Model dan Fungsi Utama Kanopi Membran sebagai Atap yang Kokoh

Model dan Fungsi Utama Kanopi Membran sebagai Atap yang Kokoh! Tenda ini adalah jenis tenda yang memiliki fungsi sebagai pelindung. Tenda ini biasanya dikenal sebagai tenda kelelawar karena bentuknya menyerupai kelelawar. Selain digunakan sebagai pelindung, tenda membran ini juga dipakai sebagai hiasan karena memiliki nilai seni tinggi. Bentuknya yang unik dan indah membuat penggemar kanopi membran semakin hari semakin meningkat.

Kanopi Membran

Kanopi Membran

Saat ini di pusat perbelanjaan, lapangan, hotel, bahkan tempat olahraga telah menggunakan tenda ini. Banyak arsitektur modern menyarankan untuk memakai atap ini karena kokoh dan lebar bisa disesuaikan. Bahan yang digunakan berasal dari serat Polyester yang memiliki kekuatan tinggi yang di-coasting dengan lapisan elastis PVC dan acrrylic serta ditambahkan PVDF sehingga menjadikan membran ini anti debu dan jamur.

Fungsi Kanopi Membran

Setiap negara memiliki nama yang berbeda-beda dalam menyebut atap membran. Ada yang menyebutnya tensile fabric structure, tension structure dan sebagainya. Atap yang terbuat dari membran ini merupakan tenda yang berguna menutupi ruangan di bagian luar. Tenda ini dibuat menggunakan kain khusus sehingga memiliki penampilan unik. Tenda ini memiliki begitu banyak fungsi, berikut di antaranya:

  • Karena bahan dasarnya yang menggunakan kain khusus. Kanopi membran ini mampu menyerap panas sehingga menjadikan ruangan yang dinaunginya menjadi lebih teduh dan sejuk.
  • Memiliki daya tahan yang bagus dibandingkan dengan jenis canopi lainnya
  • Memiliki nilai estetika yang tinggi dan kekinian
  • Tahan gempa, hal ini dikarenakan tenda ini memiliki beban yang ringan serta elastis
  • Perawatannya tidak membutuhkan biaya yang mahal, cukup hanya dengan dicuci atapnya dan dilakukan pengecekan secara rutin
  • Bahannya tembus cahaya matahari, sehingga ruangan akan selalu terang tampa harus menggunakan listrik. Meski tembus cahaya matahari namun suasananya tetap teduh dan nyaman tidak sampai panas menyengat
  • Memiliki sifat yang lentur sehingga tidak memerlukan struktur rangka baja yang banyak dan pastinya sangat hemat ruang
  • Tahan terhadap hujan. Meskipun berbahan dasar kain, namun kain yang digunakan tidak sembarang kain. Bahan kain untuk tenda ini yakni kain khusus sehingga tidak dapat ditembus air hujan

Model Tenda Membran

Atap membran ini masuk dalam kategori canopi artistik. Canopi ini bisa didesain dalam berbagai macam bentuk. Modelnya minimalis, elegan, dan masih banyak variasi lainnya. Dalam pemilihan atap membran ini Anda bisa menyesuaikan dengan bentuk ruangan yang akan dipakaikan atap ini.

Selain model, ukuran tenda ini juga beraneka ragam. Ada ukuran kecil hingga ukuran sangat besar (jumbo). Nilai estetika suatu bangunan akan bertambah jika menggunakan tenda ini. Bahan material yang dipakai pada canopi membran ini yakni menggunakan besi hollow/pipa dan kain sebagai atapnya. Besi ini digunakan sangat mudah yakni dengan dilengkungkan dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai model yang Anda inginkan.

Tenda membran ini memiliki desain standar. Anda bisa mengkreasikan diri Anda semaksimal mungkin dalam membuat sebuah desain tenda untuk bangunan. Desain atap membran ini sangat futuristik dengan lengkungan-lengkungan dan sudut tajam sangat modern. Inilah yang membuat tenda ini sangat diminati masyarakat. Meski Anda lihat pada umumnya tenda ini memiliki desain dan warna putih. Namun sebenarnya ada warna lin yang bisa Anda pakai. Anda tinggal memesannya saja ke produsen.

Itulah fungsi dan manfaat penggunaan tenda membran serta desainnya yang bisa Anda gunakan. Meski banyak atap terbuat dari bahan lain, tapi atap kanopi ini memiliki banyak keunggulan sehingga sangat pantas dipakai untuk atap ruangan outdoor.