mdm Zinc? Real Desktop Application with Flash


Zinc adalah program SWF2EXE pertamakali dan satu-satunya untuk mengkompilasi applikasi Windows, Mac OSX dan Linux dari Proyek SWF tunggal. Kecuali dalam OS Linux, Command Zinc hanya akan berfungsi pada applikasi yang dibuat dengan Action Script 3.

Dengan kata lain, Zinc adalah program yang dapat membuat output flash SWF Anda menjadi sebuah applikasi desktop stand-alone. Berbeda dengan Adobe AIR (Apollo). Adobe AIR merupakan runtime, seperti Flash Player yang memerlukan installasi pada sistem end-user-nya. Runtime ini kemudian memungkinkan applikasi AIR (atau web berbasis RIA yang dikembakan dengan Flash/Flex) untuk dijalankan pada Desktop, bahkan jika tidak ada koneksi internet yang tersedia.

Adobe AIR diarahkan untuk pengembangkan RIA untuk Internet pada awalnya, dan kemudian mampu dijalankan pada desktop melalui AIR Runtime. Sedangkan Zinc adalah dedicated developement tool untuk membuat Applikasi Flash/Flex untuk Dekstop Application  yang tidak memerlukan komponen lebih lanjut untuk dapat menjalankannya, dan menyediakan dukungan dan akses terhadap sejumlah fungsi yang jauh lebih besar khusus untuk application dekstop based.

Continue Reading

Ayo diskusi masalah demo SOP UAD…


Terdengar segelintir kata dari salah satu dosen, “Kamu harus bisa menjawab teman-teman kamu yang demo itu”

Saya salah seorang yang tidak ikut demo, tapi saya dapat mendengar teriakan-teriakan itu dari gedung ITC  saat demo berlangsung di kampus satu…

MARI KITA DISKUSI!!

SOP DIREVISI!!

Berbagai unex-unex terngiang dari loudspeaker… Mereka menyesalkan adanya lebih dari 3.772 mahasiswa di 7 fakultas tidak dapat mengikuti UAS pada 138 mata kuliah karena presensi kehadiran 75 persen yang dianggap tidak mencukupi,… berikut berita tersebut saya ambil dari http://persma.com :

Sekitar 250 mahasiswa UAD melakukan aksi demonstrasi menuntut haknya sebagai mahasiswa setelah menunaikan kewajibannya. Aksi dimulai di kampus II UAD pukul 9.30 dengan orasi untuk menggalang massa. 30 menit kemudian pindah ke kampus III. Mimbar demokrasi dibuka. Perwakilan-perwakilan mahasiswa menyampaikan tuntutan dan aspirasi tentang mahasiswa. sekitar pukul 11.00 massa longmarch dari kampus III menuju kampus I. Melewati Jl. Soepomo – Jl. Kusumanegara – Jl. Kapas. Keamanan dari Polsek Umbulharjo berjaga-jaga, mengiringi massa. Sampai di kampus I massa tetap tertib. Satu komando, satu tujuan.

Continue Reading

Islam Moderat adalah Sebuah Paradoks


Jurnal Ma’arif [Vol. 3, No.1, Feb 2008]

Oleh Ahmad Najib Burhani*

Moderation
“Moderation” … is Russell’s Paradox,
Reduced to a single word.
For being moderate in moderation,
Means one is immoderate in some respect;
And if one is completely moderate,
One is immoderate in moderation.

Rabbi Amos Edelheit
Willimantic, Conn.

Dalam wacana keberagamaan sekarang ini, istilah moderat memiliki konotasi yang sangat positif. Moderat adalah kata yang menghipnotis. Islam moderat, misalnya, dimaknai sebagai Islam yang anti-kekerasan dan anti-terorisme. Islam moderat identik dengan Islam yang bersahabat, tidak ekstrem kanan dan tidak ekstrim kiri. Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah pun dengan tegas mengklaim dirinya sebagai representasi dari Islam yang moderat, bukan liberal dan juga bukan fundamentalis.

Landasan teologis-ontologis pun dibangun untuk mengokohkan pilihan ini. Dalam beberapa kesempatan Azyumardi Azra, direktur pascasarjana UIN Jakarta, dan Din Syamsuddin, ketua umum Muhammadiyah, menjelaskan bahwa istilah Islam moderat memiliki padanan dengan istilah Arab ummatan wasathan atau al-din al-wasath (Qs 2:143) yang berarti “golongan atau agama tengah”, tidak ekstrim. Bagi Ali Syariati, pembaharu Islam di Iran, dan Buya Hamka, tokoh Muhammadiyah, al-din al-wasath berarti Islam berada di tengah antara esoterisme Kristiani dan eksoterisme Yahudi.

Continue Reading

Sebuah hadiah dari Ayahku dari abad ke-12…


Hari ini, merupakan awal-awal bulan Desember… Bukan sebab hari spesial…. Bukan sebab bahwa saya melakukan hal yang berbeda… Bukan sebab bahwa saya telah membahagian mereka… Bukan sebab juga saya telah meraih prestasi dengan piala ke emas-emas an…

Bukan sesuatu yang dibeli dengan beberapa lembaran 100ribuan…. Bukan merupakan hal yang sangat besar… Tapi juga bukan merupakan sesuatu yang sangat kecil… Bukan sesuatu yang hanya bisa diuruai oleh bakteri-bakteri pembusuk yang butuh waktu ratusan tahun… Bukan juga sesuatu yang langsung habis dimakan dalam 1 lahapan… Bukan sesuatu dengan hal yang sangat amat istimewa… Bukan juga merupakan pemberian yang dinanti-nantikan…

Bukan sesuatu yang baru… bukan juga seuatu yang sudah kuno… Tapi ini merupakan sesuatu yang berasal kurang lebih 800 tahun yang lalu… Bukan karena ayahku menyimpannya… Bukan juga karena sesuatu yang turun menurun dari nenek moyang…

Penasaran kan? Read more nya tak pasang disini aja de, biar pada penasaran dulu… Hehehehehe

Continue Reading

2012! KONTROVERSI!!


5

ea… lihat judulnya aja udah buset… apa pula ini… ni anak suka protes aja… Hahahaha, emang saya lebih suka protes… ya iya lha… setidaknya saya berpegang teguh dengan kata bijak “MAHASISWA HARUS BERPIKIR KRITIS!”

pertama-tama saya mohon maaf, mungkin topiknya sudah jadul… Waktu HOT HOT nya kemarin malah ketimpa proyek.. jadi sibuk… maaf klo REPOST!

Kita mulai saja… Sejak pertama kali film 2012 yang di sutradarai oleh Roland Emmerich, Salah satu anggota MUI Malang (daerah) langsung mengambil kesimpulan bahwa FILM 2012 Dilarang beredar/Hukumnya haram, dsb dsb. Dan kemudian di MUI Banjarmasin(daerah) juga mengambil kesimpulan yang sama dengan MUI Malang.

Alasan mereka (maaf, saya berbicara bukan mengatasnamakan MUI) yang melarang 2012 adalah :

  1. Takut merusak aqidah umat islam akan terjadinya hari kiamat.
    Alasan mereka adalah: hari kiamat itu harus kita percayai tapi, jangan digambarkan oleh sesuatu seperti film tersebut. ( ya iya lha, yang tau kiamat kan cuman nabi Muhammad – isra’ mi’raj)
  2. Film yang menghina umat islam
    Alasan mereka adalah: masjid-masjid pada hancur dan sedangkan orang yang masuk gereja pada selamat.
  3. Film 2012 perlu diperiksa ulang ijin edarnya
    Alasan mereka adalah: itu kan film buatan orang orang amerika yang pastinya selalu meng-super hero kan amerika, sedangkan umat islam terbantai
  4. Tidak ada manfaat setelah menonton 2012

4 itu aja de alasan nya…. Dari sini saya akan mulai menanggapi semua itu baik yang PRO dan KONTRA.

Continue Reading

Detik detik disaat ujian….


Sharing pengalaman lagi ah..  Minta maaf dolo ma pihak-pihak klo dah yang tersandung. No-Offense

Sudah 2 minggu ini UAD telah menyelenggarakan Ujian Mid Semester. Mid Semester dengan prioritas 20-30% pada total penilaian ada yang menganggap bahwa hal itu adalah biasa-biasa saja, ada juga yang beranggapakan cuek, ada juga yang menjadikan hal itu sebagai modal awal untuk mendapatkan nilai bagus pada mata kuliah tersebut. Ya tentu pemikiran orang berbeda-beda…

Bicara dari persiapan sebelum ujian, banyak sekali mahasiswa yang menggunakan sistem SKS, Sistem Kebut Semalam, ya mungkin termasuk saya salah satu diantaranya. Pada malam sebelum ujian, banyak mahasiswa saling bertanya kepada temannya, berikut bertanyaan dan tanggapannya dari saya

  • Punya materi mata kuliah ini gak??
    Lho kok malah bertanya, brarti dr kemarin masuk kuliah gak ada merhatiin dosen nya ngomong ya?
  • Punya soal tahun lalu gak???
    ini nih, yang pualing di incer ama mahasiswa. Apa lagi dosen dosen yang biasanya sering copas tahun lalu. Enak bener uy…. Saya termasuk mahasiswa yang mungkin senang jika ada mendapatkan soal ujian tahun lalu. Ya setidaknya mengurangi 50% dari kepanikan. Tapi klo bicara secara bijak, masak ngandalin soal tahun lalu, kayak gak percaya pada dirisendiri aja. Ya mau gimana lagi? terbukti banyak dosen yang hanya copas soal dari tahun lalu. Kan ini kesampatan. Mahasiswa berpikir kritis dong. Hahahaha
  • Besok ujiannya close book atau open book??
    Secara, ngapain klo close?? ngapain klo open?? Klo close, mau baca-nya nglembur sampe pagi? klo open, mau langsung tidur aja? Apapun bentuk sifat soalnya, sebagaikanya lakukanlah persiapan sebisa mungkin. Cari-cari materi, ngumpulin catatan sampai bahkan membuat contekan!! Klo open book ya kan tinggal berpikir “Alhamdulillah jawabannya bisa sama dengan buku, tingkat kebenaran jadi 100%” Klo close book kan, “Ya semoga apa yang dipelajari tadi malam keluar”.

Continue Reading

Tolong lebih perhatikan kami??? (buat dosen SI dan Mahasiswa SI’07)


The_Lesson_by_HobbleSkirt
Postingan ini diberi judul “Tolong lebih perhatikan kami“. Dari siapa dan untuk siapa? Dari dosen untuk mahasiswa? atau dari Mahasiswa untuk dosen?. Disini saya hanya ingin mengeluarkan unex-unex saya sebagai mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jadi sebelumnya saya minta maaf jika ada pihak yang kurang berkenan atas coretan saya ini.

Keinginan saya menulis hal ini ketika mulai tadi pagi saya disuruh oleh salah satu dosen saya untuk menerangkan installasi cakephp dan webserver. Saya sangat tidak keberatan melakukannya, bahkan saya merasa senang karena diberi kepercayaan untuk menerangkan materi tersebut didepan murid-murid yang sekaligus teman sekelasku. Tapi bukan ini yang akan saya sampaikan…..

Mahasiswa semester 5 prodi Sistem Informasi angkatan 2007, dosen Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan yang semuanya sudah mendapatkan julukan “master”.

Continue Reading

Action Photoshop? Pasti ketagihan!!


Pada posting sebelumnya, saya sudah mengulas tentang fitur Brush pada photoshop. Sekarang saya akan membahas tentang fitur Photoshop yang akan membuat anda ketagihan menggunakannya. Yaitu “ACTION”. ( Just Share! )

Apa sih ACTION itu? Secara teoritis, ACTION adalah bagian dari scripting pada photoshop yang nantinya akan dijalankan secara otomatis seperti pada batch processing yang pernah saya bahas. Tapi ini menggunakan SCRIPT. Tapi pada kasus kali ini saya tidak membahas tentang scripting photoshop action tersebut. Saya hanya ingin bagaimana kita mengoptimalkan foto kita menggunakan ACTION tersebut. Membuat foto yang kita edit menjadi lebih “WAH!” lebih cool! dengan re-touching‘nya tanpa kita perlu skill foto editing yang advance.  Langsung ke contoh ae lah.

O ia, tambahan : yang saya gunakan adalah foto saya. Harap maklum jika mengandung unsur narsis. (Halah~) dilarang protes!

20068221624983603[1]

b1b2Lomo (Original)

Continue Reading

Cara men-sniffing password menggunakan WireShark


Tugas KAMPUS LAGE!!!! Sharing dolo….

Karena ini hanya sebagai latihan atau pembelajaran, maka kita hanya melakukannya pada computer local saja. Jadi pertama-tama buka lah halaman web yang nantinya akan menjadi target sniffing kita. Sebagai contoh halaman admin blog UAD. http://blog.uad.ac.id/latif_ilkom/wp-admin . Isikan dahulu username dan password kita. Jangan di tekan LOGIN dulu

1

Buka program wireshark.

2

Pertama masuk pada Capture – Option atau menekan tombol Capture Interfaces

3

Kemudian akan muncul tampilan window Capture Interfaces. Pilih Option pada Ethernet yang terpakai / yang tersambung dengan jaringan dalam kasus ini, Option pada 802.11 b+g Wireless LAN

5

Continue Reading

Cara dapetin status “facebook for BlackBerry” di facebook


Sekarang beneran ni, gak kayak postingan saya sebelumnya yang facebok for iphone.. itu cuman bercandaan. Hahahahaha. Tapi sekarang beneran ni.. simak ya..

ni contoh nya :

11

Trus emang gunannya apa gitu klo ada tulisannya “via Facebook for BlackBerry”? Dari survey, membuktikan bahwa seseorang lebih dominan melihat status di facebook dari pada liat BlackBerry punya orangnya.

Pertama, yang penting blackberry, mau blackberry jawa pun gak masalah, wkwkwkwkwk… tapi harganya masih 1 jeti je….. nah dengan cara saya berikut, Anda bisa mendapatkan status Facebook for BLackBerry hanya dengan modal komputer waras dan jaringan internet yang cukup waras juga. Klo diitung-itung ya cuman butuh kluarin duit 5rebu buat pergi ke warnet.

Oke langsung aja gak usah pake banyak nge-bacot nya. Pertama-tama, donlot program-program berikut :

Blackberry smartphone simulator

12

Blackberry Email and MDS Simulator

13

JDK (java development kit)

14

NB: Donlot nya pake register dolo. Tapi gratis kok

Continue Reading

Skip to toolbar