untuk router WiFi. Rebooting sederhana seringkali cukup untuk meningkatkan kecepatan WiFi Anda secara signifikan. Reboot membersihkan memori router dan memungkinkan pembaruan untuk memasang.