Keunikan Budaya dan Pariwisata Indonesia

Keunikan Budaya dan Pariwisata Indonesia – Alam dan budaya Indonesia selalu menarik untuk dijelajahi. Keragaman lanskap alam dan budaya adalah alasannya. Dari Sabang hingga Merauke, keindahan alam Indonesia hadir dengan raut wajah yang beragam. Baik pantai, pegunungan, perkampungan adat, hingga budaya masyarakat lokalnya memiliki minat dan keunikan masing-masing. Tak heran jika banyak turis mancanegara yang terpikat dengan keindahan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa keunikan budaya dan pariwisata Indonesia yang tidak akan ditemukan di negara lain.

Keunikan Budaya

Keunikan Budaya

Makam Bayi Toraja

Pemakaman di Toraja memang memiliki tradisi yang cukup unik. Seperti tradisi pemakaman Rambu Solo dan ritual berjalan jenazah. Namun terlepas dari kedua tradisi tersebut, ada budaya lain yang cukup unik. Ada kuburan khusus untuk bayi yang mati sebelum mereka memiliki gigi. Keunikan Budaya ini di Kambira, bayi-bayi itu diletakkan di peti kecil dan kemudian dilampirkan pada pohon yang disebut pohon Tarra.

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan pemandangan yang menakjubkan. Reputasinya semakin melambung karena merupakan habitat komodo. Namun kawasan sekitarnya juga memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Pulau Komodo memiliki lanskap hijau selama musim hujan. Keindahan alamnya juga tak terbantahkan. Serta pemandangan pantai dengan pasir berwarna pink.

Danau Kakaban

Ubur-ubur yang tidak menyengat merupakan salah satu hewan unik yang bisa ditemukan di Danau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan. Jika Anda berkunjung ke sini, teman seorang pelancong dapat menemukan dan berenang dengan ubur-ubur yang tidak menyengat. Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau, dua di antaranya tidak berpenghuni. Berbeda dengan danau pada umumnya, tempat ini mengandung air asin.

Apa Saja Keunikan Budaya dan Pariwisata Indonesia?

Danau Kelimutu

Keunikan alam Indonesia lainnya bisa disaksikan di Flores. Generasi 90-an tentunya sudah tidak asing lagi dengan Danau Kelimutu. Telaga yang juga dikenal dengan Telaga Tiga Warna ini pernah menghiasi wajah uang kertas Rp5.000. Bahkan tiga warna di dalam air bisa berubah. Itu tergantung pada gas, suhu, dan mikroba di dalamnya.

Berbagai macam keindahan alam bisa ditemukan di pariwisata Indonesia. Dari barat ke timur, ada destinasi wisata yang siap dijelajahi. Asalkan jaga dan jangan sampai rusak karena sampah atau kelalaian wisatawan. Jaga keindahan alam Indonesia ya sobat traveller untuk info lebih lanjut Anda bisa kunjungi Budaya di indonesia terkini.

Menggila di Banyuwangi, Jawa Timur

Kebo-keboan diadakan untuk meminta kesuburan di ladang dan hasil panen yang melimpah. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Banyuwangi khususnya Suku Osing. Setiap tahun, Anda bisa melihat kebosanan di desa Alasmalang dan Aliyan pada 10 Muharram atau Suro. Acara diawali dengan mengarak orang-orang dengan arwah supranatural untuk dibawa ke Rumah Budaya Kebo-keboan. Terakhir ada Dewi Kesuburan dan Dewi Sri yang menabur benih padi untuk petani dan kebo.

Ikipalin di Papua

Suku Dani di Lembah Baliem, Papua, memiliki cara yang cukup ekstrim dalam mengungkapkan kesedihannya. Jika ada anggota keluarga atau kerabat yang meninggal, jari mereka akan dipotong. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya musibah yang membuat nyawa hilang terulang kembali. Ikipalin dilakukan dengan menggunakan benda tajam, seperti pisau, kapak, parang, atau lainnya. Untungnya, dengan dibukanya suku Dani, kini banyak orang yang mulai meninggalkannya.

Baca Juga: Jenis Jenis Permainan Tradisional di Indonesia

Keturunan Tionghoa di Bagan Siapiapi, Riau, memiliki tradisi khusus setiap bulan Juni yang disebut Bakar Tongkang. Awalnya, tradisi ini adalah bentuk keputusasaan dari komunitas negara tetangga untuk menetap di suatu daerah. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini menjadi pengingat bagi masyarakat.

Bagan Siapiapi untuk tidak melupakan kampung halamannya. Ritual ini dilakukan dengan membuat kapal layar yang nantinya akan dibakar. Sebelumnya, pura di sekitarnya mengadakan upacara pemanggilan roh. Setelah itu ruh akan ditanamkan ke dalam diri orang yang mau menjadi perantara.  Demikianlah Artikel tentang Keunikan Budaya dan Pariwisata Indonesia semoga bermanfaat.