Kumpulan Tips Aman Saat Ingin Pergi Mudik Dan Meninggalkan Rumah Dengan Posisi Kosong


Pada saat musim puasa tiba, maka sebagian besar orang akan merencanakan beberapa kegiatan mudik untuk pulang kampung dalam waktu yang lama, dan biasanya meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Ritual mudik ini merupakan hal yang dilakukan oleh semua penduduk di Indonesia. Anak-anak akan pulang ke rumah orang tua dan juga datang ke rumah sanak saudara. Jarak antar kota di Indonesia memang terpaut jauh dan saat itu lah kita sering meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

 

Sayangnya waktu mudik sering dimanfaatkan oleh beberapa orang jahat yang ingin mendapatkan harta dengan instan. Karena itu saat mudik juga sangat rentan dari tindak pidana perampokan dan pencurian. Kondisi ini yang membuat pemilik rumah selalu merasa cemas saat akan mudik dalam waktu yang lama. Namun sebenarnya rumah dapat aman dengan cara yang bervariasi. Seperti yang akan dibahas pada kesempatan kali ini, mengenai beberapa tips meninggalkan rumah saat ingin pergi mudik agar aman.

  • Memberikan info pada satpam area rumah

Anda bisa meminta tolong pada satpam area tempat tinggal anda. Meskipun biasanya satpam sudah tahu dengan kewajiban mereka tapi kebiasaan ini dapat membuat satpam merasa dihargai. Akhirnya mereka akan lebih fokus pada rumah Anda dan memeriksa semua tamu yang akan masuk ke perumahan atau komplek Anda.

  • Memberikan info pada tetangga terdekat

Jika Anda tinggal di perkampungan atau perumahan maka segera berikan info pada tetangga yang dekat dengan rumah Anda. Hanya saja cara ini bisa dilakukan pada tetangga yang memang tidak mudik sehingga mereka mzu untuk membantu Anda. Tinggalkan data berupa nomor ponsel atau telepon yang gampang untuk dihubungi. Dengan cara ini maka jika ada hal-hal yang aneh maka Anda bisa segera diberi tau.

  • Memberikan info pada pihak RT atau RW

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu denan memberitahu petugas RT atau RW di lingkungan rumah Anda. Ini langkah yang sangat penting karena pada umumnya pihak petugas RT akan ikut mengawasi rumah atau lingkungan yang ditinggal pemiliknya. Anda dapat meminta tolong kepada petugas jika sewaktu-waktu rumah terancam oleh orang yang ingin melakukan tindak kriminal.

  • Mencabut semua aliran gas yang ada

Lalu Anda juga harus mencabut semua aliran gas di dalam rumah. Perhatikan semua benda yang menggunakan gas termasuk seperti water heater dan yang utama yaitu kompor gas. Lebih baik mencabut aliran gas akan rumah tidak ingin mengalami kebakaran. Langkah ini sangat penting untuk menjaga agar rumah sendiri aman dan lingkungan juga tetap kondusif. Karena kebakaran saat musim mudik memang hal yang sangat lumrah terjadi.

  • Simpan semua barang berharga di tempat yang sangat aman

Biasanya pencuri akan mencari barang-barang berharga yang dapat  dijual dengan cepat dan tidak meninggalkan banyak tanda mencurigakan. Contohnay saja seperti perhiasan. Karena itu saat akan mudik maka simpan semua benda berharta di tempat yang tidak dapat dicari dengan mudah. Hindari menyimpan di dalam lemari baju atau brankas yang mudah dijebol. Untuk itu Anda bisa menyimpan di kotak penyimpan beras, bawah tempat sampah dan tempat lain yang lainnya yang tidak kepikiran orang. 

  • Mencabut semua aliran listrik yang memang tidak dibutuhkan

Selain harus aman dari pencurian maka rumah juga harus aman dari ancaman lain seperti adanya kebakaran. Karena itu Anda harus mencabut semua alat elektronik yang menggunakan aliran listrik, kecuali jika memang alat tersebut dibutuhkan. Tapi sebaiknya jika akan mudik beberapa hari maka cabut semua alat yang memiliki muatan listrik agar lebih aman.

reff:

harga ready mix

Berikan Cara Tepat Berikut Untuk Jaga Kesehatan Otak Anak Dan Juga Bisa Tingkatkan Kecerdasannya
Cara Paling Ampuh Untuk Membuat Rumah Bebas Dari Banjir Dengan Modal Yang Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

 

Skip to toolbar