Ini Dia Beberapa Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tinggi Keakuratannya

Ini Dia Beberapa Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tinggi Keakuratannya! Tidak sedikit ibu hingga sekarang ini yang tidak mengerti cara untuk menghitung usia kehamilannya, padahal ini sesuatu hal yang penting bagi ibu hamil untuk bisa mengetahui usia kehamilan yang sedang dijalaninya. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang mengetahui usia kehamilannya maka setiap bulannya akan bisa mengetahui perkembangan dan pertumbuhan organ tubun janin yang ada didalam kandungannya. Selain itu ibu akan dapat mengetahui tentang apa saja yang dibutuhkan oleh janin selama kehamilan, dan akan mengetahui tentang apa apa yang boleh atau tidak boleh dilakukannya selama mengandung. Dan hal yang terpenting bagi ibu dari mengetahui usia kehamilan ini adalah akan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan, ibu sudah mengetahui waktu yang paling tepat.

usia kehamilan

usia kehamilan

Begitu banyak manfaat bagi ibu dari mengetahui usia kehamilan itu maka mengetahui usia kehamilan itu menjadi kewajiban seorang ibu. Berikut beberapa cara menghitung usia kehamilan yang tinggi keakuratannya diantaranya yaitu :

  1. Dengan Melakukan Tes HCG

Biasanya dengan melakukan tes HCG ini maka akan dapat diketahuinya usia kehamilan secara akurat. Pada saat akan melakukan tes ini maka akan diambilnya sampel urin atau air seni dari ibu hamil, sehinga nantinya akan dapat ditentukan berapa usia kehamilannya. Jika didalam pemeriksaan yang dilakukannya terhadap hormone HCG pada urin maka usia kehamilan kemungkinanannya adalah berusia 3 hingga 4 minggu.

  1. Dengan Menggunakan Jari Tangan

Untuk mengetahui usia kehamilan juga bisa dengan menggunakan jari tangan, misalnya saja bila terjadinya kenaikan 3 jari tangan maka itu berarti adanya penambahan usia kehamilan sebanyak 3 minggu.

  1. Dengan Menggunkan Kalkulator Kehamilan

Penggunaan kalkulator kehamilan merupakan cara lain yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Ibu hamil dapat menemukan kalkulator ini dengan sangat mudah dan dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja tanpa harus pergi ke dokter atau bidan. Data data yang harus disiapkan untuk menggunakan kalkulator ini adalah HPHT dan periode menstruasi berikutnya.

  1. Dengan Pemeriksaan USG

Cara yang paling akurat untuk mengetahui usia kehamilan ini adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. Melakukan pemeriksaan dengan USG ini bisa dilakukan sejak usia kehamilan menginjak 4 hingga 5 minggu setelah berakhirnya menstruasi.

Itulah beberapa cara menghitung usia kehamilan yang tinggi keakuratannya. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti dengan menentukan HPHT dan mengukur tinggi puncak rahim.