Jenis Kabel Perlu Anda Ketahui untuk Peralatan Rumah

Jenis Kabel Perlu Anda Ketahui untuk Peralatan Rumah – Meski sama-sama berfungsi untuk listrik, namun sebenarnya jenis kabel listrik rumah memiliki beberapa jenis spesifikasi dan fungsi yang berbeda. Dalam proses instalasi listrik, pemilihan kabel daya rumah sangat penting dan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Jenis Kabel

Jenis Kabel

Tujuannya agar instalasi listrik dapat dipasang dan berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan dalam operasinya. Di Indonesia, semua komponen listrik telah diatur sehingga standarnya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan ditentukan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Dalam artikel terbaru ini akan saya jelaskan Jenis Kabel yang perlu anda ketahui.

Tidak hanya itu, semua peralatan listrik termasuk kabel listrik rumah harus lulus uji kelayakan. Ini telah diatur dalam Persyaratan Instalasi Listrik Umum paragraf 202 A2 di mana semua peralatan listrik harus memenuhi Persyaratan Instalasi Listrik Umum. Anda bisa memesan kabel terbaik di Distributor Kabel Supreme.

Nah, jika Anda ingin memilih kabel listrik rumah yang sesuai dengan spesifikasi dan standar di atas, Anda bisa memilih jenis kabel di bawah ini.

Kabel NYA

Kabel listrik jenis ini biasa digunakan untuk instalasi listrik di rumah. Ukurannya cukup kecil, hanya sekitar 1,5 mm2 hingga 2,5 mm2 dapat digunakan untuk pemasangan lampu dan pemasangan soket. Bentuknya sendiri memiliki inti tunggal dan dilapisi dengan isolasi PVC. Kabel HIS tersedia dalam warna merah, kuning, biru dan hitam. Sayangnya, isolasi tipisnya membuat kabel ini mudah cacat, tidak tahan air, dan mudah digigit tikus.

Kabel NYM

Kabel NYM dapat digunakan untuk instalasi listrik rumah dan bangunan dan biasanya digunakan di lingkungan yang kering atau basah, tetapi mungkin tidak ditanam. Inti dari kabel ini terdiri dari 1 hingga 4 core dan dilapisi dengan lapisan isolasi PVC. Dengan isolasi yang lebih tebal, kabel ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik daripada kabel HIS.

Kabel NYY

Kabel tipe NYY ini dilapisi dengan lapisan isolasi hitam dan memiliki 2 hingga 4 core. Biasanya, kabel NYY digunakan untuk menanam instalasi kabel karena mereka memiliki lapisan insulasi yang lebih kuat. Lapisan isolasi pada kabel ini tidak disukai oleh tikus sehingga cocok untuk instalasi penanaman.

Apa Saja Jenis Kabel yang Perlu Anda Ketahui?

Kabel NYAF

Kabel listrik rumah berikutnya adalah kabel NYAF yang memiliki tipe fleksibel dan disertai dengan konduktor tembaga berisolasi PVC. Kelebihan kabel listrik NYAF ini membuatnya cocok untuk instalasi panel yang membutuhkan tingkat fleksibilitas tinggi. Pilihan warna insulasi yang tersedia adalah merah, biru, hitam, dan juga kuning.

Kabel NYFGbY

Untuk kebutuhan instalasi bawah tanah yang membutuhkan perlindungan tinggi, kabel NYFGbY adalah pilihannya. Kabel ini cocok untuk ruang bawah tanah atau saluran terbuka untuk menghindari gangguan mekanis. Selain itu, kabel ini juga digunakan untuk tegangan regangan tinggi selama pemasangan dan operasi.

Kabel BC

Kabel selanjutnya adalah jenis kabel listrik yang sering digunakan sebagai penangkal petir, kabel BC. Ini adalah kabel model terdampar yang disatukan dan memiliki ukuran 6 – 500 mm2 dengan tegangan 500 V. Selain penangkal petir, kabel jenis ini juga digunakan untuk garis tanah di atas.

Baca Juga : Cara Belajar Wifi dan Meningkatkan Kecepatannya

Kabel ACSR

Jenis kabel terakhir dari kabel listrik rumah adalah kabel ACSR yang berfungsi sebagai kabel penghantar dan terdiri dari kawat baja inti aluminium. Penggunaannya sangat berbeda dari kabel lain karena kabel ACSR digunakan untuk saluran transmisi tegangan tinggi. Biasanya, saluran transmisi tegangan tinggi dipasang pada kutub yang terletak berjauhan satu sama lain dan karenanya membutuhkan kabel yang memiliki tarikan kuat seperti kabel ACSR.