Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

By | July 4, 2019

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Kata “tsunami” berasal dari bahasa Jepang “tsu” yang berarti ‘pelabuhan’ dan “nami” yang berarti ‘gelombang’. Namun, para ilmuwan mengartikan tsunami dengan ‘gelombang pasang’ (tidal wave) atau dikenal juga dengan sebutan gelombang laut karena gempa (seismic sea waves). Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombangnya yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai. Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun di sepanjang patahan selama gempa terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami


Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan yang terjadi, makin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Selain itu, tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan sekitarnya sangat tinggi. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai. Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat daripada gelombang normal. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan ketinggian 30 sampai dengan 50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika gelombang tsunami memasuki air dangkal, kecepatannya akan menurun dan ketinggiannya akan bertambah. Ketinggian gelombang itu juga bergantung pada bentuk pantai dan kedalamannya.


Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami dan sangat berbahaya bagi manusia. Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang besar. Tsunami selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang paling besar terjadi ketika gelombang besar tsunami itu mengenai permukiman manusia sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Diolah dari sumber http://www.crayonpedia.org/mw/Peristiwa_Alam_di_Indonesia_6.2


Pengenalan struktur contoh teks eksplanasi (1) judul, (2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena, (3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan (4) simpulan.

3. Ciri-ciri bahasa: – Kalimat kompleks – Konjungsi (pertama, sebaliknya, meskipun, oleh sebab itu, dll) – Kata kerja – Pilihan kata

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan ke-1 a. Pendahuluan (10 menit ) 1) Peserta didik berdoa dan merespon salam serta pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 2) Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3) Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran peserta didik agar memahami alam sekitar/ lingkungan, peserta didik diajak bernyanyi tentang Pemandangan dari Lirik lagu A.T. Mahmud (buku peserta didik hlm. 113) 4) Pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang lingkungan alam berdasarkan Lirik lagu A.T. Mahmud.

5) Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang sifat baik orang yang gemar mendokumentasikan keindahan lingkungan dalam bentuk tulisan maupun gambar. 6) Peserta didik menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, pembelajaran yang akan dilakukan 7) Pendidik dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.

 

Baca Juga :