Kenali Lebih Dulu Dari Jenis Asuransi Jiwa Sebelum Menggunakan Jasa Tersebut


Asuransi jiwa adalah sebuah jaminan yang befungsi untuk menanggung segala bentu kerugian seseorang terhadap kerugian finansial tak terduga. Sering kali asuransi jiwa terdengar menakutkan, karena hubungannya selalu tak jauh dari kematian. Padahal selain itu, sebenarnya asuransi jiwa juga berguna bagi sebuah keluarga apabila orang yang menafkahi tidak dapat lagi bekerja karena sisi kesehatan hingga cacat permanen.

Sebagai kepala keluarga, risiko itu sudah sewajibbnya menjadi pertimbangan utama. Asuransi juga termasuk sebagai cara untuk “sedia payung sebelum hujan” yang memang belum terasa saat ini manfaatnya, melainkan di masa depan.

Dalam asuransi jiwa, ada beberapa jenis produk yang dibagi berdasarkan kebutuhan masing-masing calon nasabah. Penasaran apa saja itu, langsung saja lihat ulasannya berikut ini.

  • Jenis Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Tidak seperti asuransi jiwa berperiode yang punya masa berlaku, Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life Insurance memberi perlindungan kepada pemegang polis seumur hidup. Seumur hidup yang dimaksud yaitu pada 99 tahun atau 100 tahun.

Mengapa angka itu dikatakan seumur hidup? Menurut Badan Pusat Statistik, angka harapan hidup penduduk Indonesia biasanya hanya 70 tahun. Asuransi Jiwa Seumur Hidup ini akan mengembalikan total premi yang telah dibayarkan dengan bunga total kisaran 4 persen per tahun.

Jika ditotalkan, jumlah ini tidak banyak apalagi dengan adanya pemotongan pajak. Namun keuntungannya, premi asuransi tidak akan hilang saat tidak ada klaim, sehingga dapat diambil secara keseluruhan apabila masa kontrak berakhir. Untuk mendapat semua kelebihan itu, tentu ada harga yang harus dibayar lebih, yaitu uang premi yang jauh lebih tinggi daripada asuransi jiwa berperiode.

  • Jenis Asuransi Jiwa Unit Link

Selanjutnya, asuransi jiwa unit link yang dapat dibilang merupakan primadona di industrinya sendiri. Menggabungkan investasi dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, jenis asuransi ini sangat sesuai untuk Anda yang berminat dengan investasi sekaligus ingin tetap mendapat proteksi jiwa dan kesehatan.

Investasi dalam asuransi unit link ini digerakkan oleh perusahaan asuransi sehingga pemegang polis hanya bersantai saja dan mendapat laporan setiap bulan tentang nilai investasinya. Akan tetapi, keuntungan atau kerugian investasi tetap ditanggung oleh sang pemilik itu sendiri.

Porsi premi biasanya, 20 persen untuk investasi dan 80 persen sisanya ditujukan bagi jaminan asuransi jiwa nasabah. Sayangnya, hasil investasi baru bisa dinikmati di tahun kelima karena sudah tidak ada premi yang harus dibayarkan lagi. Tingkat kesadaran untuk mempunyai produk ini mungkin masih rendah di Indonesia. Berbeda dengan negara maju seperti di Jepang, dimana hampir setiap penduduknya terutama yang berusia produktif sudah punya yang namanya polis asuransi jiwa.

  • Jenis Asuransi Jiwa Berperiode

Sesuai dengan jenis namanya, jenis asuransi jiwa ini memberikan proteksi kepada pemegang polis dalam kurun waktu tertentu. Sistem pertanggungan yang dipakai memiliki masa berlaku. Lama waktu yang ditetapkan di sini mulai dari 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun, sesuai dengan penawaran yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi.

  • Jenis Asuransi Jiwa Dwiguna

Lalu yang terakhir, ada asuransi jiwa dwiguna. Asuransi jiwa ini memberikan2 keuntungan. Dengan kata lain, ada kolaborasi manfaat antara asuransi berjangka dan tabungan untuk pendidikan anak dan dana pensiun. Tak sedikit orangtua yang berminat akan asuransi demi bisa menyiapkan biaya sekolah anak atau menjamin kelangsungan hidupnya meskipun Anda sudah pensiun nanti. Hal lain yang menguntungkan dan berbeda dengan asuransi jiwa berjangka yaitu pada manfaat hidup yang diperoleh oleh pemegang polis.

Jika Anda sebagai tertanggung masih hidup saat polis wajib untuk dibayarkan, maka uang pertanggungan akan diberikan oleh perusahaan asuransi. Masa berlakunya juga bervariasi, mulai dari 10 tahun hingga  usia tertentu, misalnya pada usia 70 tahun.

Asuransi Perjalanan Allianz

Dapat Bernyanyi Sambil Bekerja Dengan Aplikasi Karauke Pada Laptop Akan Sangat Mengasyikkan
Mencari Tau Mengapa Bisnis Online Saat Ini Sangat Digandrungi Oleh Anak Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

 

Skip to toolbar