• wrote a new post, hobi, on the site AAN YOGA PRATAMA 4 years, 10 months ago

    Thumbnailassalamualaikum wr.wbbaik, disini saya akan menceritakan tentang sedikit hobi saya, ya hobi atau keseharian saya sehari-hari adalah nonton video di youtube. videonya sangat bervariasi muali dari film, trailer film […]

  • assalamualaikum wr.wbDisini saya akan menceritakan tentang brosur yang saya buat, brosur yang saya buat berisi tentang brosur/leaflet tentang konseling islami.Konseling Islam dapat diartikan sebagai usaha […]

  • Thumbnail

    Assalamualaikum, wr.wb

    Baiklah disini saya akan sedikit bercerita mengenai video yang saya upload lewat salah satu situs terpopuler yaitu youtube.com, berikut isi cerita saya :

    video ini menceritakan […]

  • DCM adalah daftar cek yang khusus disusun untuk merangsang atau memancing pengaturan masalah-masalah atau probelm-problem yang pernah atau sedang dialami seseorang, masalah siswa merupakan suatu hal yang penting […]

  • ThumbnailKonseling Islam adalah proses memberikan bantuan dan bimbingan tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan agama Islam dan pengamalannya. Pada dasarnya, yang membimbing (konselor) Islam itu adalah Allah karena […]

  • wrote a new post, contoh dcm aan, on the site AAN YOGA PRATAMA 4 years, 11 months ago

    berikut adalah contoh dari DCM milik saya, untuk mengunduh bisa dilihat di sini

  • Baik teman teman rekan rekan semua, disini saya akan berbagi artikel tentang bagaimana cara menghindari sifat sombong :

    CARA MENGHINDARI SIFAT SOMBONG

    Di era yang serba modern dan canggih saat ini mengubah […]

  • Baiklah sobat sobat semua, disini saya akan berbagi artikel mengenai bagaimana memilih teman yang baik untuk kita 😀

    Berikut tips nya :

    TIPS MEMILIH TEMAN YANG BAIK DAN BENAR

    Berdoa kepada Allah

    Bagi […]

  • Baiklah saya akan sedikit men share bagaimana cara yang efektif dalam belajar, berikut penjelasannya : D

    Tips Cara Belajar yang Baik

    Ciptakan suasana yang kondusif

    Dalam belajar, kamu harus menciptakan […]

  • Baik disini saya akan berbagi artikel tentang cara memeilih jurusan yang tepat, semoga bermanfaat :D, berikut :
    Bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat?
    Memilih jurusan kuliah pada dasarnya merupakan sebuah […]

  • wrote a new post, Tugas PSI, on the site AAN YOGA PRATAMA 4 years, 11 months ago

    j

    Assalamualaikum, wr.wb

    Baiklah disini saya akan sedikit bercerita mengenai video yang saya upload lewat salah satu situs terpopuler yaitu youtube.com, berikut isi cerita saya :

    video ini menceritakan tentang saya sedang melakukan review test pada tablet seri Asus Fonepad 7 Fe 170 CG, disini saya menjelaskan tentang spesifikasi spesifikasi tablet tersebut, serta juga saya menyertakan test pada tablet saya mulai dari proses booting hingga menjalankan aplikasi pada tablet tersebut.

    mungkin cuma itu yang dapat saya posting, semoga bermanfaat

    untuk melihat videonya bisa mengunjungi alamat : https://www.youtube.com/watch?v=JxO-3wSgsZo

    Wassalamualaikum, wr.wb

  • LANDASAN YURIDIS BIMBINGAN DAN KONSELING

     

    secara yuridis keberadaan konselor dalam sistem pendidikan nasional dinyatakan sebagai salah satu kualifikasi pendidik, sejajar dengan kualifikasi guru, dosen, pamong, tutor pamong belajar, widyaiswara, instruktur sebagaimana disebutkan dalam pasal 1 ayat )6) m UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dan bila kita runut ke belakang keberadaan konselor secara yuridis juga tercantum PP Nomor 28 Tahun 1990 pasal 27 ayat (2) dengan sebutan guru pembimbing. Akan tetapi dari pasal-pasal tersebut, pengakuan secara eksplisit dan kesejajaran posisi antara tenaga pendidik satu dengan yang lainnya itu, ternyata tidak dilanjutkan dengan spesifikasi konteks tugas dan ekspektasi kinerja yang cermat, karena yang diatur dalam pasal-pasal berikutnya hanyalah konteks tugas dan ekspektasi kinerja dari mayoritas pendidik yang menggunakan pembelajaran sebagai kontek layanan. Hal tersebut dapat dicermati pada pasal 39 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas yang berbunyi : pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

    Keberadaan konselor juga disebut-sebut kembali pada penjelasan pasal 28 beserta penjelasannya PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan

    Landasan Yuridis Formal
    Kurikulum 1975. Tiga jenis layanan pada jalur pendidikan formal, yaitu :

    a.Layanan Manajemen dan supervise

    b.Layanan pembelajaran

    c.Layanan bimbingan dan penyuluhan

    UU No. 2 tahun 1989, Bab X Pasal 1 Ayat 1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang.
    PP No. 28 dan 29 tahun 1990, Bab X Pasal 25 Ayat 1 dan 2. Bimbingan adalah bantuan kepada peserta didik untuk memahami diri, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
    Keputusan Men PAN No. 84 tahun 1993. Tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, tugas pokok guru pembimbing adalah menyusun program bimbingan, melaksanakan program bimbingan, mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan, analisis hasil pelaksanaan bimbingan dan tindak lanjut pelaksanaan program bimbingan terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya.
    UU No. 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 Ayat 1. Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain sesuai dnegan kekhususannya serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
    PP No. 19 tahun 2005 Pasal 5 s/d 18, Standar Nasional Pendidikan tentang standar isi unit satuan pendidikan dasar dan menengah.
    Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur KTSP ditafsirkan dan/pembimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan.
    Keputusan Dirjen PMPTK 2007 tentang Rambu-rambu penyelenggaraan BK dalam jalur pendidikan formal yang berisi panduan penyelenggaraan BK di jalur pendidikan formal.
    Peraturan pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang Guru, Bab III Pasal 15. Salah satu persyaratan bagi pendidik yang telah menyandang sertifikat pendidik untuk memperoleh tunjangan profesi adalah apabila pendidik yang bersangkutan… melaksanakan tugas sebagai guru bimbingan dan konseling atau konselor.
    Permendiknas No. 27 tahun 2008, Pasal 1 ayat 1. Tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor. Untuk dapat diangkat sebagai konselor seseornag wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor yang berlaku secara nasional.

     

    Hakikat dan Tujuan Layanan BK
    Hakikat atau alasan mendasar layanan Bk di sekolah bukan semata-mata terletak ada atau tidak adanya landasan hukum atau ketentuan dari atas namun yang lebih penting adalah menyangkut “upaya memfasilitasi peserta didik” yang selanjutnya disebut konseli agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tuga perkemabangannya. (aspek fisik, emosi, intelektual, sosial dan moral spiritual).
    Tujuan layanan BK di sekolah : membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan potensinya secara optimal, sehingga mampu mencapai tugas-tugas perkembangan meliputi aspek pribadi-sosial-belajar dan karir kearah peserta didik yang matang dan mandiri (memandirikan peserta didik).

    Mandiri mengandung pengertian :

    Mampu merencanakan kegiatan penyelesaian studi, pengembangan karir, serta merencanakan kehidupan masa depan.
    Mampu mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimiliki seoptimal mungkin.
    Mampu menyesuaikan dengan lingkungan pendidikan, lingkungan kerja serta lingkungan masyarakat.
    Mampu mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam : studi, lingkungan pendidikan, lingkungan kerja serta lingkungan masyarakat.

     

     

     

  • bkAssalamualaikum,wr.wb
    Mengapa saya memilih BK uad?
    Ya saya memilih bk UAD karna menurut saya Bk UAD ini memiliki kualitas akreditasi yang baik. akreditasi A tentunya yang sangat sulit dimiliki oleh prodi prodi lain di Universitas Ahmad Dahlan ini. Berhubung Bk UAD sebagai Juara Prodi terbaik nomor 2 diUAD setelah Farmasi, ya saya memutuskan untuk memilih prodi BK sebagai pilihan saya menuntut ilmu.
    Sebelum nya memang saya sempat mendaftar di Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan. dan hampir saya menetap di prodi tersebut, tetapi setelah saya mengetahui bahwa Prodi PGSD UAD belom mempunyai akreditasi, ya saya memutuskan untuk kembali kepada pilihan yang lain yaitu Podi BK di Universitas Ahmad Dahlan ini.
    Memang awalnya saya sempat ragu dalam menjalani kuliah di UAD, tetapi lama kelamaan setelah berjalannya waktu akhirnya saya nyaman di Universitas ini, karena dengan teman teman yang baik dan ramah dan sopan sopan serta agama yang kuat, membuat saya semakin senang kuliah disini.
    Baik itu mungkin sedikit dari pengalaman saya
    Wassalamualaikum, wr. wb

  • changed their profile picture 4 years, 11 months ago