Ini Dia Trik Ampuh Untuk Menghemat Dan Merawat Baterai Smartphone Baru Supaya Tahan Lama


Terkadang penggunaan kebutuhan digital tak sesuai dengan kapasitas baterai HP yang dipunyai, sehingga perlu trik tersendiri untuk cara menghemat baterai HP supaya semua bentuk komunikasi tetap berjalan dengan lancar. Apalagi jika kalian sedang melakukan PDKT sama gebetan, tapi malah HP-nya mati. Tentunya hal ini sangat membuat diri kesal.

Teknologi dari masa ke masa memang merasakan perubahan sangat pesat, jika pada zaman dahulu baterai HP berukuran begitu besar sedangkan di zaman saat ini baterai HP semakin tipis dengan kapasitas lebih besar. Kapasitas baterai HP lebih besar dari generasi baterai pendahulunya bukan berarti daya tahannya bisa semakin lama. Mengingat kebutuhan digital semua orang kian bertambah.

Berdasarkan pengalaman, untuk melakukan kegiatan digital dengan HP seharian biasanya menghabiskan sekitar 4000 mAh atau bahkan lebih. Dengan kata lain, kapasitas di bawah itu sangat mungkin habis saat belum hari menjelang sore.

Tentunya tidak hanya baterai HP yang mempengaruhi kelangsungan aktivitas digital dengan ponsel pintar, tetapi cara irit baterai HP juga sangat penting agar memilah kegiatan penting mana saja yang bisa dipertahankan dan aktivitas HP mana yang tak wajib untuk digunakan.

Salah satu sistem operasi HP yang sering dipakai saat ini adalah Android. Segudang aplikasi bawaan pasti memakai energi baterai yang cukup banyak. Berikut ini cara untuk irit baterai HP dengan sistem Android.

  • Mengurangi Tingkat Intensitas Cahaya Pada Layar Smartphone

Selain mengganggu kesehatan mata, intensitas cahaya melalui layar HP yang terlalu terang dapat membuat konsumsi baterai semakin meningkat. Pada beberapa HP biasanya diberikan fitur tertentu agar warna latar belakangnya menjadi gelap. Ternyata walpaper warna gelap juga dapat irit akan konsumsi baterai.

  • Memilah Dalam Memakai Aplikasi

Menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu diperlukan adalah salah satu langkah paling efektif untuk menghemat baterai. Caranya yaitu dengan ke menu pengaturan > aplikasi slot online dan pembaharuan > klik menu lanjutan > baterai > latar belakang.

Bagi user HP jadul dapat memasang aplikasi Greenify untuk menstop aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Memasang aplikasi pihak ketiga yaitu pilihan terakhir jika benar-benar tak ada fitur tersebut dalam HP Android yang sedang dipakai.

  • Periksa Kembali Beberapa Aplikasi Yang Rusak

Aplikasi yang tak berjalan seperti semestinya akan menghabiskan energi baterai secara signifikan. Istilah ini sering disebut dengan crash pada aplikasi, mungkin belum diperbaharui atau juga memang wajib untuk diinstall ulang.

Cek aplikasi yang punya performa aneh pada menu pengaturan > baterai > menu > penggunaan baterai. Aplikasi apa yang paling banyak menguras baterai, apabila dirasa aplikasi tersebut menguras energi baterai yang tidak masuk akal, sebaiknya langsung di uninstall aplikasi tersebut.

  • Menonaktifkan Fitur Google Assistant

Memang aplikasi ini menjadikan berbagai langkah menjadi lebih mudah, akan tetapi menghabiskan energi baterai yang sangat banyak. Sehingga, apabila tidak benar-benar membutuhkannya sebaiknya dimatikan untuk memperpanjang energi baterai.

Mungkin agak susah untuk menemukan menu untuk mematikannya. Biasanya, masuk ke aplikasi Google dan tekan tab lagi. Kemudian pilih pengaturan, lihat ke bawah tajuk Google Assistant, maka ada opsi  pengaturan lagi. Pilih tab asisten, klik  nama ponsel Anda di bagian bawah daftar. Non aktifkan opsi Google Assistant, dan beres.

  • Menonaktifkan Fitur WIFI Otomatis

Bagi user HP Android dengan sistem operasi paling baru misalnya saja dari ‘Oreo’, fitur mencari jaringan WIFI secara otomatis aktif. Cukup matikan dengan masuk ke setting lalu > jaringan dan internet > WIFI. Di bagian bawah WIFI, pilih centang otomatisnya dan hilangkan.

Berikut Ini Beberapa Rekomendasi Aplikasi Untuk Memaksimalkan Kamera Smartphone Android
Bagi Kalian Yang Sering Telat Bangun, Aplikasi Berikut Ini Sangat Cocok Sekali Untuk Kalian Gunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

 

Skip to toolbar