10 Masakan Indonesia yang Paling Enak Menurut Saya

Indonesia begitu kaya. Nggak cuma kaya SDA, dan bahasa, Indonesia faktanya juga kaya variasi masakan. Tiap-tiap wilayah memiliki identitas masakan sendiri-sendiri. Kekayaan kuliner ini juga tidak boleh lepas dari penjagaan. Masyarakat dan negara harus bebarengan menjaga harta para pendiri bangsa ini supaya tak asal diambil oleh bangsa lain.

Kuliner Indonesia juga layak dibanggakan. Nggak kalah enak dengan masakan dari negara-negara modern-day lainnya. Variasi bumbu rempah-rempah menjadi ciri khas kenikmatan masakan Indonesia. Sesuai yang kita ketahui, rempah-rempah juga baik untuk menjaga kesehatan.
Inilah 10 masakan khas Indonesia yang sangat terkenal di Indonesia dan manca negara.

 

1. Empek-Empek Palembang

Empek-empek dari Palembang. Pasti kamu sudah nggak asing menjumpai kata empek-empek. Makanan ini sangat sederhana menurut saya, yakni ulenan antara tepung dan ikan kemudian digoreng. Akan tetapi makanan ini sangat disukai oleh masyarakat, tak terkecuali para turis yang berwisata ke Sini.

Tidak aneh, empek-empek ada dimana-mana, mulai dari pedagang pinggir jalan sampai coffee shop besar. Pastinya harga dan kualitas mereka yang bikin beda. Bahkan akhir-akhir ini sudah mulai banyak yang memasarkan empek-empek melalui medsos.

2. Pecel

Makanan khas dari Madiun Prov. Jatim ini telah menjadi santapan sehari-hari di manapun. Biasanya menjadi santapan utama buat makan pagi. Makanan berupa kulupan yang diguyur dengan sambal kacang ini tak bisa dipisahkan dari warga Jawa khususnya.

Cita rasa pecel murni ya ada di Madiun. Akan tetapi saat ini setiap daerah memiliki ciri khas pecel sendiri-sendiri.

3. Nasi Goreng

Dari anak sampai orang dewasa semua senang nasi goreng. Sampai-sampai akhir-akhir ini salah satu mantan club MU – Rio Ferdinand– share cerita pikniknya ke Singapura di media sosial, dan pada Sabtu lalu dia mengunggah foto selfie dengan nasi goreng di Medsosnya dengan hashtag Singapura.

Masakan yang mudah ditemui di pinggir jalan, cafe sampai restoran ini sangat mudah dibuat loh. Yakni dengan menggoreng nasi, sayur dan bumbu jawa ditambah margarin. Agar lebih mantap biasanya dicampuri gorengan telur atau ayam goreng.

4. Rendang Padang

Siapa yang nggak kenal rendang. Makanan ini sudah dua kali dianggap sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN. Rendang pun hampir diklaim oleh bangsa lain. Siapa yang menyangka, rendang asalnya dari daerah Indonesia, lebih tepatnya Padang Sumatra Barat.

Rasa lezat rendang yang nggak ada duanya ternyata memang cocok dengan cara memasaknya yang ribet. Yakni dengan memasak daging dalam santan hingga kering, setelah kering diberi santan lagi, lalu dimasak lagi sampai kering. Begitu seterusnya sampai benar-benar masak.
Tak heran, bahwa rendang asli Padang bisa bertahan sampai berminggu-minggu tanpa dipanaskan. Kalau tinggal di jakut, Anda bisa mencicipi rendang di Bunayya Aqiqah Jakarta Utara. Enak dan empuk dagingnya.

5. Bakso

Bakso, atau bahasa bulenya meatball pasti ada di setiap daerah di Indonesia. Mimin sendiri yang sempat tinggal di Malang sangat populer dengan bakso malang. Tentunya bakso Malang memiliki kelebihan tersendiri. Selain murah, bakso juga bergizi, karna rata-rata terbuat dari daging sapi. Kalaupun ada sebagian yang sengaja menjajakan bakso ayam, tapi itu tidak banyak.

6.Gado-gado

Seperti namanya, gado-gado merupakan makanan yang tersusun dari berbagai macam rebusan sayur-mayur. Setelah itu dibumbui dengan saus ulekan kacang. Untuk menambah enak umumnya ditambahkan irisan telur dan bawang goreng. Hidangan yang hampir sama dengan karoket ini bermula dari suku Betawi.

7. Soto

Soto agaknya telah menjamur di Indonesia. Bahkan setiap wilayah memiliki kekhasan masing-masing, ada soto padang, coto makassar, soto betawi, dan lain-lain. Pada awalnya soto berwujud kuah bening kekuningan yang ditaburi dengan suwiran daging, rebusan telur dan mie. Jikalau terdapat wujud lain dari soto, ya itulah kekayaan kuliner negara kita.

8. Rujak

Sebenarnya rujak tradisional cuma berbentuk rajangan buah dan sayuran. Selanjutnya disiram dengan bumbu khusus. Seiring berubahnya zaman, rujak berubah menjadi bermacam macam bentuknya. Ada rujak petis, rujak buah, rujak tahu dan lain sebagainya. Macam rujak ini berasal dari perbedaan macam buah dan campuran bumbu rujak itu sendiri. Setiap daerah memiliki khas buah dan sayur masing-masing. Itulah kekayaan kuliner Indonesia.

9. Ketoprak

Sedapnya resep ketoprak khas Betawi dengan lontong dan saus kacangnya. Ketoprak bisa jadi akan mengingatkan Anda pada opera jaman dulu. Tapi, dalam dunia makanan, ketoprak adalah makanan istimewa dari Jakarta. Ketoprak biasanya dijadikan makanan pilihan untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam.

Bahan pokok yang dimanfaatkan yaitu bihun, ketupat, tahu, dan taoge. Semua bahan itu dijadikan satu dalam satu wadah, selanjutnya disiram dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk.

10. Sate Gule

Sate dan gulai sebenarnya adalah dua masakan yang berbeda. Namun pada umumnya mereka disajikan dalam satu meja. Ada yang bilang “menyantap sate terenak ya bareng gulai”. Sate gulai biasanya dihidangkan dalam acara aqiqah, sunatan dan lain sebagainya. Sate gulai ialah masakan khas jawa.

Sate ialah daging yang diiris kecil-kecil, ditusuk bambu, dicelup bumbu selanjutnya dibakar di atas bara api. Kalau gulai merupakan tulang dan daging yang dimasak dengan kuah berbumbu rempah alami.

Itulah makanan khas Indonesia yang bisa saya kumpulkan. Semoga kita dapat memelihara. Untuk Anda yang belum mencoba salah satu dari masakan di tadi, buruan deh.

Tips Ini Dapat Membantu Fresh Graduate Agar Mudah Diterima Kerja

Melamar pekerjaan ialah fase yang harus dilalui oleh fresh graduate. Terkadang menjadi momok yang menegangkan bagi sebagian orang. Sebab di zaman industri 4.0 ini kesempatan kerja jadi semakin sedikit. Hadirnya teknologi digital dan auto robotik yang mampu menggantikan peran manusia jadi salah satu penyebabnya.

Para fresh graduate juga kudu berkompetisi dengan pemain lama yang sudah memiliki banyak pengalaman sebelumnya. Sebagaimana kita tahu, bahwa umumnya perusahaan lebih mengutamakan SDM lama daripada fresh graduate.

Maka pendatang baru di dunia kerja musti pinter meyakinkan perusahaan agar mau menerima. Lalu gimana tipsnya agar seseorang dapat diterima oleh perusahaan besar?

1. Pertama, pahamilah perusahaan yang akan Anda lamar. Seringkali uangkapan “saya mau kerja apa saja” membuat dirinya nggak mau tau perusahaan apa yang ia kehendaki. Padahal, mengetahui berbagai hal tentang sebuah perusahaan jadi nilai plus bagi mereka untuk memilih Anda.

Mungkin saja pada suatu interview pihak HRD bertanya “apa yang bisa Anda lakukan dan berikan untuk perusahaan ini?” orang yang mengetahui mengenai perusahaan tersebut akan membuat jawaban yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan itu, atau paling tidak sesuatu yang selama ini jadi harapan perusahaan.

Dengan memahami seluk beluk perusahaan Anda juga dapat menyiapkan biodata yang sesuai dengan perusahaan itu.

2. Kedua yaitu surat lamaran kerja yang menarik. Tulislah surat lamaran kerja yang sungguh-sungguh seakan-akan surat itu Cuma ditulis khusus untuk perusahaan tersebut. Tampilkan apa pun yang menjadikan perusahaan bisa menerimamu. Tidak perlu bertele-tele, sedikit saja tapi tepat.

Jangan menyusun surat lamaran kerja yang asal jadi, datanya sangat biasa, dan dipakai untuk melamar banyak perusahaan sekaligus. Karena idealnya memang satu surat lamaran dikirimkan untuk melamar satu perusahaan.

3. Jaga jejak digital Anda di facebook atau website pribadi. Di zaman modern ini pihak perusahaan mungkin akan melihat jejak digital Anda. Sebab jejak digital mencerminkan sikap seseorang. Apa yang Anda share, komen, bagaimana arah politik Anda, bagaimana Anda berargumen, semuanya dapat menjadi kesimpulan diri Anda. Jadi sangat direkomendasikan untuk memanfaatkan internet secara baik.

4. Mengasah kemampuan bahasa Internasional
Sebab keahlian bahasa Inggris ini masih jadi pertimbangan penting semua perusahaan. Anda dapat belajar dengan bermacam-macam cara, misalnya les, mencatat kosa-kosa kata penting atau streaming video youtube.

5. Tampilkan sisi unik Anda yang positif sehingga terlihat istimewa. Karena di proses seleksi tertentu, perusahaan akan bingung menentukan. Setiap kandidat memiliki kapasitas dan kredibilitas yang sama. Maka mungkin Anda dapat dipilih sebab istimewa di sisi tertentu.

Misalnya Anda seorang yang periang dan bersemangat. Maka tampakkan dengan cara merespon pertanyaan dengan penuh energi, dan paras yang berbinar. Tetaplah tersenyum walaupun penginterview bersikap cuek.

6. Tampil tenang dan confident saat interview. Hal tersebut bisa membantu Anda memperoleh nilai yang tinggi di mata HRD. Terlihat tenang dan percaya diri dapat dilatih dengan sering bergaul dengan berbagai macam orang, sering baca buku, memperluas wawasan dan mengikuti trend serta berita-berita terbaru.

Yakini bahwa pewawancara adalah manusia biasa. Dia juga pernah merasakan wawancara pertama di awal masa kerjanya. Sugesti diri Anda, bahwa Anda merupakan kandidat yang lebih pantas dari kandidat lain.

Bila 6 poin tersebut sudah dijalankan, maka kemungkinan besar Anda akan diterima oleh perusahaan. Jangan lupa berdoa kepada Allah semoga diterima. Setiap orang memiliki potensi kesalahan. Sudah dipersiapkan dengan sungguh-sungguh saja terkadang masih banyak kekeliruan. Apalagi bila tiada persiapan.

Pustaka: Bulletsoverbroadway.com

Susunan Kata-Kata Memiliki Kekuatan yang Dahsyat Bagi Kehidupan

Setelah kita mengetahui bahwa susunan kata mengandung kekuatan yang hebat, pastinya kita ingin menggunakan kekuatan ini secara optimal supaya melimpahkan hikmah bagi kita. Ada tiga cara yang sebaiknya kita ingat-ingat dalam menyerap kekuatan kata-kata agar membawa dampak yang bagus bagi kita.

Berkata Baik

Ilustrasi ini bisa merepresentasikan bagaimana perkataan baik yang diutarakan seseorang dapat menjauhkannya dari masalah. Di suatu malam, sang raja bermimpi janggal. Dalam mimpi ini gigi sang raja copot semuanya. Paginya dirinya memanggil ahli mimpi yang bisa mengartikan mimpi tersebut. Orang pintar pertama yang diseru berucap kepada raja, “Paduka Raja, mimpi Paduka bermaknya bahwa semua keluarga dan kolega dekat Paduka akan meninggal dunia.” Mengetahui kabar yang jelek ini, kemarahan sang raja membludak. Sang raja menginstruksikan pada tentaranya untuk memenjarakan ahli mimpi pertama tersebut.

Kemudian Raja menyeru orang kedua untuk mengartikan mimpi janggal sang raja. Ahli mimpi kedua ini menyampaikan pada raja, “Wahai Sang Raja, mimpi Paduka bertanda baik pada Paduka. Mimpi tersebut bermakna bahwa Paduka Raja akan diberikan umur panjang, bahkan lebih panjang dari famili dan sahabat terdekat Paduka.” Mendengar kabar baik yang disampaikan, sang Raja pun merasa puas. Kemudian Raja menginstruksikan pengawalnya untuk memberikan seonggok emas untuk orang pintar kedua itu. Cerita tersebut menggambarkan bahwa prinsipnya kedua orang pandai tersebut menyampaikan hal yang sama namun dirangkai dengan pilihan kata-kata yang berbeda. Dari ilustrasi tersebut kita bisa belajar untuk berhati-hati dalam berkata, yakni untuk memilih kata-kata yang baik dalam berbicara.

Dengar Baik

Seorang anak sering kali mendengar ibunya berkata, “Kamu memang anak goblok, anak dedel, pembengkang, dan tidak tau adab. Kamu pasti tidak akan sukses sebab kamu memang bego’ bandel, dan sering menyusahkan orang tua.” Lama lama, bila kata-kata ini sering diucapkan, maka si anak akan benar-benar mengganggap bahwa dirinya bodoh, bandel, dan sering menyedihkan orang tua. dia pun akan cenderung untuk enggan belajar, dan mengerjakan ulah yang dianggap “dedel” dan “menyakitkan bapak ibunya” seperti yang ucapan yang didengarnya.

Hal ini tidak Cuma berlaku terhadap bocah. Orang dewasa pun bisa terinfeksi pada sesuatu yang mereka sering dengar. Jadi, apa yang harus dikerjakan agar kita memperoleh pengaruh positif? Bila kita susah mempengaruhi masyarakat di sekeliling kita untuk berbicara positif, sehingga yang bisa kita lakukan ialah berteman dengan orang-orang yang sering bercakap positif. Dengan berteman dengan orang-orang begini, maka kita terpengaruh untuk melihat segala hal dari sudut pandang baik’ yang akhirnya akan mempengaruhi sikap dan keputusan yang kita ambil dalam hidup kita ini.

Membaca yang Baik

Bacaan adalah salah satu sumber gizi bagi pengetahuan kita. Jika kita banyak menyerap bacaan yang positif (misalnya: bacaan mengenai pola hidup sehat, biodata orang-orang maju, ataupun strategi atau modivikasi terbaru diberbagai sektor), maka wawasan kita terhadap bahasan yang kita baca bertambah. Pengetahuan ini seringkali penasaran kita untuk mencobanya. Misalnya kita selesai membaca perihal strategi hemat berpromosi, sangat wajar kalau kita segera ingin mempraktikkan sesuatu yang kita baca Atau kita baru rampung membaca strategi baru memenangkan persaingan di masa krisis, tentunya bila kita memang menemui kondisi persaingan di zaman krisis dan dituntut untuk sukses, kita akan menguji metode itu. So, untuk memanfaatkan kekuatan kata-kata, kita perlu juga berhati-hati dalam memilih buku-buku, wacana yang kita baca.

Referensi: Sharingkali.com

Trik Menarik untuk Menghasilkan Uang Dari Tulisan

Sebagian besar orang tidak percaya bahwa kita dapat menghasilkan uang dari karya tulis. Sementara ini, yang ada di benak banyak orang adalah kegiatan menulis sebatas untuk anak yang memiliki bakat atau memang hobi menulis. Itu pun sedikit dari mereka yang bisa kaya sebab musti memastikan bahwa tulisan mereka disusun menjadi sebuah buku serta mendapat predikat best seller.

Tetapi haruskah kita menyusun buku dulu baru kita dapat mendapatkan uang dari karya tulis kita? Faktanya terdapat cara lain untuk menjadikan tulisan-tulisan yang kita buat bisa menghasilkan uang untuk kita. Saya juga mulanya tidak yakin bahwa menulis ternyata dapat membuahkan uang yang lumayan banyak serta menyumbang 20% dari pemasukan keluarga. Saya menamakan orang yang ingin memperoleh uang dari tulisan mereka sebagai seorang writerpreneur. Di bawah ini merupakan 5 tehnik supaya menjadikan tulisan Anda membuahkan fulus.

Menulis di Majalah

Ini adalah salah satu pointers paling sering dilakukan untuk membuat tulisan Anda mendatangkan fulus untuk Anda. Anda dapat membidik rubrik opini atau aspirasi mahasiswa pada setiap media cetak tersebut. Atau bila Anda penulis karya fiktif, Anda bisa mencoba mengirimkan tulisan-tulisan Anda ke majalah-majalah ternama. Sekali release biasanya dapat memperoleh bayaran Rp200.000– Rp1.000.000. Lumayan kan?

Self Publishing

ialah cara yang saya terapkan ketika menerbitkan 3 naskah awal buku saya. Maksud self publishing ialah menerbitkan buku secara mandiri.

Jadi, kita memiliki naskah, kita buat cover, design, dan jilid sendiri, selanjutnya dijual. Ketika itu saya ingat untuk menyusun 1 eksemplar buku (buku 5 kunci siswa hebat) memerlukan spending plan Rp12.000 yang selanjutnya saya jual seharga Rp40.000 dan setiap buku terjual saya mendapat keuntungan Rp28.000. Joss! Tampaknya repot? Nggak juga. Saat ini kamu dapat memanfaatkan jasa self publishing.

Membuat Tulisan Review

Review biasanya bisa berwujud uraian suatu barang atau juga resensi suatu buku. Cocok banget nih buat kamu yang gemar membaca juga ingin menghasilkan duit dari tulisan. Selesai kamu selesai membaca buku baru, cobalah untuk meresensi buku tersebut kemudian mengirimnya ke media cetak. Biasanya, kamu akan mendapatkan ‘bonus offer’ buku tambahan dari penerbit dan juga uang saku tambahan sebagai ucapan terima kasih! Mudah kan?

Menciptakan Blog Keren

Blog site keren umumnya digunakan oleh penulis yang memang rutin untuk sering menulis. Saya contohnya, hampir tidak yakin kalau bermula dari blog lalu direkrut oleh sebuah percetakan besar untuk menulis buku dengan tema studentpreneur (tips-tips berbisnis sekaligus sekolah). Blog katasiana.com ini pun alhamdulillah juga mendatangkan penghasilan. Salah satu tulisan yang banyak dikunjungi orang adalah “Cerita Lucu Humor Bikin Ngakak“.

Meneruskan poin ketiga, kamu dapat membuat blog kamu sebagai wahana ulasan komoditas yang kredibel sehingga masyarakat akan cukup tertolong untuk memilih produk yang sesuai dengan mereka.

Bikin Digital book Berkualitas

E-book juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan pasif yang luar biasa. Caranya seperti ini, ciptakan sebuah internet yang menyediakan banyak manfaat untuk orang dalam memecahkan problem. Tetapi batasi bahwa situs itu sekedar membagikan konsep secara umum. Nah, langkah-langkah praktis dan lengkap untuk merampungkan masalah itulah yang kemudian dijual terpisah di internet kamu dalam versi digital book. Nilai ebook berkelas itu bisa cukup mahal, tergantung dari kualitas dan trik menjualnya. Umumnya nilai ebook yang dijual berkisar Rp70.000-Rp300.000.

Nah, mana kira-kira cara yang akan Anda pilih setelah ini? Membuat bukan Cuma sekedar hobi. Menulis bukan hanya untuk digunakan sendiri. Masanya dunia tahu tulisan kamu, & di saat itu juga Anda bisa menjadi semakin kaya.

Skip to toolbar