Harga Batu Bata, Fungsi dan Keunggulannya

Harga Batu Bata, Fungsi dan Keunggulannya! Salah satu bahan terpenting dalam konstruksi bangunan adalah batu bata. Batu bata telah dipilih menjadi elemen pembangun tembok dari dulu hingga sekarang. Batu bata menjadi bukti perkembangan pembangunan setelah di zaman dulu orang lebih banyak menggunakan anyaman bambu atau daun sebagai tembok rumah. Kemudian penggunaan batu bata di masa sekarang juga mulai tergeser dengan munculnya jenis material lainnya seperti gypsum.

Batu Bata

Batu Bata

Batu bata hanya satu dari banyak jenis bahan bangunan yang saat ini banyak beredar. Munculnya berbagai jenis bahan bangunan ini menjadi alternatif pilihan bagi Anda saat ingin membuat bangunan. Anda bisa memilih salah satu jenis material bangunan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan konsep bangunan serta besarnya anggaran yang Anda siapkan. Sebelum memutuskan ingin memakai material yang mana, sebaiknya Anda pelajari dulu jenis-jenisnya hingga harga batu bata.

Batu bata merupakan jenis material yang paling tua. Meski begitu, batu bata masih sering dijadikan pilihan pertama dalam menciptakan bangunan hingga kini. Alasannya karena batu bata ternyata memiliki lebih banyak keunggulan dibanding jenis material lainnya. Walaupun saat membeli batu bata, Anda harus tetap memastikan kualitasnya. Harga batu bata juga selalu menjadi informasi yang tetap diburu dan ditunggu di tengah perkembangan material lainnya. Batu bata tetap menjadi pertimbangan untuk digunakan di antara material lainnya.

Jenis pertama dari batu adalah batu bata pasir kapur yang dibuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1 : 8 serta air yang ditekankan kedalama campuran sehingga membentuk batu bata. Jenis kedua adalah batu bata tanah liat yang terbuat dari tanah liat dengan 2 kategori yaitu bata muka dan bata biasa. Bata muka adalah jenis yang memiliki permukaan yang baik dan licin dan mempunyai warna dan corak yang seragam. Bata muka digunakan sebagai dinding dan sebagai penutup dinding dan sebagai dekorasi.

Kategori kedua yaitu bata biasa memiliki permukaan, warna yang tidak menentu, dan digunakan untuk dinding dengan menggunaka campuran semen sebagai pengikat. Bata jenis ini juga sering disebut sebagai bata merah. Bata merah inilah yang paling sering digunakan sebagai bahan bangunan sejak zaman dulu. Bata merah masih lebih sering digunakan daripada bata ringan atau batako press. Karena selain sudah teruji kekuatannya, mendapatkan jenis material ini pun tidak sulit. Harga batu bata merah juga relatif lebih murah.

Batu bata merah adalah bata yang dibuat dari tanah liat yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu sangat tinggi. Proses pembakaran ini menjadikan batu bata benar-benar kering, mengeras, dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang digunakan dalam proses pencetakan juga bukan sembarang tanah, tetapi tanah yang agak liat sehingga bisa mudah menyatu saat proses pencetakan. Karena bahan pembuatnya ini, harga batu bata menjadi berbeda dengan material yang lebih modern.

Rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan menampakkan kesan klasik. Dinding batu bata lebih kuat dan kokoh, sehingga jarang sekali terjadi keretakan dinding yang dibangun dari material bata merah. Selain itu material ini juga dikenal tahan lama dan sangat tahan terhadap panas sehingga dapat menjadi perlindungan tersendiri bagi bangunan Anda dari bahaya api. Dengan semua keunggulan ini, Anda tetap bisa mendapatkannya dengan harga batu bata yang tidak terlampau mahal.