namaku niam, umur 20th masih kuliah dan tentunya masih jombo hehe, oke sobat kali ini niam akan ngajakin sobat sobatsemua nih buat mainnya itu ke alam biar ngga cuma di mal, di cafe dan di tempat-tempat lainnya. buat sebagian orang mungkin mereka memiliki anggapan, buat apa ngabisin waktu panas-panasan, hujan-hujanan, kedinginan enakan juga tidu tidur dirumah. ya memang bebar pendapat mereka, so kita berada di negara demokrasi kan jadi bebas berpendapat. gini nih sobat, naik gunung itu bukan sesuatu yang menakutkan apalagi mengerikan. asalkan kita melakukannya sesuai saftynya nih, ya kalau kata orang jawa ” alon-alon asal klakon”, untuk naik gunung sendiri di indonesia pertama kali pada tahun 1623 yaitu disaat yan cartenz seorang eropa yang melihat pegunungan yang sangat tingi yang tertutup salju di pedalaman irian, kemudian pada tahun 1899 belanda membuat ekspedisi pemuatan peta di irian dan menemukan kebenaran apa yang telah di laporkan oleh yan cartenz. sejak saat itulah puncaknya dinamakan puncak cartenz. kemudian pada tahun 1964 pendaki jepang dan 3 orang abri berhasil mencapai puncak cartenz sejak maa ini mulai muncul perkumpulan penaki gunung yaitu mapala UI dan wanadri, sekilas tentang sejarah pendakian di indinesia. nah buat sobat yang pengen naik gunung nih ada tips n triknya nih dari saya siamateur,
untuk pemula yang pertama kali atau perdana di saranin buar ngga naik yang langsung di atas 2500 mdpl, alasannya yang pertama kita masih belum memiliki pengalaman, yang kedua kita belum tahu sma sekali keadaan digunung meskipun kita mengetahui dari cerita atau membaca buku, yang ketiga terlalu beresiko hipotermia, maka buat sobat yang masih peedana di sarankan untuk yang rendah dulu, hitung-hitung buat pemanasan sama beradaptasi dengan gunung hehehe kan selogannya, tak kenal maka tak sayang. nah buat sekanjutnya yaitu perlengkapan yang safty, pasti kalian bertanta-tanya apa aja sih perlengkapan yang dibilang safty itu? padahal seadanya aja bisa kok sampai puncak. yah memang setiap dari kita pasti berfikiran seperti itu, namun alangkah baiknya kita mengantisipasi pristiwa yang tidak kita duga. nah buat perlengkapan safty itu, diantaranya:
1. penghangat badan (sb,jaket,dll)
2. sepatu (minimal sepatu yang nyaman dan bisa melindungi kaki)
3. sarung tangan ( sangat penting, karena kebanyakan seseorang kedinginan dikarenakan tidak memakai sarung tangan)
4. dom ( tenda, usahakan menggunakan dom yang layak dan bisa melindungi kita)
6. matras (bisa berupa karpet atau apa saja yang sekiranya bisa dijadikan alas)
7. carril ( usahakan menggunakan carril yang nyaman sehingga beban tidak terlalu berat)
8. logistik ( beras, lauk, sayur dll bawa secukup mungkin agar tidak kehabisa bekal)
sekiranya cukup lah perlengkapan di atas untuk melindungi kita namun ada lagi nih yang plaing penting yang perlu di siapkan, kesehatan, mental, dan tak lupa semangat dan tekat yang kuat. nah gimna sobat-sobatku mulai tertarik kah untuk mendaki? nah, sekiranya ini dulu yang bisa saya bagi pada sobat-sobat semua nah kalau sudah mulai tertarik ada prinsik nih yang perlu di pegang teguh seorang pendaki bijak ” jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuaali gambar, dan jangan menghabiskan apapun kecuali waktumu” skian dri saya , niam pamit ya guys ngenggggggg…. salam lestari