Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

Sistem Klasifikasi 5 kingdom

Haaiiii semua, hari ini kita akan membahas tentang sistem klasifikasi 5 kingdom. Klasifikasi itu apa sih? Klasifikasi mahluk hidup adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengelompokkan mahluk hidup.  Nah, jadi klasifikasi itu semacam kegiatan kalau kita lagi mengelompokkan berbagai macam jenis mahluk hidupn berdasarkan persamaan ciri masing-masingnya gess……

Sistem klasifikasi 5 kingdom ini pertama kali dikemukakan oleh Robert H. Whittaker pada tahun 1969 lho gaess. Dia mengelompokkan  5 kelompok besar yaitu monera, protista, jamur, tumbuhan, dan hewan. 

Mari kita bahas satu persatu yahh………………

Kingdom Monera. Makhluk hidup yang termasuk ke dalam kelompok monera memiliki ukuran mikroskopis berkisar antara 1-10 μm (mikrometer). Untuk melihatnya dibutuhkan  mikroskop yang memiliki pembesaran lebih dari 1.000 kali. Bisa bayangkan kan begitu kecilnya. Sedangkan ciri-ciri kelompok monera adalah selnya tidak memiliki membran inti (prokariotik), ia hanya bersel satu, dan berkembang biak dengan cara membelah diri. Kingdom monera terdiri dari bakteri dan alga biru.

Kingdom Protista. Kata Protista berasal dari bahasa yunani artinya protos yang berarti pertama. Dinamakan demikian karena menurut para ahli, Protista adalah suatu organisme eukarotik pertama yang terbentuk dari evolusi organisme prokariota. Pada sistem klasifikasi dua kingdom, Protista dikelompokkan sebagai tumbuhan dan juga hewan.Namun tubuh Protista sangat sederhana, ia hanya tersusun atas satu sel (uniseluler), maka kelompok ini dikhususkan kedalam kingdom tersendiri. Meski terdapat Protista yang makroskopis (multiseluler), susunan tubuhnya masih sangat sederhana dibandingkan organisasi seluler pada organisme multiseluler sejati (Hewan dan tumbuhan).

Ciri-ciri kingdom Protista adalah :

  • Umumnya uniseluler
  • Tipe sel : Eukaryotik
  • Habitat : Perairan, lembab atau dalam organisme lain
  • Cara makan : Fotoautotrof, Heterotrof dan saprofit

selanjutnya adaa apa hayooo

Sampai kita pada kingdom fungi (jamur), ia merupakan organisme eukariotik yang bersel tunggal atau banyak dan juga tidak memiliki klorofil. Sel jamur sendiri memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Karena sifat-sifatnya tersebut dalam klasifikasi mahluk hidup. Jamur dipisahkan dalam kingdom nya sendiri karena ia bukan termasuk Protista, monera maupun plantae. Karena jamur tidak berklorofil, jamur juga termasuk kedalam heterotof (Memperoleh makanan dari organisme lainnya.

Kingdom selanjutnya adalah kingdom Plantae. Plantae ini beranggotakan makhluk hidup bersel banyak yang mampu berfotosintesis. Kemampuan fotosintesis ini dikarenakan adanya klorofil di dalam kloroplas. Klorofl inilah yang bisa memanfaatkan energi cahaya matahari untuk membuat makanan. Jadi mahluk hidup kelompok plantae ini kebanyakan adalah tumbuhan.Perbedaan lain antara tumbuhan dengan makhluk hidup bersel banyak lain adalah dalam hal struktur selnya. Sel-sel tumbuhan mempunyai dinding sel yang terbuat dari bahan selulosa (sejenis karbohidrat). Oleh karena itu, tumbuhan biasanya bersifat kaku dan tidak mudah patah.Kingdom Plantae dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu tumbuhan tidak berpembuluh (tidak mempunyai xilem dan floem) dan tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan yang termasuk ke dalam kelompok tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan lumut. Sedangkan, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji termasuk tumbuhan berpembuluh.

Kingdom terakhir yang akan kita bahas adalah kingdom animalia. Kingdom animalia adalah kingdom yang paling banyak dan juga bervariasi. Secara garis besar, animalia dikelompokkan menjadi 2 golongan yaitu vertebrata (Hewan bertulang belakang dan avertebrata (Hewan tidak bertulang belakang). Dan berikut adalah ciri-ciri kingdom animalia :

  • Memiliki jaringan saraf dan jaringan otot, sehingga bisa aktif bergerak (bersifat motil).
  • Siklus hidup didominasi oleh bentuk diploid (2n)
  • Sebagian besar bereproduksi secara seksual
  • Hewan merupakan organisme eukariotik multiseluler
  • Bersifat heterotrofik, berbeda dengan tumbuhan yang bisa memproduksi makanan sendiri lewat fotosintesis (autotroph), hewab tida bisa memproduksi makanan sendiri.
  • Tidak memiliki dinding sek, komponen terbesar sel hewan tersusun atas protein structural kolagen.

Untuk penjelasan lebihnya, bisa liat video di bawah ini ya gaessss…..

okey gaess, apakah sudah paham tentang sistem klasifikasi 5 kingdom? semoga sudah paham yahhh

Sekian dulu yah, semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen semua, sampai jjumpa lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*