mdm Zinc? Real Desktop Application with Flash


Zinc adalah program SWF2EXE pertamakali dan satu-satunya untuk mengkompilasi applikasi Windows, Mac OSX dan Linux dari Proyek SWF tunggal. Kecuali dalam OS Linux, Command Zinc hanya akan berfungsi pada applikasi yang dibuat dengan Action Script 3.

Dengan kata lain, Zinc adalah program yang dapat membuat output flash SWF Anda menjadi sebuah applikasi desktop stand-alone. Berbeda dengan Adobe AIR (Apollo). Adobe AIR merupakan runtime, seperti Flash Player yang memerlukan installasi pada sistem end-user-nya. Runtime ini kemudian memungkinkan applikasi AIR (atau web berbasis RIA yang dikembakan dengan Flash/Flex) untuk dijalankan pada Desktop, bahkan jika tidak ada koneksi internet yang tersedia.

Adobe AIR diarahkan untuk pengembangkan RIA untuk Internet pada awalnya, dan kemudian mampu dijalankan pada desktop melalui AIR Runtime. Sedangkan Zinc adalah dedicated developement tool untuk membuat Applikasi Flash/Flex untuk Dekstop Application  yang tidak memerlukan komponen lebih lanjut untuk dapat menjalankannya, dan menyediakan dukungan dan akses terhadap sejumlah fungsi yang jauh lebih besar khusus untuk application dekstop based.

Zinc merupakan development tool untuk membangun applikasi Dekstop dari file Adobe Flash(SWF). Zinc menawarkan tingkat fungsionalitas dan possibilitas yang sama dengan bahasa program applikasi yang populer seperti C++, Visual Basic, .NET, dan Delphi. Namun, Zinc memberikan kemudahan penggunaan kepada pemula untuk memulai membuat Read Desktop Applications dalam beberapa menit.

Berikut contoh program dari tiap applikasi agar Anda lebih dapat memahami perbedaannya.

MDM Zinc : Populate DataGrid Component with Database Data

Adobe AIR : Download Employee Directory**

**Note : Anda harus mempunyai Runtime Adobe AIR yang sudah terinstall pada komputer Anda untuk menjalankannya.

Tutorial atau panduan livedocs yang disediakan di website mdmZinc ditujukan kepada pengguna yang memang baru dalam konsep Applikasi SWF2EXE. Pengembang akhir harus memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan ActionScript Flash, tetapi sebaliknya, tanpa harus mempunyai pengalaman sebelumnya.

Tentu semua panduan pembelajaran dalam bahasa pemrograman diawali dengan “Menampilkan kalimat “Hallo Dunia!””

Step 1 : Membuat Applikasi Flash

  1. Buat file FLA baru pada Flash® versi 8 atau diatasnya (ActionScript 2)
  2. Buat tombol baru atau mengambil pada Window -> Components (Ctrl+F7), kemudian tarik ke layar kerja Anda
  3. Beri Instance Name pada tombol Anda dengan nama “tombol” (tanpa tanda petik).
  4. Klik frame 1, atau masuk pada main timeline, buka jendela Action, Window -> Action atau tekan (F9). Kemudian tulis kode berikut :tombol.onRelease = function() {
    mdm.Dialogs.prompt("Hallo Dunia!");
    }

    Atau jika Anda masih menggunakan teknik ActionScript lama, Anda dapat menuliskan kode berikut pada bagian Action Component (button)

    on(release) {
    mdm.Dialogs.prompt("Hallo Dunia!");
    }

Code tersebut adalah bagian dari {mdm}Script API dan akan menjalankan jendela dialog prompt

Kode ini adalah format standar sintaks {mdm}Script, dan memiliki 2 attribut yang berbeda :

  • Sesuai dengan struktur ActionScript
  • Hanya satu baris kode. Dengan maksud bahwa programmer pemula dapat menggunakan {mdm}Script untuk membuat Applikasi Desktop

Gambar keterangan Step 1

Step 2 : Meng-compile applikasi Zinc

  1. Masih pada program Flash, export kerjaan Anda sebagai SWF (File -> Export -> Export Movie)*
    Note : Ketika membangun Applikasi Zinc dengan ActionScript 2.0, Anda harus ingat untuk set Flash 8 ketika meng-export SWF movie.
  1. Jalankan Zinc 3.0 Builder dan pilih new project (File -> New). Direktori tempat Anda mengambil file SWF, akan menjadi tempat menyimpan Project Zinc nantinya.
  2. Pilih File SWF yang telah di export seperti pada Step 1
  3. Karena kita menggunakan command Dialogs.prompt(), kita perlu membuka panel Extensions (terletak pada bagian bawah tampilan) dan beri tanda centang pada modul “Dialogs”. Dengan itu maka kita akan dapat menjalankan perintah Dialogs
  4. Tekan tombol Build Project atau Project -> Build Project, tekan tombol Build untuk meng-compile file SWF Anda menjadi file executable yang dapat berjalan seperti Applikasi Desktop pada umumnya.

Gambar keterangan Step 2

Referensi : LiveDocs mdm Zinc

Ayo diskusi masalah demo SOP UAD…

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

 

Skip to toolbar