Partisi Ruangan Sliding Sebagai Pilihan Terbaik Untuk Menyekat Ruang


Di masa sekarang, hampir semua bangunan hanya dibuat secara permanen di bagian luarnya  saja. Sedangkan bagian dalam atau interiornya ditata secara semi permanen bahkan ada yang menerapkan konsep non permanen 100%. Untuk pemisah interiornya menggunakan partisi ruangan sliding karena dianggap lebih efisien dan praktis.

Penerapan konsep ini tidak hanya berlaku pada bangunan perkantoran dan hotel saja tapi juga di rumah-rumah hunian. Dengan metode seperti ini, pemanfaatan ruang jadi semakin optimal dan fleksibel. Apalagi partisi ruangan buka tutup tidak hanya bisa difungsikan sebagai alat pemisah ruang saja, tapi juga mampu membantu menyeimbangkan visualisasi ruang.

Kelebihan partisi sliding

Dengan adanya partisi penyekat ruang, akan hadir sebuah suasana yang lebih lapang, longgar dan nyaman. Terlebih lagi gaya desain finishing partisi ini memiliki berbagai macam pilihan seperti wallpaper, HPL, kain, kaca dan lainnya. Sehingga ruangan tidak terlihat kaku, namun justru makin indah dan mempesona.

Bukan itu saja, partisi juga dapat dibuat secara khusus menggunakan teknologi sistem redam atau sorepa. Jika lokasi kantor atau perumahan terletak didaerah yang ramai dan selalu bising, partisi model sorepa ini sangat baik dijadikan alternatif untuk meredam dan mengurangi efek kebisingan yang muncul dari lingkungan sekitar.

Selain itu partisi ruangan sliding masih mempunyai beberapa kelebihan lagi. Karena itulah banyak pengelola bangunan dan pemilik rumah hunian yang memilih elemen tersebut sebagai penyekat atau pemisah ruang. Jadi keberadaan suatu partisi dipandang memiliki peranan yang sangat penting dalam mendirikan bangunan.

Manfaat partisi sliding

Penyekat atau partisi ruangan buka tutup mempunyai fungsi yang sama dengan pintu yang ditempelkan di dinding. Bisa dikatakan demikian sebab partisi juga dilengkapi dengan sistem pengamanan atau penguncian yang bisa melindungi penghuni rumah atau orang yang sedang berada di dalam ruangan.

Yang dimaksud dengan perlindungan di sini bukan sekedar melindungi keamanan dari tindak kejahatan saja. Karena selain itu partisi juga dapat membuat pemilik bangunan atau penghuni makin bebas melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat pribadi atau privaci.

Sebagai pemisah ruang interior, partisi ruangan buka tutup juga bisa berperan sebagai alat untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang baik. Jika membutuhkan pasokan udara segar, pintu partisi dapat dibuka lebar-lebar. Sehingga suasana ruangan akan terasa lebih sejuk dan tidak pengap lagi.

Apabila ingin menghadirkan sistem pencahayaan alami, juga bisa menggunakan partisi ruang. Terutama sekali partisi yang dibuat dari material kaca dan dilengkapi kain korden. Pada pagi dan sore hari, kain korden dibuka agar sinar matahari dapat masuk dalam ruang. Kemudian di siang dan malam hari, korden dapat ditutup seperti layaknya daun jendela.

Fungsi dan kelebihan berikutnya dari partisi ruangan buka tutup merupakan sebagai media penghubung ruangan melalui pintu yang terpasang di partisi tersebut. Jadi antara ruang yang satu dengan ruang lainnya tetap menjadi sebuah kesatuan meskipun sudah dipisah dengan penyekat partisi.

Khusus untuk pintunya, bisa pula dijadikan pertanda apakah ada orang lain yang boleh masuk atau sebaliknya dilarang datang ke dalam ruang tersebut. Misalnya ketika pintu tertutup maka orang lain tidak diperkenankan masuk. Mungkin saja ruang tersebut sedang digunakan untuk mengadakan acara rapat atau kegiatan lain yang sifatnya privaci.

Secara umum dan garis besar, sebetulnya partisi ruangan sliding mempunyai konsep, sistem kerja dan fungsi yang sama persis dengan dinding beserta pintunya. Tapi apabila dinding dan pintu kovensional sifatnya permanen, sebaliknya partisi sliding bersifat non permanen karena bisa dipindah dan ditata ulang lagi dengan mudah sesuai kebutuhan dan keinginan.

Tas dengan Desain Terbaik yang Pernah Ada?
Mengapa Burung Lovebird Masih Stabil Harganya?

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

 

Skip to toolbar