Cara Paling Ampuh Untuk Membuat Rumah Bebas Dari Banjir Dengan Modal Yang Minimalis


Memasuki musim penghujan, maka ancaman akan sebuah peristiwa banjir memang akan selalu menghantui, apalagi jika kalian tinggal pada daerah yang kerap menjadi langganan banjir. Pada saat banjir menerjang hal yang paling dikhawatirkan adalah keselamatan dari pemilik rumah dan rusaknya beberapa bagian dari rumah. Jika memang kalian tidak memiliki banyak biaya untuk merenovasi rumah menjadi lebih tinggi, sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mencegah akan terjangan air banjir masuk ke dalam rumah, salah satunya dengan melakukan bebrapa hal di bawah ini :

  • Membangun Sebuah Tanggul

Sebenarnya hal paling utama yang dapat dilakukan untuk mencegah akan terjadinya peristiwa banjir adalah dengan merenovasi rumah dengan menaikkan lantai diatas permukaaa yang biasanya terjadi banjir, namun jika Anda tidak memiliki cukup banyak biaya untuk melakukan hal ini maka Anda bisa membuat tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah sedemikian rupa agar air tidak masuk sewakti banir datang.

Tanggul tersebut bisa berupa papan yang dipaku atau tumpukan karung-karung pasir yang disusun didepan rumah atau sekitar aliran air. Dengan membuat tanggul ini kalian juga dapat menghalau air pada saat banjir datang. Selain itu dengan tanggul yang ada dapat membuat sekeliling rumah jadi tidak becek.

  • Selalu Cek Saluran Pembuangan

Nah, agar air tidak tergenang pada saat hujan datang, sudah selayaknya jika Anda memeriksa saluran pembuangan air di rumah. Periksa dengan seksama apakah di dalam selokan terdapat sampah yang berpotensi menyumbat pergerakan air. Jika anda jumpai banyak sampak yang menyumbat,  usahakan segera bersihkan selagi belum banyak air yang membanjiri. Jika air telah mulai membanjiri maka akan sangat sulit untuk mengankat sampah sampah yang menyumbat dan akan emnimbulkan bau dimana mana.

  • Cobalah Untuk Membuat Biopori

Salah satu penyebab banjir adalah karena air pada permukaan yang tidak meresap ke dalam tanah, maka dari pada itu untuk mempermudah air masuk ke dalam tanah, Anda bisa juga membuat lubang biopori. Biopori ini adalah lubang kecil yang sengaja dibuat di dalam tanah. Fungsinya adalah untuk mengoptimalkan daya serap air kedalam tanah, biasanya biopori yang sengaja dibuat di halaman rumah.

Cara untuk membuat biopori ini sebenarnya sangat mudah dan sederhana sekali. Pertama kalian harus membuat lubang dengan kedalaman sekitar 100 cm, kemudian isi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Supaya kuat pada mulut lubang diberikan semen 2-3 cm dengan tebal 2 cm. Biaya untuk membuat biopori sendiri tidak lah mahal karena kamu hanya perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 200 ribuan saja. Jadi tak perlu maodal yang sangat banyak untuk membuat rumah bebas banjir.

  • Menanam Tanaman Yang Dapat Membantu Penyerap Air

Salah satu cara yang paling terjangkau dan tidak suah adalah dengan menanam berbagia jenis tanaman yang dapat dengan mudah menyerap air. Sehingga dengan menanam tanaman penyerap air juga bisa dijadikan solusi terbaik untuk mengurangi dampak banjir, ada beberapa jenis pohon yang sangat dikenal dapat dengan mudah membantu dalam proses menyerap air dengan baik.

Bebrapa tanaman tersebut adalah pohon bambu, kemudian pohon jati, rumput akar wangi, phon mahoni, jabon, pohon asam jawa, sampai dengan palem putri. Dengan menanam beberapa pohon ini disekitar pemukiman diyakini dapat dengan mudah membantu penyerapan air kedalam tanah. Selain itu pohon pohon tersebut juga dapat membuat sejuk lingkungan.

Sewa Kantor Jakarta Pusat

Kumpulan Tips Aman Saat Ingin Pergi Mudik Dan Meninggalkan Rumah Dengan Posisi Kosong
Ingin Membeli Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua, Simak Tips Berikut!

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

 

Skip to toolbar